Agar Tetap Sehat, Ini 5 Pilihan Pasta Gigi yang Aman Untuk Ibu Hamil

Jangan abaikan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut selama hamil

11 November 2019

Agar Tetap Sehat, Ini 5 Pilihan Pasta Gigi Aman Ibu Hamil
Freepik/tatianakim

Saat hamil, Mama memang harus selalu menjaga kesehatan kandungan dan juga memerhatikan tumbuh kembang si Kecil. Beberapa cara pun bisa dilakukan, misalnya dengan menjaga pola makan, cukup istirahat dan olahraga teratur.

Namun selain itu, Mama juga perlu selalu menjaga kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut. Disebabkan oleh faktor hormonal, bagian tubuh yang satu ini juga menjadi lebih rentan terluka saat Mama hamil.

Pun demikian jika Mama sebelumnya sudah memiliki masalah dengan gigi, misalnya ada gigi berlubang. Segera cek ke dokter sebelum menimbulkan masalah lainnya, seperti infeksi. Jika terlanjur demikian, efeknya bisa juga sampai mengganggu tumbuh kembang janin, lho.

Nah, hal lain yang tak boleh terlupakan adalah dengan tepat memilih pasta gigi. Hindari pasta gigi yang memiliki kandungan bahan kimia tertentu, seperti fluoride, triclosan dan alkohol, karena bisa berisiko membuat mulut terasa lebih kering. Paparan fluoride berlebihan saat hamil juga dapat memicu alergi dan gangguan perkembangan otak pada janin.

Oleh sebab itu, penting bagi Mama untuk selalu melihat dan membaca kandungan dalam kemasan pasta gigi sebelum membeli. Termasuk juga jika Mama memiliki masalah lain seperti gigi sensitif, lebih baik pilih pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif juga, ya.

Tak cuma pasta gigi, perhatikan juga saat Mama hendak memilih sikat gigi. Supaya terhindari dari luka atau infeksi, pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu sikat extra soft dan memiliki bagian ujung yang mengecil.

Lakukan proses menyikat gigi secara teratur dua kali sehari, terutama pada malam hari sebelum tidur. Ini membantu menghilangkan bakteri pemicu plak pada gigi, yang dapat mengikis dan membuat gigi jadi mudah berlubang, Ma.

Supaya lebih aman, lakukan konsultasi juga dengan dokter gigi guna menemukan jenis sikat gigi dan pasta gigi yang benar-benar cocok untuk Mama selama hamil. Dirangkum Popmama.com, berikut beberapa pilihan pasta gigi yang bisa juga Mama coba:

1. Mama’s Choice

1. Mama’s Choice
mamaschoice.id

Salah satu pilihan pasta gigi yang bisa Mama coba yakni Mama’s Choice. Pasta gigi ini aman karena tanpa fluoride, tanpa SLS, dan tanpa triclosan.

Pasta gigi ini juga disebutkan mengandung bahan-bahan yang alami di antaranya seperti siwak, klorofil, allantoin, mint, serta kalsium. Siwak bermanfaat sebagai fluoride alami untuk membersihkan mulut lebih dalam, sementara klorofil membantu mencegah bau mulut dan mencegah terbentuknya plak gigi.

Allantoin memiliki manfaat untuk mencegah dan mengobati iritasi pada gusi dan sariawan, sementara mint membantu membuat napas lebih segar.

Kandungan kalsium dalam pasta gigi Mama’s Choice disebutkan juga mampu bertindak sebagai pembersih plak gigi secara alami.

Pasta gigi ini bisa Mama beli di toko online Mama’s Choice dengan harga Rp 49.000 per kemasan.

Editors' Picks

2. TNTN Mom’s

2. TNTN Mom’s
indonesian.alibaba.com

Pasta gigi TNTN Mom’s berasal dari Korea, Ma. Pasta gigi ini juga khusus untuk ibu hamil, dengan kemasan bergambar siluet ibu hamil, Ma.

Dalam kemasannya, dituliskan bahwa pasta gigi TNTN Mom’s ini tidak memiliki paraben, SLS, microplastic, triclosan, fluoride dan sakarin.

Pasta gigi TNTN Mom’s memiliki rasa anggur yang manis, sehingga tidak akan membuat Mama merasa mual. Warnanya juga unik karena bening, tidak putih susu seperti pasta gigi pada umumnya.

Pasta gigi TNTN Mom’s bisa dibeli di official store TNTN Mom’sIndonesia di Shopee, dengan harga Rp 160.000, lengkap dengan satu buah sikat giginya.

3. Pepsodent Sensitive Expert Original

3. Pepsodent Sensitive Expert Original
Shopee

Nah, khusus bagi Mama yang memiliki gigi sensitif alias mudah nyeri saat makan makanan panas atau dingin, Mama bisa memilih pasta gigi Pepsodent Sensitive Expert Original.

Pasta gigi ini dirancang khusus untuk merawat gigi sensitif, bahkan dapat mencegah rasa ngilu datang kembali. Selain itu, pasta gigi ini juga dapat merawat kesehatan gusi dan mulut secara keseluruhan.

Selain varian original, pasta gigi Pepsodent Sensitive Expert juga tersedia dalam pilihan lain seperti varian whitening, gum care, fresh dan enamel care.

Di Shopee, pasta gigi Pepsodent Sensitive Expert bisa dibeli dengan rentang harga antara Rp 20.000 hingga Rp 30.000.

4. Pureen Maternity Toothpaste

4. Pureen Maternity Toothpaste
pureen.com.my

Pilihan pasta gigi lainnya yang aman untuk ibu hamil adalah Pureen Maternity Toothpaste. Pasta gigi ini diformulasikan khusus untuk ibu hamil dan menyusui, Ma.

Seperti disebutkan sebelumnya, beberapa penelitian menyebut akumulasi fluoride berlebihan saat hamil dapat mengganggu kesehatan otak janin, menyebabkan kerusakan sel dan neurotransmitter.

Selain fluoride, kandungan SLS juga perlu diperhatikan karena dapat membuat mulut ibu hamil menjadi mudah kering. SLS adalah bahan pembuat busa yang umumnya ditemukan dalam pasta gigi biasa. Pada ibu hamil, paparan SLS berlebih dapat menyebabkan sariawan.

Di Shopee, pasta gigi Pureen Maternity Toothpaste dijual dengan harga sekitar Rp 49.000.

5. Dentova Plus

5. Dentova Plus
Shopee

Pasta gigi lain yang bisa menjadi pilihan Mama dengan gigi sensitif dan mudah sariawan adalah Dentova Plus. Pasta gigi ini mengandung zat aktif allantoin yang membantu merangsang pertumbuhan jaringan baru, sehingga dapat mempercepat penyembuhan sariawan dan luka lainnya dalam mulut.

Selain itu, pasta gigi Dentova Plus juga diklaim mengandung vitamin C yang dapat membantu mencegah sariawan. Manfaat lainnya, pasta gigi ini bebas alkohol, phthalate, dan triklosan.

Mama bisa membeli pasta gigi Dentova Plus di Shopee dengan harga berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 35.000.

Demikian beberapa pilihan pasta gigi yang bisa Mama gunakan selama hamil. Jangan lupa gunakan juga sikat gigi berbulu lembut untuk mencegah terjadinya luka pada gusi ya, Ma.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.