Cara Menambah Nafsu Makan Saat Mual di Trimester Kedua

Meski mual, pemenuhan kebutuhan nutrisi tetap harus dipenuhi

1 Januari 2019

Cara Menambah Nafsu Makan Saat Mual Trimester Kedua
Pexels/Daria Shevtsova

Saat hamil, rasa mual dan ingin muntah seringkali membuat nafsu makan Mama menurun drastis. Rasanya tidak mau makan sama sekali, termasuk ngemil.

Jika tidak segera diatasi, kondisi ini lama-kelamaan juga bisa memengaruhi tumbuh kembang janin.

Alasannya, tubuh Mama memerlukan asupan nutrisi dan gizi yang cukup untuk menunjang tumbuh kembang janin. Oleh sebab itu, kebutuhan makan pun tetap harus dipenuhi, Ma.

Bagaimana caranya supaya nafsu makan tetap terkontrol dan terkendali selama hamil? Berikut trik yang bisa Mama lakukan:

1. Pilih makanan yang bersuhu hangat

1. Pilih makanan bersuhu hangat
Pixabay/YashilG

Untuk membantu membuat perut terasa lebih nyaman, upayakan untuk mengonsumsi makanan yang bersuhu hangat atau berkuah.

Misalnya seperti soto, sup atau sayur berkuah. Mengonsumsi makanan yang hangat bisa membantu mencegah terjadinya rasa mual.

Selain itu, makan makanan yang hangat juga akan membantu menghangatkan tubuh Mama. Sehingga mual dan rasa ingin muntah pun bisa mereda.

Jadi, saat hendak makan, sebisa mungkin sempatkan dulu untuk menghangatkan makanan Mama, ya. Hindari makan makanan dingin karena justru bisa membuat nafsu makan Mama turun.

2. Atur porsinya

2. Atur porsinya
Pexels/Stokpic

Tak perlu langsung makan banyak sampai perut terasa penuh, Ma. Ini justru bisa membuat Mama jadi mual dan ingin muntah.

Saat makan, ambil dulu sedikit porsi saja. Setelah habis dan dirasa masih lapar, Mama bisa menambah sedikit porsi lagi tanpa berlebihan.

Sebaiknya atur jadwal makan Mama menjadi 5-6 kali porsi ringan, serta siapkan camilan misalnya 3 kali sehari. Ini membantu membuat perut Mama tetap terisi secukupnya, tanpa berlebihan.

Selain membuat mual, makan berlebihan juga bisa memicu terjadinya kembung, heartburn, serta sulit bergerak.

Kebiasaan makan terlalu banyak saat hamil juga bisa memicu kenaikan berat badan yang tidak terkendali, Ma.

3. Cukupi kebutuhan tidur

3. Cukupi kebutuhan tidur
Pexels/Acharaporn Kamornboonyarush

Pola istirahat juga memiliki kaitan dengan nafsu makan, lho. Jika Mama ingin punya nafsu makan yang tetap baik, sebisa mungkin upayakan juga untuk cukup tidur setiap malam.

Waktu ideal yang dibutuhkan untuk ibu hamil tidur setiap malam adalah sekitar 7-8 jam. Jika bisa, Mama juga sebaiknya sempatkan untuk tidur siang maksimal 30 menit.

Tidur cukup membantu menjaga metabolisme tubuh tetap terjaga dan seimbang. Kerja organ-organ tubuh pun akan tetap baik, termasuk organ pencernaan.

Makanan yang sudah Mama konsumsi bisa dicerna dengan sempurna, sehingga nafsu makan Mama pun tetap terkendali.

Editors' Picks

4. Jangan lupa minum air putih

4. Jangan lupa minum air putih
Freepik/Katemangostar

Tubuh melakukan banyak proses adaptasi dan perubahan dalam menunjang tumbuh kembang janin. Dalam hal ini, tubuh pun memerlukan lebih banyak cairan.

Kondisi tubuh yang kekurangan cairan alias dehidrasi dapat memicu terjadinya masalah, yang kemudian berefek pada penurunan nafsu makan dan rasa mual.

Agar tidak menimbulkan masalah lain seperti peningkatan kadar gula darah, sebaiknya pilih air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh ya, Ma.

Jika dirasa minum air putih turut membuat Mama mual, pilih air putih bersuhu hangat. Dengan begitu, perut Mama juga akan terasa nyaman dan bisa menerima makanan dengan lebih baik.

5. Pilih menu makanan yang bervariasi

5. Pilih menu makanan bervariasi
Pixabay/RitaE

Nafsu makan terasa menurun drastis? Jika ya, pilih menu makanan yang bernutrisi tinggi supaya tubuh Mama tetap bertenaga dan janin tidak kekurangan nutrisi.

Untuk sumber karbohidrat, pilih yang kompleks seperti gandum dan oatmeal. Mama bisa menambahkan potongan buah segar.

Sementara itu, menu protein bisa Mama konsumsi daging sapi atau ikan. Susu dan produk olahannya juga bisa Mama konsumsi.

Lebih baik konsumsi makanan alami, ya. Hindari makanan olahan atau junk food, karena kandungan nutrisinya seringkali sudah berkurang.

Sayur dan buah-buahan juga bisa menjadi prioritas Mama karena mengandung banyak serat agar Mama cepat kenyang.

6. Ciptakan menu-menu baru

6. Ciptakan menu-menu baru
Pexels/Pixabay

Salah satu pemicu penurunan nafsu makan adalah menu makanan yang itu-itu saja alias tidak bervariasi. Nah, agar tidak bosan, Mama bisa memasak variasi makanan baru yang unik.

Tak lupa tetap prioritaskan kandungan nutrisinya yang Mama butuhkan, ya.

Misalnya Mama sangat suka makan tempe atau tahu, selain digoreng biasa, Mama juga bisa membuat variasi menu dengan dibuat menjadi sayur kari, baceman atau ditumis dengan sayur seperti buncis dan wortel.

Mama juga bisa membuat variasi rasa, misalnya dengan menambahkan saus-saus baru. Seperti tambahan saus lada hitam, saus tiram atau saus mentega.

7. Minum vitamin prenatal

7. Minum vitamin prenatal
Pexels/Ylanite Koppens

Konsumsi vitamin prenatal juga bisa menjadi salah satu cara supaya nafsu makan Mama tetap terjaga. Ini karena beberapa suplemen biasanya juga membantu mengurangi mual yang bisa memicu penurunan nafsu makan.

Suplemen juga mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, jadi apabila diresepkan oleh dokter, jangan lupa meminumnya ya, Ma.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!