Penyebab Haid Dua Kali Dalam Sebulan dan Solusi Pengobatannya

Untuk mengetahui cara mengatasinya, ketahui dulu penyebabnya

21 April 2019

Penyebab Haid Dua Kali Dalam Sebulan Solusi Pengobatannya
Unsplash/Yuris Alhumaydy

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat seseorang jadi mengalami haid dua kali dalam satu bulan. Ini sering disebut sebagai siklus haid pendek.

Masing-masing kondisi memiliki solusi yang berbeda-beda.

Cara menangani haid dua kali sebulan ini harus disesuaikan oleh penyebabnya.

Berikut ini perawatan untuk beberapa kondisi yang mungkin terjadi dan menjadi penyebab perdarahan lainnya di luar menstruasi yang sebenarnya.

1. Hypothyroidism

1. Hypothyroidism
Unsplash/Dmitry Schemelev

Jika kamu memiliki hypothyroidism, itu berarti kamu memiliki kelenjar tiroid yang kurang aktif.

Tubuh kamu tidak bisa menghasilkan cukup hormon tiroid. Dokter akan meresepkan terapi sulih hormon tiroid yang dapat kamu ambil melalui mulut.

Ikuti panduan dokter untuk mengatasi masalah kesehatan ini.

2. Hipertiroidisme

2. Hipertiroidisme
Unsplash/Wang Xi

Jika kamu mengalami hipertiroidisme, itu berarti kamu memiliki kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Beberapa perawatan tersedia untuk gangguan kesehatan seperti ini. Dokter akan menyarankan yang mereka anggap terbaik untuk kamu.

3. Mati haid

3. Mati haid
Unsplash/Christopher Harris

Mati haid adalah batas akhir masa reproduksi seorang perempuan yang ditandai dengan berhentinya menstruasi. Mati haid lebih dikenal dengan istilah menopause.

Jika kamu mulai memasuki masa menopause, dokter mungkin akan meresepkan terapi hormon dan terapi penggantian estrogen.

Perawatan ini dapat membantu mengatur menstruasi kamu sampai perlahan menghilang saat menopause berlangsung.

Pasalnya, bagi sebagian perempuan pra menopause mengalami pendarahan atau haid yang tidak teratur. Kadang bisa berselang beberapa bulan, atau malah bisa mengalami haid dua kali dalam satu bulan.

Editors' Picks

3. Fibroid dan kista

3. Fibroid kista
Freepik

Dokter bisa merekomendasikan beberapa pilihan perawatan yang berbeda jika kamu memiliki fibroid uterus atau kista.

Ini dapat termasuk:

  • Perangkat Intrauterine (IUD). IUD adalah bentuk pengendalian kelahiran dan dapat membantu meringankan periode berat. Namun, itu tidak akan mengecilkan fibroid.
  • Operasi ultrasound yang dipandu oleh MRI. Prosedur ini dilakukan saat kamu berada di dalam pemindai MRI. Ini dianggap tidak invasif, dan dokter dapat menggunakannya untuk menghilangkan fibroid atau kista. Prosedur ini hanya dilakukan di klinik khusus.
  • Embolisasi arteri uterus. Ini adalah prosedur minimal invasif yang menghalangi suplai darah ke uterus. Itu menyebabkan fibroid meluruh dan menyusut.
  • Miomektomi. Ada berbagai jenis miomektomi, yang merupakan prosedur pembedahan untuk menghilangkan fibroid. Pada miomektomi histeroskopi, fibroid diangkat melalui serviks. Tidak diperlukan sayatan. Dalam miomektomi laparoskopi, sayatan kecil dibuat di perut kamu untuk menghilangkan fibroid. Miomektomi perut adalah prosedur bedah perut terbuka.
  • Histerektomi. Histerektomi adalah prosedur pembedahan untuk mengangkat rahim.
  • Gonadotropin-releasing hormone agonists. Ini adalah obat yang dapat membantu mengobati fibroid. Mereka memblokir estrogen dan progesteron dan menempatkan kamu ke dalam keadaan pascamenopause sementara. Ini menghentikan fibroid tumbuh dan dapat membuat mereka menyusut. Dokter mungkin menggunakan perawatan ini untuk membantu mempersiapkan kamu untuk operasi.

5. Menerapkan gaya hidup sehat

5. Menerapkan gaya hidup sehat
Freepik/freepic.diller

Perubahan gaya hidup dapat sangat memengaruhi tingkat stres kamu, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi siklus haid kamu.

Untuk membantu menghilangkan stres, cobalah sering berolahraga, berlatih meditasi, atau bahkan terlibat dalam terapi bicara.

Saat kamu merasa stres karena terlalu banyak melakukan sesuatu, mintalah bantuan. Mencari waktu untuk bersantai itu penting untuk kesehatan kamu, jadi santai saja jika memang tubuh kamu sedang membutuhkan waktu tambahan untuk beristirahat.

6. Hilangnya berat badan atau bertambah berat badan secara ekstrem

6. Hilang berat badan atau bertambah berat badan secara ekstrem
mirror.co.uk

Bicaralah dengan dokter kamu tentang alasan mengapa kamu mengalami perubahan berat yang drastis. Mereka akan bekerja dengan mempelajari kronologi yang kamu sampaikan.

Ini merupakan salah satu cara untuk membantu kamu mengelola berat badan kamu.

Siklus haid memang dapat dipengaruhi dengan perubahan pada berat badan secara drastis.

7. Reaksi Pil KB

7. Reaksi Pil KB
meetdoctor.com

Beberapa jenis pil KB memang membawa pengaruh kepada sirkulasi haid. Ini juga membutuhkan beberapa bulan bagi tubuh kamu untuk menyesuaikan dengan metode kontrasepsi jenis pil KB yang baru.

Itulah 7 penyebab siklus haid 2 kali dalam sebulan dengan masing-masing cara mengatasinya. Setelah ketahui penyebabnya, segera lakukan tindakan untuk menemukan solusinya.

Bacajuga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!