7 Hal Unik yang Mulai Dialami Janin di Trimester Kedua

Apa kabar si Kecil dalam kandungan di periode waktu ini ya, Ma?

29 November 2018

7 Hal Unik Mulai Dialami Janin Trimester Kedua
Pexels/Amber Morse

Saat sudah memasuki usia kehamilan trimester kedua, berbagai hal unik mulai bisa dialami oleh janin di dalam kandungan.

Sebagian perilaku ini bisa dirasakan oleh Mama, tapi ada juga yang tidak bisa dirasakan. Apa saja, ya?

Nah, berikut Popmama.com bagikan rangkuman informasinya untuk Mama:

1. Mulai tumbuh rambut

1. Mulai tumbuh rambut
Freepik/Yanalya

Pada awal trimester kedua, banyak hal-hal yang terjadi secara bersamaan dialami oleh janin. Mulai dari leher yang semakin berkembang untuk menopang kepala, hingga pertumbuhan rambut.

Selain itu, bagian wajah juga mulai mengalami pertumbuhan rambut seperti alis. Rambut-rambut halus di seluruh bagian tubuh juga tumbuh untuk membantu agar janin selalu merasa hangat sampai waktunya nanti dilahirkan.

Saat usia kehamilan memasuki 15 minggu, mata dan telinga juga sudah mulai terbentuk meskipun kemampuan melihat serta mendengarnya belum sempurna.

Otot-otot tubuh janin sudah mulai tumbuh dan sedikit demi sedikit bisa bergerak. Namun pada tahap awal ini, pergerakan yang dilakukan janin belum bisa dirasakan oleh Mama.

2. Jenis kelamin mulai terbentuk

2. Jenis kelamin mulai terbentuk
Pexels/Pixabay

Pada usia kehamilan 18 minggu, pertumbuhan dan perkembangan janin sudah mulai berkembang dengan baik. Telinga janin sudah mulai bisa mendengar suara Mama.

Di tahap ini, janin juga sudah mulai bisa menguap dan cegukan lho, Ma. Apakah Mama sudah bisa merasakannya?

Sebuah zat tertentu yang disebut vernix juga sudah mulai melapisi kulit janin untuk perlindungan. Pada tahap ini, paru-paru juga semakin pesat berkembang.

Yang paling ditunggu-tunggu, pada tahap ini jenis kelamin janin tengah berkembang juga sehingga sudah mulai bisa diprediksi. Namun demikian, agar hasilnya lebih akurat lebih baik tunggu sampai di waktu berikutnya ya, Ma.

3. Merasakan makanan yang dikonsumsi Mama

3. Merasakan makanan dikonsumsi Mama
Pixabay/Silviarita

Memasuki usia 20 minggu, pergerakan yang dilakukan oleh janin sudah mulai bisa dirasakan oleh Mama.

Tumbuh sampai berukuran seperti sebuah wortel, indra pengecap janin sudah mulai bisa berfungsi di waktu ini. Ia pun bisa merasakan rasa makanan yang dikonsumsi oleh Mama melalui cairan ketuban.

Jadi apabila Mama ingin si Kecil nantinya menyukai makan sayur atau buah, yuk mulai perkenalkan rasa-rasa ini mulai saat ini.

Editors' Picks

4. Mendengar suara bising di luar

4. Mendengar suara bising luar
Freepik/Phduet

Ketika usia kehamilan Mama sudah mencapai 22 minggu, sistem hormon dan saraf pada indra janin semakin berkembang sempurna.

Salah satunya adalah indra pendengaran. Tak lagi cuma bisa mendengar suara Mama, ia juga sudah mulai bisa mendengar suara berisik yang ada di luar kandungan.

Misalnya saat Mama bepergian ke tempat ramai atau sedang menonton televisi dengan suara yang cukup kencang.

Selain itu, sumsum tulang belakang janin yang memproduksi sel darah serta paru-paru janin juga sudah mulai tumbuh. Janin mulai berlatih menghirup cairan amnion, sebagai persiapan untuk bernapas.

Hal lain yang mulai dialami janin adalah belajar memahami siklus tidur dan bangun Mama. Misalnya dari suara dan pergerakan rutin yang Mama lakukan.

Wah, hebat ya!

5. Sudah mulai punya sidik jari

5. Sudah mulai pu sidik jari
Freepik/Onlyyouqj

Meski belum dilahirkan, janin pada waktu ini juga sudah mulai memiliki sidik jari lho, Ma.

Otak dan kulit janin tumbuh semakin sempurna. Memasuki usia kehamilan 25 minggu, semua organ tubuhnya hampir sudah berkembang sempurna.

Seperti disebutkan sebelumnya, kini sidik jari sepenuhnya sudah terbentuk dan lipatan di telapak tangan juga mulai berkembang.

6. Mampu membuka mata

6. Mampu membuka mata
Freepik/Yanalya

Menjelang akhir trimester kedua, janin mulai belajar untuk membuka mata secara perlahan dan dapat melihat cahaya yang berada di luar perut Mama.

Namun demikian, warna bola mata janin masih belum berkembang sempurna dan masih membutuhkan sedikit waktu. Yang unik, telinga janin kini sudah lebih sensitif dari sebelumnya.

Ia bahkan sudah mulai bisa mendengar dan merespons suara di luar perut Mama dengan menendang atau aktif bergerak.

Latihan bernapas dengan menghirup cairan ketuban masih dilakukan oleh janin. Khusus pada janin laki-laki, akhir trimester kedua juga menjadi waktu untuk proses tumbuh kembang skrotumnya.

7. Tidur dan bermimpi

7. Tidur bermimpi
Freepik/Freepic.diller

Saat akan memasuki trimester ketiga, janin sudah mulai tumbuh besar dan mirip seperti bayi yang akan dilahirkan. Perkembangan otaknya sudah makin sempurna, dengan jaringan otak dan koneksi saraf yang semakin kompleks.

Dari efek ini, janin pun sudah mulai bisa bermimpi. Ia juga mulai memiliki kebiasaan unik seperti mengisap jari dan cegukan.

Mata janin sudah mulai bisa berkedip. Sementara itu, organ-organ vitalnya seperti paru-paru sudah mulai matang. Janin pun sudah mulai batuk lho, Ma.

Adakah dari semua hal-hal unik ini yang sudah mulai bisa Mama rasakan?