Ini Penyebab Perut Ibu Hamil Mengecil di Pagi Hari

Cari tahu penyebabnya di sini, Ma

17 Januari 2022

Ini Penyebab Perut Ibu Hamil Mengecil Pagi Hari
Pixabay/Bgmfotografia
Perut ibu hamil mengecil di pagi hari

Melihat perut mengecil di pagi hari padahal sedang hamil tentu membuat Mama panik.

Seharusnya perut mama akan mulai membesar ketika memasuki trimester dua. Itu untuk memfasilitasi pertumbuhan bayi di dalam kandungan.

Lalu, bagaimana dengan fenomena perut ibu hamil yang mengecil di pagi hari? Benarkah itu bisa terjadi dan apa penyebabnya?

Untuk mengupas lengkap jawabannya, yuk, pahami penyebab perut ibu hamil mengecil di pagi hari bersama Popmama.com di sini

Kenapa Bangun Tidur Perut Ibu Hamil Tampak Mengecil?

Kenapa Bangun Tidur Perut Ibu Hamil Tampak Mengecil
shutterstock
Ilustrasi bangun pagi.

Meskipun kondisi perut ibu hamil mengecil di pagi hari sempat membuat panik, namun kondisi itu ternyata normal terjadi, Ma. Tapi, perubahan tersebut bukan terjadi karena ukuran rahim maupun bayi mengecil, Ma. Melainkan karena faktor lain.

Pasalnya, perut ibu hamil tidak bisa mengempis atau mengembang pada waktu-waktu tertentu. Semasa kehamilan rahim Mama justru akan semakin membesar untuk memberikan ruang untuk bayi berkembang.

Hal itu dipertegas oleh pendapat dr. Kimberly Langdon, MD, seorang dokter Obgyn di Amerika Serikat, “Ukuran rahim mama sebetulnya tidak bisa berkembang atau menyusut, apalagi kejadiannya hanya pada waktu tertentu saja,” seperti dikutip dari laman Romper.

Faktanya, hal yang membuat perut mama terlihat kecil di pagi hari adalah perubahan pada kulit di sekitar perut. Perubahan kulit perut tersebut tampak menimbulkan ilusi perut mama mengecil dan membesar di waktu-waktu tertentu. 

Nah, perubahan kulit perut itu bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

Editors' Picks

1. Mama belum sarapan

1. Mama belum sarapan
Pexels/Alexandr Podvalny

Perut kosong di pagi hari karena belum sarapan bisa jadi penyebab pertama mengapa perut ibu hamil mengecil di pagi hari.

Mual dan muntah karena morning sickness juga bisa membuat perut mama tampak mengecil. Itu jelas memungkinkan, mengingat ketika muntah, mama akan mengeluarkan segala makanan yang telah mama konsumsi sebelumnya.

2. Otot perut mama mengencang

2. Otot perut mama mengencang
Pexels/freestocks

Beberapa ahli setuju kalau baby bump mama yang membesar di malam hari berkaitan dengan otot-otot perut yang mengendur sepanjang hari akibat banyak beraktivitas.

Sebaliknya, selama Mama tidur, otot-otot tersebut akan beristirahat dan kembali menyusut sehingga pada pagi hari perut mama akan terlihat mengecil.

Kulit di sekitar perut mama juga akan meregang dan membuat perut mama tertekan sehingga timbul ilusi kalau perut mama mengecil di pagi hari.

3. Posisi bayi dalam kandungan berubah

3. Posisi bayi dalam kandungan berubah
Freepik

Sejak memasuki usia kehamilan 13-16 minggu, Mama pasti mulai merasakan pergerakan si Kecil di dalam perut.

Sejak usia kandungan tersebut, bayi mama juga mulai bisa berpindah posisi, biasanya ia akan aktif bergerak sejak pukul 9 malam sampai 1 pagi.

Masih dikutip dari Romper, perubahan posisi tersebut juga bisa membuat perut mama tampak mengecil.

“Ketika bayi berada di posisi posterior atau posisi saat kepalanya sudah turun ke pinggul dan punggungnya menghadap punggung mama, posisi ini dapat membuat perut mama terlihat mengecil di pagi hari, ” ujar Jada Saphiro, doula atau asisten persalinan di Amerika Serikat.

Itu dia penyebab perut ibu hamil mengecil di pagi hari. Sekalipun normal terjadi, tapi Mama tetap harus memantau penurunan ukuran baby bump-nya normal atau tidak.

Jika perut mama tampak tidak kunjung membesar, bahkan ketika di siang dan malam hari, ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi kandungan mama. Itu penting guna mencari tahu ada indikasi masalah pertumbuhan pada bayi atau tidak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk