10 Tips agar Cepat Hamil yang Optimal

Coba lakukan tips ini yuk agar bisa cepat hamil!

8 Desember 2018

10 Tips agar Cepat Hamil Optimal
Freepik/Jcomp

Untuk bisa hamil, tentu itu tidak selalu menjadi hal mudah. Mungkin ada orang yang merasa itu mudah, begitu menikah lalu tidur bersama suami dan langsung bisa hamil. Tapi ada juga yang sudah berusaha dan tetap masih belum bisa hamil.

Berikut ini Popmama.com merangkum 10 tips agar cepat hamil. Kamu bisa mengoptimalkan beberapa cara ini.

Baik kamu secara resmi sedang program kehamilan atau hanya merencanakan ke depannya, hal-hal penting ini akan membantu memaksimalkan peluang kamu untuk hamil dan melahirkan bayi yang sehat.

1. Berhenti menggunakan alat kontrasepsi

1. Berhenti menggunakan alat kontrasepsi
netdoctor.net

Sudah pasti kalau mau hamil kamu harus berhenti menggunakan alat kontrasepsi. Biarkan semua berjalan apa adanya.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, jika kamu mengonsumsi pil KB, lanjutkan ke akhir siklus kamu saat ini sebelum menghentikan pil tersebut. Lalu mulai coba bulan berikutnya. Beberapa dokter menyarankan untuk menunggu satu bulan atau lebih kemudian periksa kembali ke dokter kandungan kamu.

Dijelaskan pada laman Parenting, produsen Norplant mengatakan bahwa stik kontrasepsi luntur tiga hari setelah mereka dihapus, sementara produsen dari Depo-Provera mengklaim dibutuhkan 12 minggu untuk progestin (hormon kontrasepsi) sampai benar-benar tidak ada di tubuh kamu.

Jika kamu menggunakan kondom, penutup serviks, atau diafragma, yang perlu kamu lakukan hanyalah menyingkirkannya agar bisa cepat hamil.

Baca juga: Kenali Pengaruh Alat Kontrasepsi Terhadap Kehamilan Berikutnya

2. Konsultasi ke dokter

2. Konsultasi ke dokter
Freepik/jannoon028

Tekanan darah, berat badan, kondisi kronis seperti diabetes, dan banyak faktor lainnya dapat memengaruhi kemampuan kamu untuk hamil dan melahirkan bayi yang sehat, menurut Buku Lengkap Kehamilan Mayo Clinic dan Tahun Pertama Bayi (William Morrow & Co., 1994).

Jika kamu memiliki masalah kesehatan apa pun, tangani dengan konsultasi ke dokter kamu sekarang.

Agar lebih mudah, kamu juga bisa mengetahui waktu masa subur dengan menggunakan Tools Popmama: Ovulation Calculator.

3. Makan yang benar

3. Makan benar
Unsplash/rawpixel

Makan yang sehat di waktu yang benar. Makan sehat berarti diet seimbang lengkap dengan protein, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, dan minimum permen dan lemak.

Jangan tunda waktu makan karena takut gemuk. Tetap makan tapi dengan porsi sesuai yang diperlukan saja.

Jangan lewatkan waktu sarapan. Ini sangat penting untuk kesehatan kamu.

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Sarapan Itu Penting?

4. Konsumsi asam folat

4. Konsumsi asam folat
Polky.pl

Asam folat adalah bentuk sintetis dari folat, vitamin B yang dapat membantu mengurangi risiko cacat lahir serius yang mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang.

Cacat ini dapat terjadi pada janin bahkan sebelum ibu tahu dia hamil. Untuk alasan ini, FDA merekomendasikan bahwa semua perempuan usia subur perlu konsumsi suplemen asam folat.

