4 Posisi Duduk Paling Nyaman untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

Memasuki trimester kedua, ibu hamil harus memerhatikan posisi duduknya.

22 Juli 2019

4 Posisi Duduk Paling Nyaman Ibu Hamil Trimester Kedua
medimetry.com

Masa kehamilan memang menjadi salah satu momen terbahagia bagi setiap wanita hamil. Terlebih jika usia kehamilan sudah memasuki trimester kedua. Semakin tua usia kehamilan tentunya mengharuskan Mama untuk semakin ketat menjaga kesehatan tubuh dan si Kecil.

Namun, mengkonsumsi makanan bernutrisi tentu tidak cukup untuk ibu hamil trimester kedua. Mama juga haru memperhatikan kondisi fisik di usia kehamilan ini. Pasalnya, kondisi fisik  yang lemah bisa berakibat terhadap kesehatan si Kecil.

Salah satu hal yang berpengaruh terhadap kondisi fisik mama adalah posisi duduk saat hamil. Pada masa kehamilan, banyak wanita hamil sering sekali kurang memperhatikan posisi duduknya. Pasalnya, posisi duduk yang salah bisa berakibat buruk terhadap Mama dan si Kecil.

Bahkan, cara duduk yang salah sering membuat Mama merasa pegal atau sakit di bagian punggung. Hal ini disebabkan dengan ukuran janin yang semakin besar, sehingga Mama mesti menopang beban lebih berat.

Agar terhindar dari nyeri punggung atau risiko pembungkukn, yuk simak posisi duduk yang benar untuk ibu hamil di trimester kedua.

1. Hindari duduk di kursi tanpa sandaran

1. Hindari duduk kursi tanpa sandaran
momjunction.com

Salah satu posisi duduk yang tepat dan benar bagi ibu hamil adalah duduk dengan posisi punggung yang tegak. Hindari duduk dengan posisi badan membungkuk, meskipun beban perut terus bertambah.

Oleh karena itu sebaiknya Mama hindari duduk di kursi tanpa sandaran. Pasalnya, Mama bisa mengalami pembungkukan yang parah jika duduk terus membungkuk.

Duduk di kursi sandaran bisa membantu Mama duduk dengan posisi tegak. Jika Mama terpaksa duduk di kursi tanpa sandaran, sebaiknya tetap poisisikan tubuh dengan tegak dan tidak duduk dalam jangka waktu yang lama.

2. Hindari duduk dengan posisi bungkuk

2. Hindari duduk posisi bungkuk
verywell.com

Ketika berada di rumah atau tempat umum, kebanyakan perempuan hamil biasanya duduk dengan posisi bungkuk. Posisi duduk seperti ini pada dasarnya dapat membahayakan kondisi ibu hamil trimester kedua.

Oleh karena itu, usahakanlah untuk menggunakan bantal sebagai ganjalan agar posisi duduk menjadi tegak dan lebih nyaman. Posisi duduk dengan punggung yang tegak bisa membantu membuat tekanan tubuh seimbang, sehingga mengurangi rasa pegal dan nyeri di punggung.

Editors' Picks

3. Hindari posisi setengah duduk

3. Hindari posisi setengah duduk
newsapi.com.au

Posisi setengah duduk dalam jangka waktu yang lama bisa membuat ibu hamil trimester kedua menjadi lebih sering nyeri dan pegal di bagaian punggung serta tulang ekor. Sebaiknya, duduklah dengan posisi menyandar dan punggung yang lurus.

Dalam posisi setengah duduk, mama bisa tarik bahu perlahan-lahan ke belakang hingga posisi punggung tegak. Dengan begitu, Mama bisa duduk dengan lebih nyaman.

4. Hindari duduk dengan kaki yang menggantung

4. Hindari duduk kaki menggantung
flickr.com/Stefano Valle

Posisi duduk terakhir yang harus mama hindari adalah duduk dengan posisi kaki yang menggantung. Duduk dengan posisi ini bisa meningkatkan risiko kaki, betis, dan tangan menjadi bengkak serta sirkulasi darah terhambat. Oleh karena itu, duduklah dengan posisi kaki menginjak tanah.

Nah, itulah posisi duduk yang harus dihindari ibu hamil trimester kedua.

Posisi duduk yang salah dapat berakibat fatal terhadap kesehatan mama dan janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, mama harus pastikan duduk dengan posisi yang benar.

Untuk menghindari rasa lelah atau pegal saat duduk, mama bisa ubah posisi duduk setiap 30 menit sekali. Namun, pastikan posisi duduk mama benar dan tegal lurus. Jangan biasakan duduk membungkuk atau denga kaki yang menggantung di kursi.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;