Makan Lalapan dan Sayur Mentah Saat Hamil, Boleh atau Tidak?

Apa efeknya ibu hamil makan sayur mentah, ya?

8 Maret 2019

Makan Lalapan Sayur Mentah Saat Hamil, Boleh atau Tidak
Freepik

Saat hamil, kebutuhan akan asupan vitamin dan mineral dalam tubuh Mama akan meningkat. Oleh sebab itu, Mama pun perlu mengonsumsi tambahan sumber vitamin dan mineral.

Salah satunya adalah dari sayur dan buah-buahan. Seringkali karena bosan dengan sayur berkuah, ibu hamil ingin makan sayur mentah seperti salad atau lalapan.

Namun demikian, perlu dipahami bahwa tindakan ini bukan tanpa risiko lho, Ma. Konsumsi sayur mentah disebut-sebut berbahaya bagi ibu hamil karena kemungkinan membawa bakteri dan kuman.

American Pregnancy Association menyebutkan bahwa sayuran mentah, terlebih yang tidak dicuci dulu, termasuk jenis asupan yang sebaiknya dihindari ibu hamil. Ini karena ada kemungkinan besar sayur tersebut memiliki toksoplasma yang berbahaya bagi ibu hamil.

Apabila saat hamil Mama terinfeksi toksoplasma, risikonya janin bisa mengalami cacat lahir, gangguan penglihatan, gangguan sistem saraf dan bahkan keguguran.

Selain dari sayur mentah, parasit toksoplasma juga bisa ditemukan di daging mentah, kotoran kucing, serta permukaan kulit buah.

Nah, apabila Mama tetap ingin makan sayur mentah, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memastikan risiko infeksi tidak ada. Dirangkum Popmama.com dari berbagai sumber, berikut informasinya, Ma:

1. Rebus sebentar terlebih dahulu

1. Rebus sebentar terlebih dahulu
Freepik

Menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan RSIA Bunda Menteng Jakarta, dr Sita Ayu Arumi, SpOG, ada baiknya sebenarnya makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil tidak mentah.

Baik sayuran, daging, atau jenis makanan lainnya. Kepada Popmama.com, dr Sita menyebutkan ini karena dikhawatirkan ada kuman yang bisa menginfeksi Mama dan juga janin.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, dr Sita menganjurkan Mama untuk minimal merebus sebentar sayuran tersebut agar kuman-kumannya mati.

2. Utamakan hanya makan masakan rumah

2. Utamakan ha makan masakan rumah
Freepik

Selama hamil, faktor higienis dan kebersihan makanan menjadi faktor yang sangat penting, Ma. Oleh sebab itu, Mama perlu memastikan cara pengolahan makanan yang dikonsumsi sudah bersih dan benar-benar aman.

Termasuk jika Mama ingin makan sayur mentah. Penting untuk memastikan pengolahannya bersih lho, Ma.

Salah satunya adalah dengan hanya makan masakan rumah. Di rumah, Mama bisa mengawasi dan memastikan betul bahwa bahan-bahan serta peralatan dicuci bersih. Dengan begitu, Mama bisa merasa lebih tenang saat makan.

Risiko terjadinya infeksi atau masalah kesehatan pun menjadi sangat kecil dan bahkan tidak ada jika Mama mengutamakan faktor kebersihan saat memasak di rumah.

Editors' Picks

3. Bersihkan talenan dan pisau untuk memasak

3. Bersihkan talenan pisau memasak
Freepik

Peralatan masak di dapur rentan menjadi sarang kuman, termasuk talenan dan pisau yang Mama gunakan untuk mengolah sayur mentah.

Nah, jika Mama memang ingin makan sayur mentah, pastikan Mama mencuci bersih talenan dan pisaunya, ya. Gunakan sabun cuci dan bilas sampai benar-benar bersih.

Jika perlu, gunakan air panas untuk mencuci dan membilasnya supaya kuman yang terdapat di alat masak tersebut mati.

Seperti diketahui, talenan apalagi yang usianya sudah lama, rentan menjadi sarang kuman. Terutama jika talenan tersebut sudah memiliki bekas-bekas sayatan pisau di permukaannya. Kuman dan bakteri sangat mungkin bersembunyi di area tersebut, Ma.

4. Pastikan sayur dicuci bersih dan buang bagian yang busuk

4. Pastikan sayur dicuci bersih buang bagian busuk
Freepik/Senivpetro

US Food and Drug Administration (FDA) menyebutkan bahwa mencuci bersih setiap makanan yang hendak dikonsumsi ibu hamil adalah hal mutlak. Termasuk saat Mama ingin makan sayur dan buah.

Terutama juga pada sayur dan buah yang perlu dikupas terlebih dahulu, sebab bakteri biasanya sering ditemukan berada di lapisan kulit luar.

Saat menyiapkan sayur, pastikan juga Mama membuang bagian yang sudah busuk dan terlihat tidak layak makan. Biasanya, bagian ini memiliki bakteri paling banyak.

Jika perlu, rendam sebentar sayur di dalam air garam sebelum dikonsumsi untuk membunuh sisa-sisa bakteri dan kuman yang masih tersisa.

5. Pilih hanya jenis sayur tertentu saja

5. Pilih ha jenis sayur tertentu saja
Freepik/Jannoon028

Beberapa jenis sayur memiliki kulit yang bisa dikupas terlebih dahulu, sehingga kemungkinan untuk mengonsumsi bagian luar yang berkuman menjadi sedikit. Sayur jenis ini pun lebih baik dipilih ibu hamil. Misalnya wortel, ubi jalar, tomat, dan asparagus. Yang terpenting, jangan lupa dikupas dan dicuci bersih dulu ya, Ma.

Sebaliknya, hindari makan sayur yang sulit terjamin kebersihannya meskipun sudah dicuci. Beberapa di antaranya seperti tauge dan kembang kol.

Apabila Mama masih ragu apakah benar-benar aman untuk mengonsumsi sayur mentah, lebih baik cuci bersih dan rebus sebentar seperti dianjurkan oleh dr Sita, ya. Selamat makan, Ma!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!