Berhubungan Seks saat Hamil, Bolehkah Suami Pakai Kondom Rasa?

Meski menarik, bolehkah digunakan dan apakah ada efek samping yang mungkin terjadi?

10 Agustus 2022

Berhubungan Seks saat Hamil, Bolehkah Suami Pakai Kondom Rasa
Freepik/wayhomestudio

Pernahkah Mama mendengar ada kondom dengan rasa rendang? Atau mie goreng? Meski varian rasa tersebut unik dan terkesan tidak lumrah, ternyata aneka rasa kondom tersebut cukup menarik membuat para pasangan suami istri untuk menggunakannya.

Meski menarik, tapi bolehkah digunakan suami ketika berhubungan seks dengan istri yang sedang hamil? Adakah efek samping yang mungkin terjadi?

Untuk menjawabnya, berikut Popmama.com merangkum soal berhubungan seks saat hamil, bolehkah suami pakai kondom rasa?

Editors' Picks

Fungsi Kondom Rasa untuk Seks

Fungsi Kondom Rasa Seks
Pexels/cottonbro

Sesuai dengan keunggulan yang ditawarkan, jenis kondom ini akan memberikan sensasi rasa yang membuat pengalamaan seks Mama dan Papa semakin menyenangkan.

Dikutip dari laman Healthline, kondom rasa ini berfungsi sebagai pelindung ketika Mama dan Papa ingin melakukan seks oral, baik ketika tidak hamil maupun sedang hamil. Tujuannya supaya bisa menutupi rasa lateks yang kerap mengganggu ketika sedang seks oral.

Penggunaan varian rasa yang beragam ini diharapkan dapat membuat Mama dan Papa semangat untuk menggunakan kondom ketika seks oral untuk mengurangi potensi terjadinya infeksi menular seksual.

Selain itu, penggunaan kondom rasa juga dapat membuat durasi seks oral semakin lama. Pasalnya, jenis kondom ini ternyata juga berfungsi untuk menunda ejakulasi.

Berhubungan Seks saat Hamil, Bolehkah Suami Pakai Kondom Rasa?

Berhubungan Seks saat Hamil, Bolehkah Suami Pakai Kondom Rasa
Freepik

Bagi Mama dan Papa yang tertarik mencoba jenis kondom ini, ada hal yang perlu diperhatikan.

Penggunaan kondom rasa untuk seks saat hamil memang aman dan boleh digunakan. Namun, hal ini hanya untuk seks. Selain seks oral, sebaiknya Mama dan Papa menggunakan kondom biasa.

Mengapa?

Itu karena adanya kandungan gula tambahan di kondom rasa. Menggunakan kondom rasa dengan tambahan gula ini dapat memicu terjadinya infeksi ragi pada vagina mama.

Akan tetapi, beberapa merek kondom rasa ada yang aman digunakan untuk seks vaginal. Oleh sebab itu, pastikan Mama membaca petunjuk pemakain produknya dengan seksama terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Cara Aman Pakai Kondom Rasa Agar Seks Lebih Nikmat

Cara Aman Pakai Kondom Rasa Agar Seks Lebih Nikmat
Pexels/Natalia Vaitkevich

Agar seks menggunakan kondom rasa lebih nikmat dan aman, simak cara pemakaiannya:

  1. Baca petunjuk pemakaian dengan seksama. Pastikan dulu, apakah kondom rasa yang Mama beli aman digunakan untuk seks vaginal dan anal atau hanya disarankan untuk seks oral.

  2. Gunakan kondom dengan ukuran pas. Menggunakan kondom yang tidak sesuai ukuran akan membuat Papa merasa tidak nyaman dan was-was. 

  3. Cek tanggal kadaluwarsa. Periksa tanggal kadaluwarsa yang ada di box kondom untuk memastikan Papa tidak memakai kondom yang sudah tidak aman dipakai.

  4. Periksa kondisi fisik kondom. Ini untuk memastikan si kondom tidak robek maupun rusak sehingga tidak layak pakai.

  5. Sisakan ruang setidaknya sepanjang 1 cm bila merek kondom rasa yang dibeli tidak menyisakan ruang penampung sperma.

  6. Pakai kondom baru tiap berhubungan seksual. Apa pun jenis kondom yang Papa dan Mama beli, biasanya kondom hanya boleh dipakai sekali. Untuk itu, jangan mencuci kondom yang sudah digunakan untuk dipakai kembali.

Jadi, sudah terjawab kan pertanyaan mengenai berhubungan seks saat hamil, bolehkah suami pakai kondom rasa? 

Kesimpulannya, pakai kondom rasa untuk seks saat hamil tetap diperbolehkan, selama Mama dan Papa menggunakannya hanya untuk seks oral atau sesuai dengan petunjuk pemakaian dari produknya. Sudah siap untuk mencoba sensasi baru dalam bercinta malam ini?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk