Pakai Minyak Kayu Putih Saat Hamil, Aman atau Tidak?

Biasanya minyak kayu putih digunakan untuk mengatasi mual, tapi apakah aman?

5 September 2019

Pakai Minyak Kayu Putih Saat Hamil, Aman atau Tidak
Unsplash/Anshu A

Mual dan muntah menjadi salah satu efek kehamilan yang kerap dikeluhkan oleh para ibu hamil. Berbagai cara pun dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Salah satunya menggunakan minyak kayu putih.

Memiliki aroma khas dan memberikan rasa hangat pada kulit, minyak kayu putih pun dianggap memberikan manfaat bagi ibu hamil.

Tetapi apakah minyak kayu putih aman dipakai ibu hamil? Berikut Popmama.com rangkum informasinya untuk Mama:

1. Apa itu minyak kayu putih?

1. Apa itu minyak kayu putih
Unsplash/Priscilla Du Preez

Dikutip dari Web MD, minyak kayu putih atau cajeput oil adalah minyak hasil destilasi uap daun segar dan ranting pohon cajeput alias pohon kayu putih (Melaleuca leucadendra). Minyak kayu putih kerap digunakan obat.

Dalam minyak kayu putih yang melewati proses destilasi, terdapat bahan kimia bernama sineol, yang memberikan efek hangat pada penggunaan minyak ini.

Meski belum terbukti secara ilmiah, tetapi minyak kayu putih banyak digunakan untuk mengatasi beberapa keluhan ringan seperti mual, sakit kepala, sakit gigi, nyeri, dan masalah umum lainnya.

Dosis penggunaan dari minyak kayu putih belum memiliki uji klinis, sehingga diperlukan kebijakan masing-masing pengguna. Jangan sampai memakainya berlebihan, karena justru memberikan rasa panas dan iritasi, terutama pada mereka yang kulitnya sensitif atau alergi.

Editors' Picks

2. Apakah aman menggunakan minyak kayu putih saat hamil?

2. Apakah aman menggunakan minyak kayu putih saat hamil
Unsplash/Kelly Sikema

Menurut dokter kebidanan dan kandungan RSIA Bunda Jakarta, dr Sita Ayu Arumi, SpOG, minyak kayu putih aman digunakan selama hamil dengan usia kehamilan berapa saja.

Penggunaan dari minyak kayu putih pada ibu hamil bisa dilakukan dengan cara dioles maupun dihirup uapnya.

Teori yang menyebutkan minyak kayu putih bisa membuat janin dalam kandungan merasa panas, hal ini menurut dr Sita tidak benar. Panas dari minyak kayu putih hanya akan dirasakan oleh kulit Mama saja, tidak sampai menembus ke janin, kok.

Hanya saja, perhatikan tingkat kepekatan minyak kayu putih yang Mama gunakan. Jika terlalu pekat dan digunakan berlebihan, risiko iritasi pada kulit tetap ada.

Selain itu, penggunaan minyak kayu putih pada ibu hamil juga perlu memerhatikan sensitivitas masing-masing, Ma. Cek dulu apakah Mama sensitif pada aroma minyak kayu putih atau tidak.

dr Sita menyebutkan sebagian ibu hamil sensitif dengan aroma tertentu, termasuk bisa saja sensitif dengan aroma minyak kayu putih. Apabila kondisinya demikian, sebaiknya tidak memaksakan menggunakan minyak kayu putih karena justru bisa memicu batuk.

“Ibu hamil semua bau-bauan itu bisa berubah, bahkan ada yang tidak suka bau parfum. Ingat juga bahwa cocok pada sebagian ibu hamil, bisa jadi tidak cocok untuk ibu hamil lainnya,” tutur dr Sita pada Popmama.com.

3. Aturan penggunaan minyak kayu putih pada ibu hamil

3. Aturan penggunaan minyak kayu putih ibu hamil
Freepik/Elenglush

Jika Mama merasa tidak memiliki masalah dengan aroma minyak kayu putih dan ingin menggunakannya saat hamil, ada beberapa hal yang perlu diingat supaya tetap aman.

Salah satunya adalah perhatikan kepekatan minyak kayu putih, hindari menggunakannya secara berlebihan apabila terlalu pekat karena bisa membuat iritasi. Sebisa mungkin hindari juga menggunakannya terus-menerus, ya.

Penggunaan minyak kayu putih juga sebaiknya tidak dicampur dengan minyak esensial atau aromaterapi lainnya, terutama dengan tea tree oil atau Melaleuca alternifolia.

Dosis minyak kayu putih yang tepat digunakan pengobatan bergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, riwayat kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Sampai saat ini belum ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang paling tepat dan aman untuk minyak kayu putih.

Supaya lebih aman, gunakan secukupnya saja dan hanya jika benar-benar diperlukan. Jangan sampai Mama bergantung hanya pada minyak kayu putih.

Bila merasa mual, atasi dengan mengonsumsi makan atau minum minuman hangat. Jangan lupa banyak istirahat juga.

Jangan ragu juga untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Mama sebelum menggunakan minyak kayu putih. Sesuaikan penggunaannya dengan kondisi kesehatan dan kehamilan Mama, ya.

Demikian informasi tentang aman atau tidaknya penggunaan minyak kayu putih pada ibu hamil. Apakah Mama juga suka menggunakan minyak kayu putih?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.