Ma, Ternyata Ada Banyak Manfaat Konsumsi Kalsium untuk Ibu Hamil

Tak hanya baik untuk kesehatan tulang Ma, kalsium untuk perempuan hamil juga membawa manfaat lain!

25 November 2018

Ma, Ternyata Ada Banyak Manfaat Konsumsi Kalsium Ibu Hamil
tinystep.in

Saat hamil, Mama memang harus memastikan asupan nutrisi yang dibutuhkan janin dalam kandungan terpenuhi dengan baik, tak terkecuali asupan kalsium.

Nutrisi penting yang dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan seperti susu, produk susu, ikan sarden, ikan salmon, brokoli, pokcoy, tahu, bayam, hingga kacang almond ini memang harus terpenuhi dengan baik Ma. Sebab, ada berbagai macam manfaat kalsium untuk perempuan hamil yang tidak dapat disepelekan.

Mama ingin tahu apa saja manfaatnya? Ini dia Ma!

1. Baik untuk perkembangan tulang dan gigi

1. Baik perkembangan tulang gigi
Freepik/Pressfoto

Tak hanya untuk Mama saja, kalsium juga bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi janin dalam kandungan. Jika kebutuhan kalsium harian Mama terpenuhi dengan baik, pertumbuhan tulang dan gigi janin dalam kandungan tentu akan tersokong dengan baik. 

2. Mendukung perkembangan otot dan saraf

2. Mendukung perkembangan otot saraf
Freepik/Oleg Baliuk

Tak hanya untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi saja Ma, kalsium juga dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan hati, saraf, dan juga otot janin yang sehat.

Asupan kalsium yang cukup juga mendukung perkembangan jantung janin serta mendukung kemampuan tubuh janin dalam membekukkan darah.

Editors' Picks

3. Mengurangi risiko alami hipertensi

3. Mengurangi risiko alami hipertensi
Freepik/Rawpixel.com

Untuk mengurangi risiko terkena hipertensi selama kehamilan, Mama harus mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium.

Hal ini karena kalsium memiliki peran dalam pelebaran pembuluh darah, sehingga jumlah kalsium yang memadai mampu membantu mengatur tekanan darah. Risiko alami hipertensi pun berkurang saat asupan kalsium Mama tercukupi dengan baik. 

4. Mengurangi risiko alami preeklampsia

4. Mengurangi risiko alami preeklampsia
Freepik/Bearfotos

Karena bermanfaat dalam mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko mengalami hipertensi selama kehamilan, konsumsi kalsium yang cukup juga dapat mengurangi risiko Mama mengalami preeklampsia.

Mama harus waspada akan kondisi ini karena terkadang preeklampsia muncul tanpa gejala apapun atau hanya menimbulkan gejala yang ringan saja. Padahal pada perempuan hamil, preeklampsia bisa menimbulkan komplikasi kehamilan yang bisa membahayakan Mama dan janin dalam kandungan. 

Kebutuhan kalsium yang harus terpenuhi

Kebutuhan kalsium harus terpenuhi
Freepik/Pressfoto

Kebutuhan kalsium perempuan hamil bergantung pada usia perempuan hamil itu sendiri. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013, berikut kecukupan asupan kalsium yang direkomendasikan: 

  • Mama yang berusia 19-29 tahun membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1300 mg per hari
  • Mama yang berusia 30-49 membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1200 mg per hari

Mama harus tahu pula, kebutuhan kalsium perempuan dengan usia yang lebih muda lebih banyak dari pada perempuan dengan usia yang lebih tua.

Yang pasti, Mama harus memenuhi kebutuhan kalsium dengan baik karena jika tidak,  janin akan mengambil kalsium dari tulang Mama saat kebutuhan kalsium tersebut tidak tercukupi. Jika ini terjadi, risiko  mengalami gangguan kesehatan tulang dikemudian hari bisa saja Mama alami. 

Topic: