hanco

7 Hal Menyenangkan yang Aman Dilakukan Saat Hamil pada Trimester Kedua

Asyik, nih! Poin No.5 pasti bakalan bikin Mama rileks

21 November 2019

7 Hal Menyenangkan Aman Dilakukan Saat Hamil Trimester Kedua
Freepik/onlyyouqj

Selamat! Mama telah melewati tahap awal kehamilan dengan baik. Tentu, melihat dan menyadari hal tersebut, Mama tidak perlu khawatir mengenai hari-hari ke depan ketika Mama memasuki masa kehamilan pada trimester kedua di mana Mama pasti bisa melaluinya.

Untuk meringankan hati dan pikiran Mama, ada kabar baik bahwa Mama nyatanya dapat melakukan 7 hal menyenangkan yang aman dilakukan saat hamil pada trimester kedua di bawah ini.

Selamat bersenang-senang dan enjoy the moment ya, Ma!

1. Mulai dengan kebiasaan membaca buku

1. Mulai kebiasaan membaca buku
Pixabay/zerocool

Sebelumnya, Mama berada pada tahap di mana Mama mengalami kesulitan beradaptasi sebagaimana perubahan fisik yang terjadi pada tahap awal kehamilan terjadi secara mendadak.

Namun, memasuki masa kehamilan pada trimester kedua, Mama sudah mulai bisa meresapinya.

Untuk itu, dalam masa transisi ini, Mama sebaiknya mengambil waktu sendiri untuk memastikan kenyamanan pikiran dan tubuh Mama dengan cara membangun kebiasaan membaca buku. Mama dapat melakukannya sambil menikmati lagu-lagu kesukaan.

2. Jalan-jalan keluar yuk Ma!

2. Jalan-jalan keluar yuk Ma
Pixabay/xusenru

Berbicara mengenai kegiatan yang bisa membuat hati, pikiran dan tubuh Mama nyaman ke arah hal-hal yang positif, Mama tentu tidak dianjurkan untuk hanya menikmatinya seorang diri sebagaimana Mama telah melewati perubahan emosi yang ingin terus sendiri di masa awal kehamilan, bukan?

Sekarang, Mama telah membiasakan diri dengan menerima perubahan fisik dan emosi yang terjadi saat hamil. Untuk itu, bangun juga kebiasaan untuk berkumpul dengan teman-teman dan sahabat di luar rumah.

Dengan kata lain, kami sangat menganjurkan Mama untuk sesekali jalan-jalan ke tempat-tempat menyenankan yang tidak berbahaya maupun melibatkan aktivitas yang membebani.

Sebagai contoh, bagaimana jika Mama hang out di kafe yang menyediakan zona bebas rokok?

3. Mama bisa mulai berolahraga, nih!

3. Mama bisa mulai berolahraga, nih
Youtube.com/naturalremedy

Melihat rekomendasi kami pada poin di atas, Mama tentu dapat menyimpulkan bahwa Mama sudah bisa melakukan kegiatan yang bisa membuat Mama bergerak. Lebih tepatnya, Mama sangat dianjurkan untuk melakukannya supaya Mama senang menjalani proses kehamilan.

Untuk itu, memasuki masa kehamilan pada kehamilan trimester kedua, Mama disarankan untuk menyisihkan waktu sehari-hari Mama untuk berolahraga. Tentu, jenis olahraga yang dipilih haruslah berdasarkan persetujuan dokter yang tidak membebani maupun membahayakan, ya.

Editors' Picks

4. Nikmati makanan sehat yang lebih bervariatif

4. Nikmati makanan sehat lebih bervariatif
daystofitness.com

Sebelum kita berbicara ke depan mengenai proses kehamilan Mama pada trimester ke-2, mari kita melihat salah satu hal yang menghiasi hari-hari di masa awal kehamilan Mama: morning sick. Benar sekali! Saat itu, Mama jadi sulit untuk makan karena mual dan muntah, bukan?

Namun, mengetahui bahwa Mama telah melewati masa itu ke masa kehamilan pada trimester ke-2, Mama besar kemungkinan tidak akan mengalaminya lagi. Maka dari itu, Mama sudah mulai bisa menghiasi menu makanan sehat yang lebih bervariatif. Menyenangkan, bukan?

5. Nikmati pijatan khusus masa kehamilan

5. Nikmati pijatan khusus masa kehamilan
americanpregnancy.com

Kenyamanan saat menjalani proses kehamilan memanglah merupakan sesuatu yang sangat berharga untuk Mama. Maka dari itu, Mama sebaiknya tidak lupa untuk mendapatkan layanan pijatan khusus masa kehamilan dari orang yang profesional pada bidang tersebut.

Tentu, Mama disarankan untuk menyimak terlebih dahulu mengenai proses pijatan yang akan dilakukan kemudian mengonsultasikannya kepada dokter. Apabila Mama mendapat persetujuan, maka Mama bisa menjalaninya dengan aman.

Well, seperti yang kita sadar, di atas segalanya, keselamatan si Kecil di dalam kandungan seharusnya menjadi prioritas utama yang menjadi landasan dari setiap aktivitas yang akan Mama lakukan, bukan?

6. Bagaimana jika Mama ikut kelas pasca melahirkan?

6. Bagaimana jika Mama ikut kelas pasca melahirkan
parents.com

Berada pada tahap trimester ke-2 menandakan bahwa waktu menjelang melahirkan sudah mulai dekat. Mengetahui hal ini, Mama pastilah merasa sangat bahagia sebagaimana Mama dan Papa tercinta mendambakan kehadiran si Kecil dalam kehidupan berkeluarga kalian.

Namun, perasaan menyenangkan tersebut mungkin tidak secara maksimal menyurukan perasaan was-was dan nervous ketika membayangkan proses melahirkan. Untuk itu, kami menyarankan Mama mengikuti kelas pasca melahirkan.

Dengan membekali diri Mama dengan berbagai hal-hal penting terkait proses persalinan, Mama tentu akan ditenangkan oleh setipa pengetahuan terkait yang Mama tanamkan dalam otak Mama. Yuk, segera daftarkan diri, Ma!

7. Masuk ke dalam komunitas Ibu hamil

7. Masuk ke dalam komunitas Ibu hamil
shethepeople.tv

Sebagai bagian dari era Milenial, Mama tentu memahami betul mengenai kekuatan perempuan yang saling mendukung satu sama lain. Hal ini merupakan harta yang wajib untuk dilestarikan dalam kehidupan bersosialisasi.

Tanpa terkecuali, saat Mama menjalani proses kehamilan, Mama-pun juga membutuhkan harta tersebut. Maka dari itu, kami menyarankan supaya Mama masuk ke dalam komunitas Ibu hamil di mana Mama kaan mendapaktan kekuatan sambil turut membagikannya. 

Sekarang, Mama telah melihat 7 hal menyenangkan yang aman dilakukan saat hamil pada trimester ke-2. Jadi, Mama tidak bingung lagi mengenai cara membuat Mama senang menikmati proses kehamilan. 

Mama juga bisa mendaftar di Popmama Community untuk menemukan diskusi menarik dari mama lainnya. 

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!