5. Berhenti merokok, minum, dan obat-obatan.

5. Berhenti merokok, minum, obat-obatan.
Unsplash/Easton Oliver

Banyak yang telah ditulis tentang efek nikotin, obat-obatan, dan alkohol pada janin yang belum lahir. Apa yang kurang diketahui adalah bahwa zat ini dapat memengaruhi kesuburan pria, juga  menyebabkan kerusakan kromosom, penurunan motilitas (tingkat kemampuan berenang sperma), dan disfungsi ereksi, kata Leslie Schover dan Anthony Thomas dalam Mengatasi Infertilitas Pria (John Wiley & Sons , 2000).

Editors' Picks

6. Kenali siklus haid dengan benar  

6. Kenali siklus haid benar  
Freepik/makyzz

Waktu masa subur paling baik adalah hari keempat belas setelah menstruasi. Namun kenyataannya, ovulasi terjadi pada hari keempat belas sebelum menstruasi kamu dimulai, jika kamu tidak hamil, kata Toni Weschler dalam Mengisi Kesuburan Kamu (Harper Perennial Library, 1995).

Jika siklus haid kamu adalah 28 hari, itu membuat hari ke-14 (dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir kamu) merupakan hari yang paling subur untuk kamu.

Tetapi jika kamu memiliki siklus 30 hari, hari ke-16 adalah hari paling subur, dan 32 hari harus dilakukan pada hari ke-18.

7. Pelajari suhu basal tubuh

7. Pelajari suhu basal tubuh
benesseregreen.com

Menurut penulis Pengambilan Fertilitas Toni Weschler, termometer basal dapat membantu kamu menentukan kapan kamu paling subur.

Pelajari kapan waktu suhu basal tubuh pada diri kamu. Ini penting diperhatikan agar kamu bisa cepat hamil.

8. Perhatikan bercak darah atau lendir yang keluar dari vagina

8. Perhatikan bercak darah atau lendir keluar dari vagina
Unsplash/alexagorn

Ketika ovulasi terjadi, tubuh kamu menghasilkan substansi licin dan tipis yang disebut lendir serviks untuk membantu memfasilitasi perjalanan sperma.

Jika kamu memeriksa diri sendiri setiap hari, kata Weschler, kamu akan melihat keputihan yang transparan dan lentur di antara jari-jari kamu atau menempel pada pakaian dalam, bentuknya seperti putih telur dan berwarna sedikit kemerahan.

9. Pria sebaiknya mengenakan celana longgar

9. Pria sebaik mengenakan celana longgar
unsplash.com/priscilladupreez
Pria sebaiknya tidak mengenakan celana terlalu ketat.

Katakan pada suami kamu untuk memakai celana longgar dan jangan lupa untuk memakai celana dalam.

Menurut Schover dan Thomas, jumlah sperma menurun, kadang-kadang secara drastis, ketika testis terbatas atau terlalu panas. Beritahu pasangan kamu untuk menghindari bak air panas, sauna, dan lari terlalu sering dengan pakaian yang bukan untuk olahraga.

10. Lakukan seks dengan cara "kuno"

10. Lakukan seks cara "kuno"
medium.com

Posisi seks kuno yang seperti apa yang paling baik? Misionaris adalah yang terbaik. Apa pun yang membantu gravitasi mengarahkan sperma pasangan kamu ke rahim kamu bisa menjadi posisi seks terbaik.

Pria di atas, doggy style, posisi bersebelahan itu adalah pilihannya, kata Christopher D. Williams, MD, penulis The Fastest Way to Get Pregnant Naturally (Hyperion, 2001).

Baca juga: Cobalah 5 Posisi Seks Menyenangkan Ini agar Cepat Hamil

Hindari perempuan berada di atas, posisi berdiri, atau posisi miring, yang mencegah aliran air mani melaju ke rahim.

Lakukan tips agar cepat hamil di atas agar apa yang kamu harapkan bisa segera terlaksana. Manakah tips yang belum kamu lakukan? Katakan pada pasangan kamu untuk segera sama-sama melakukannya.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!