5 Manfaat Aprikot untuk Ibu Hamil, Cegah Sembelit hingga Cacat Lahir

Aprikot adalah jenis buah-buahan yang dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah maupun kering

8 September 2020

5 Manfaat Aprikot Ibu Hamil, Cegah Sembelit hingga Cacat Lahir
www.naturalbalancefoods.co.uk

Saat hamil, Mama pasti ingin memberikan nutrisi terbaik pada si Kecil yang masih berada di dalam rahim. Mama mulai menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, protein, vitamin, zat besi, dan kalsium.

Lalu, bagaimana jika Mama penggemar aprikot? Aprikot adalah jenis buah-buahan yang dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah maupun kering. Meski kecil, buah yang tergolong dalam famili Rosaceae seperti halnya buah persik, plum, almond, dan ceri ini memiliki banyak manfaat.

Apakah aprikot aman dikonsumsi saat hamil? Popmama.comtelah merangkum lima manfaat aprikot untuk ibu hamil.

1. Mencegah sembelit

1. Mencegah sembelit
Pixabay/Couleur

Sama halnya dengan jenis buah-buahan Rosaceae lainnya, aprikot adalah sumber serat alami yang bisa membantu Mama mencegah sembelit. Mama pasti tidak mau kan  kesakitan akibat sembelit padahal usia kehamilan sudah memasuki trimester kedua. Nah, tidak ada salahnya nih mengonsumsi aprikot sebagai sumber serat selama hamil.

Buah aprikot juga mengandung banyak air sehingga bisa membantu mencegah dehidrasi. Namun, Mama tetap harus mengonsumsi air putih minimal delapan gelas sehari ya untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh.

Editors' Picks

2. Menjaga kadar gula dalam darah

2. Menjaga kadar gula dalam darah
Pixabay/Enotovyj

Selama hamil, Mama biasanya ngidam mengonsumsi makanan manis yang mengandung gula. Padahal makanan dengan kandungan gula yang tinggi bisa menyebabkan diabetes gestasional yang membahayakan Mama dan bayi.

Dengan mengonsumsi aprikot, maka Mama membantu tubuh untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Jangan lupa dibarengi dengan olahraga teratur ya.

3. Mencegah cacat pada bayi

3. Mencegah cacat bayi
Pexels/Garon Piceli

Aprikot mengandung asam folat yang bisa mencegah kelahiran bayi dalam kondisi cacat. Nutrisi lainnya dalam aprikot juga berperan penting untuk tumbuh kembang si Kecil saat lahir nanti.

4. Membuat kulit bercahaya

4. Membuat kulit bercahaya
americanpregnancy.org

Siapa nih yang merasa kulit kusam dan mudah kering saat hamil? Jangan khawatir ya Mama karena aprikot mampu mencerahkan dan melembapkan kulit selama masa kehamilan.

Vitamin C dalam aprikot juga bisa berfungsi menjaga kekuatan dan kelenturan kulit mama saat hamil. Bahkan aprikot mampu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.  

5. Mengatasi bengkak pada kehamilan

5. Mengatasi bengkak kehamilan
Unsplash/Camylla Battani

Selain aman dikonsumsi dalam keadaan mentah, aprikot juga aman dikonsumsi dalam keadaan kering. Aprikot kering mengandung gula alami, glukosa, dan fruktosa yang baik untuk mencegah pembengkakan pada kehamilan dan membantu perkembangan tulang bayi.

Tak hanya itu, bagi Mama yang sering merasa mulas saat hamil, aprikot mampu mengurangi rasa mulas tersebut. Saat menyusui nanti, Aprikot bisa meningkatkan produksi ASI Mama juga.

Nah, itulah lima manfaat aprikot untuk ibu hamil. Mama bisa mengonsumsi aprikot sebagai bahan pelengkap kue kering atau cake.

Tapi konsumsilah secukupnya karena mengonsumsi aprikot saat hamil juga bisa menyebabkan pusing. Apabila merasakan pusing dan mual setelah mengonsumsi aprikot, jangan lupa konsultasi ke dokter ya, Ma.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.