Janji Manis Bakal Capres dan Cawapres 2024 untuk Ibu Hamil

Dari program makan gratis hingga tunjangan Rp 6 juta untuk ibu hamil

14 September 2023

Janji Manis Bakal Capres Cawapres 2024 Ibu Hamil
Instagram.com/prabowo & Instagram.com/aniesbaswedan & Instagram.com/ganjar_pranowo

Calon presiden dan calon wakil presiden yang akan bertarung dalam Pemilihan Presiden 2024 mendatang saat ini sudah mulai berlomba-lomba mencari dukungan dengan membangun kepercayaan publik.

Para bakal capres dan cawapres mulai menebar janji untuk menarik hati masyarakat. Mereka berharap, dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat bisa mendongkrak perolehan suara dalam Pilpres 2024 mendatang.

Tiga bakal kandidat, yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo mulai gencar menyuarakan program yang ditawarkan jika nanti terpilih menjadi presiden. Ada yang berbicara terkait ekonomi, isu hukum, bahkan ada program tentang ibu hamil dan anak.

Nah, kali ini Popmama.com akan mengulas tentang janji manis bakal capres dan cawapres 2024 untuk ibu hamil. Yuk, kita simak, Ma!

1. Prabowo Subianto usungkan program makan gratis bagi anak sekolah dan ibu hamil

1. Prabowo Subianto usungkan program makan gratis bagi anak sekolah ibu hamil
Instagram.com/prabowo

Prabowo Subianto telah membuat program unggulan jika terpilih menjadi Presiden RI di tahun 2024 mendatang. Ketua Umum Partai Gerindra ini akan menyiapkan makanan dan susu gratis bagi ibu hamil dan anak-anak sekolah di Indonesia.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo menjelaskan bahwa program unggulan dari Prabowo Subianto ini bertujuan agar anak-anak sekolah, ibu hamil, dan janin yang dikandungnya mendapatkan gizi yang seimbang. 

"Kita harus berikan makanan gratis yang bergizi untuk ibu-ibu yang sedang hamil setiap tahun, karena ini untuk memperkuat bayi-bayi dalam rahimnya,” kata Hashim dalam acara diskusi 'Kenapa Aktivis Dukung Prabowo?' pada Rabu (6/9/2023).

Sasaran dari program makan gratis ini adalah 30 juta anak pra sekolah yang jika ditotal dengan ibu hamil menjadi sekitar 77 juta jiwa. Hashim juga menjelaskan bahwa timnya sudah memperhitungkan untuk merealisasikan program makan gratis setiap hari ini dibutuhkan anggaran sekitar Rp 400 triliun per tahun.

2. Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar canangkan program tunjangan Rp 6 juta untuk ibu hamil

2. Anies Baswedan Muhaimin Iskandar canangkan program tunjangan Rp 6 juta ibu hamil
Instagram.com/aniesbaswedan

Bakal calon presiden Anies Baswedan berbicara mengenai pentingnya asupan nutrisi yang baik bagi ibu hamil agar bayi di dalam kandungan tumbuh dengan optimal. Menurut beliau, asupan nutrisi yang cukup membantu kehamilan ibu dapat berjalan lancar dan bayi yang dikandungnya bisa lahir dengan kondisi sehat.

Bahkan, Anies mengibaratkan ibu hamil yang mendapat nutrisi yang baik sama seperti investasi yang besar karena bayi yang lahir akan tumbuh menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

Anies Baswedan tidak secara spesifik menyebutkan program terkait dengan nutrisi ibu hamil dan bayi. Hal ini justru disebutkan oleh bakal cawapresnya, Muhaimin Iskandar.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa ini memiliki program pemberian tunjangan atau subsidi kepada seluruh ibu hamil di Indonesia sejumlah Rp 6 juta per orang. 

Wasekjen DPP PKB, Syaiful Huda, memperjelas bahwa program yang akan diusung di kampanye Pilpres 2024 tersebut bertujuan untuk mengurangi angka stunting di Indonesia.

"Setiap yang hamil, sejak kehamilan bulan pertama sampai 9 bulan akan mendapatkan tunjangan rata-rata 6 juta selama kehamilan. Karena Gus Imin tidak ingin ada stunting di Indonesia. Gus Imin ingin melihat generasi anak muda kita hebat, cerdas, karena itu harus diurus sejak masa kehamilan," kata Wasekjen DPP PKB, Syaiful Huda.

3. Ganjar Pranowo memiliki program tekan angka stunting dengan memerhatikan ibu hamil

3. Ganjar Pranowo memiliki program tekan angka stunting memerhatikan ibu hamil
Instagram.com/ganjar_pranowo

Bakal capres Ganjar Pranowo sejauh ini belum berbicara secara spesifik mengenai program terkait ibu hamil dan anak jika ia terpilih menjadi presiden. Beliau secara umum berbicara mengenai pentingnya menekan angka stunting dengan memperhatikan kesehatan ibu hamil. 

Menurutnya, masalah stunting adalah persoalan pengetahuan masyarakat sejak masa kehamilan. Masyarakat yang kurang akan pengetahuan terhadap gizi dan pemeriksaan rutin selama kehamilan akan memengaruhi pertumbuhan janin di dalam kandungan.

“Pada saat menikah kemudian hamil, asupan gizinya kurang, jarang periksa karena ia percaya kandungannya baik, itu masalah. Atau barangkali mereka menikah dini,” tutur Ganjar Pranowo, dalam kanal YouTube Rhenald Kasali yang tayang pada 4 September 2023.

Ganjar Pranowo optimis bahwa angka stunting dapat ditekan dengan mengamati ibu hamil. Saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pernah membuat program terkait, yaitu Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5NG).

Program tersebut ditujukan untuk mengamati dan membantu gizi ibu hamil dalam 4 fase, yakni sebelum hamil, saat hamil, persalinan, dan nifas. Menurutnya, dengan adanya perhatian yang baik kepada ibu hamil, angka stunting dapat ditekan secara lebih cepat.

Itu dia janji manis bakal capres dan cawapres 2024 untuk ibu hamil. Semoga, jika terpilih nanti, janji-janji tersebut dapat terealisasi, ya, Ma.

Baca juga:

The Latest