5 Alasan Kenapa Ibu Hamil Harus Diberi Tempat Duduk di Angkutan Umum

Salah satu alasannya karena berdiri terlalu lama saat naik kendaraan umum bisa membahayakan janin

9 Desember 2021

5 Alasan Kenapa Ibu Hamil Harus Diberi Tempat Duduk Angkutan Umum
Pexels/Cottonbro
Ini alasan kenapa ibu hamil harus diberi duduk saat naik angkutan umum.

Transportasi umum, seperti kereta rel listrik (KRL), dan transjakarta menyediakan kursi prioritas yang diperuntukkan bagi lansia, ibu hamil, ibu membawa balita, dan penyandang disabilitas.

Penyedia jasa transportasi bahkan membuat peraturan agar penumpang bersedia memberikan tempat duduknya kepada kelompok prioritas ini. 

Namun, sayangnya tidak sedikit orang yang belum sadar untuk memberikan tempat duduk tersebut untuk penumpang prioritas, termasuk ibu hamill.

Padahal, ada alasan kenapa ibu hamil diharuskan duduk di angkutan umum dan sebaiknya tidak boleh berdiri terlalu lama.

Apa saja alasan itu? Simak yang sudah Popmama.comrangkum berikut ini.

1. Membuat kaki ibu hamil membengkak

1. Membuat kaki ibu hamil membengkak
mamaenzo.nl

Ibu hamil yang berdiri terlalu lama di angkutan umum berisiko mengalami terhambatnya aliran darah balik sehingga darah akan menumpuk pada bagian bawah tubuhnya.

Kondisi itu kemudian dapat membuat mama mengalami kaki bengkak, kesemutan hingga nyeri saat berjalan.

Editors' Picks

2. Membahayakan janin

2. Membahayakan janin
Freepik

Berdiri di angkutan umum yang padat merupakan kondisi yang cukup berbahaya, Ma. Pasalnya kondisi padat tersebut berisiko membuat mama terdorong-dorong, kemudian perut mama juga berisiko tertekan.

Akibat perut yang tertekan bisa mengganggu kondisi janin mama. Pada beberapa kasus, perut yang tertekan dapat memicu terjadinya kontraksi dini bahkan hingga keguguran.

3. Menyebabkan mual dan muntah

3. Menyebabkan mual muntah
Americanpregnancy.org

Angkutan umum biasanya cenderung padat, sempit, dan berisik. Udara yang pengap di dalam angkutan umum juga kerap membuat mama merasa pusing dan kepala berkunang-kunang.

Bila kondisi tersebut terjadi, diperburuk dengan berdiri sepanjang perjalanan bisa membuat mama mual dan muntah. Apalagi jika kehamilan mama masih berada di trimester pertama.

4. Membuat nyeri punggung bagian bawah

4. Membuat nyeri punggung bagian bawah
pixabay/wenphotos

Penyebab selanjutnya kenapa ibu hamil harus diberi duduk saat sedang naik angkutan umum adalah mama rentan mengalami nyeri punggung.

Seiring dengan bertambahnya berat janin, akan bertambah pula tekanan pada pembuluh darah dan saraf pada tulang panggul dan punggung mumu, hal inilah yang kemudian menyebabkan nyeri punggung saat hamil.

5. Memicu tekanan darah tinggi

5. Memicu tekanan darah tinggi
pixabay/stevepb

Berbagai studi menunjukkan bahwa berdiri terlalu lama dapat memicu tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Tekanan darah tinggi ini membuat aliran darah ke plasenta berkurang sehingga bayi kekurangan oksigen dan nutrisi.

Kabar buruknya, tekanan darah tinggi pada ibu hamil bisa mengancam nyawa mama dan si Janin dalam kandungan.

Itu l5 alasan kenapa ibu hamil harus diberi tempat duduk di angkutan umum. Untuk Mama, jangan sampai memaksakan diri berdiri saat di angkutan umum ya. Bila perjalanan yang ditempuh jauh, ada baiknya untuk meminta kursi prioritas demi keamanan kandungan mama.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.