7 Manfaat Bahan Herbal untuk Ibu Hamil dan Pasca Melahirkan

Bahan-bahan ini bisa mengurangi masalah ketika kondisi tubuh yang tidak nyaman

26 November 2020

7 Manfaat Bahan Herbal Ibu Hamil Pasca Melahirkan
Unsplash.com/ Derick McKinney

Para ibu hamil dan ibu melahirkan, biasanya mengalami kondisi tubuh yang berubah. Kondisi yang tidak nyaman mulai dari mual dan muntah, edema hingga nyeri persendian kadang bisa dialami oleh mereka.

Meski bisa ditanggulangi dengan berbagai obat, tapi hal itu belum tentu pilihan terbaik. Herbalis, Asri Saraswati Iskandar menjelaskan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil dan pasca melahirkan adalah mengonsumsi bahan herbal.

“Banyak kondisi yang menyebabkan konsumsi bahan herbal umum dilakukan oleh perempuan sebagai alternatif dari obat konvensional yang digunakan untuk mengatasi kondisi yang tidak nyaman,” jelas Asri dalam webinar oleh Combiphar, Kamis (12/11/2020).

Menurutnya, mengetahui bahan-bahan herbal yang akan dikonsumsi bisa bermanfaat untuk tubuh. Tak hanya membantu mengurangi ketidaknyamanan, bahan herbal ini juga memberikan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan selama kehamilan dan pasca persalinan.

Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkap mengenai manfaat bahan herbal untuk ibu hamil dan pasca melahirkan:

1. Madu yang membantu tingkatkan hemoglobin

1. Madu membantu tingkatkan hemoglobin
Popmama.com/Putri Syifa N

Madu memiliki kandungan mineral berupa kalsium, tembaga, mangan, zat besi, fosfor, seng, aluminium. Kandungan zat besi pada madu membantu meningkatkan kadar hemoglobin untuk ibu haamil dan pasca operasi caesar.

Dikutip pula dari Mom Junction, madu juga bisa berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, insomnia, mengurangi gejala flu dan batuk, sakit tenggorokan, hingga bisul.

2. Cengkih untuk mengurangi nyeri sendi

2. Cengkih mengurangi nyeri sendi
Pinterest.com

Cengkih kaya akan kandungan beta-karoten, zat besi, magnesium, seng, vitamin B6, C, dan K. Tak hanya itu, perpaduan cengkih, lengkuas, serai dan jahe, dapat meredakan sakit dan nyeri pada persendian dengan cara dioleskan.

Dikutip dari Parenting Firstcry, manfaat cengkih juga bisa membantu menangani masalah dalam pencernaan saat kehamilan seperti sembelit. Mengonsumsinya dengan tepat juga bisa membantu perkembangan otak janin.

Editors' Picks

3. Jahe yang bisa membuat badan lebih segar

3. Jahe bisa membuat badan lebih segar
Pinterest.com/Hudson Farmhouse

Jahe mengandung gingerol yang memberikan efek analgesik yang kuat dan sangat membantu untuk radang sendi, menenangkan saraf, serta mengurangi mual. Jahe juga tinggi kalium, tembaga, magnesium, mangan, vitamin B5 dan B6.

Seperti dikutip dari Healthline jika konsumsi jahe setiap hari selama kehamilan, aman untuk kurangi mual. Mama juga bisa menyesuaikannya dengan mencampur jahe dan teh kesukaan.

4. Kunyit yang bisa mencegah anemia

4. Kunyit bisa mencegah anemia
Unsplash/FOODISM360

Kunyit dapat membantu meredakan peradangan yang menyebabkan edema, sekaligus risiko mastitis, juga berfungsi untuk mengobati cedera dalam, jahitan luar dan luka infeksi pasca persalinan. Kunyit mengandung kurkumin yang bisa melindungi dari anemia dan hipertensi. Serat tingginya juga mengontrol kadar kolesterol jahat dalam darah.

5. Temulawak bisa tingkatkan produksi ASI

5. Temulawak bisa tingkatkan produksi ASI
Pixabay/Karen S

Temulawak adalah salah satu bahan herbal yang dikenal banyak manfaat. Tumbuhan ini mengandung protein, karbohidrat, dan minyak atsiri. Bahan dengan nama latin curcuma zanthorrhiza ini bisa membantu produksi ASI pada masa menyusui. Tentunya ini perlu dikonsumsi sesuai aturan dan kondisi tubuh ya!

“Sangatlah penting untuk melihat reaksi baik yang kecil maupun besar. Terutama jika sedang dalam kondisi khusus seperti hamil atau menyusui,” jelas Medical Expert Combiphar, dr. Carlinda Nekawaty, pada kesempatan yang sama.

6. Temu Hitam untuk relaksasi rahim pasca melahirkan

6. Temu Hitam relaksasi rahim pasca melahirkan
Tokopedia.com

Tumbuhan dengan nama latin curcuma aeruginosa roxb ini punya kandungan β-pinene yang dapat merelaksasi rahim setelah melahirkan. Namun, Asri mengingatkan jika dalam mengonsumsi bahan herbal tetap harus memerhatikan reaksi tubuh.

“Kita harus perhatikan tanda-tanda yang ditunjukkan oleh tubuh. Dengan demikian kita dapat merasakan apakah bahan yang dikonsumsi memberikan efek yang baik bagi tubuh atau tidak,” jelas Asri.

7. Ketumbar juga bisa membantu produksi ASI

7. Ketumbar juga bisa membantu produksi ASI
Freepik/Welcomia

Ketumbar memiliki kandungan protein, kalsium, dan zat besi yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi ASI selama periode menyusui. Dikutip dari Parenting Firstcry, bahan herbal seperti ketumbar dan thyme juga bisa mengurangi mual dan membantu mengurangi masalah pencernaan.

Itulah tadi manfaat bahan herbal untuk ibu hamil dan pasca melahirkan. Meski begitu jangan sembarangan ya dalam mengonsumsinya, dan tetap melihat reaksi tubuh mama sendiri.

Mama juga bisa berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui kadar konsumsi ramuan yang tepat dan efek yang ditimbulkan jika dikombinasikan dengan obat konvensional.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.