Ma, Intip Cara Mengatasi Diare pada Trimester Kedua yuk Ma!

Jangan panik saat diare pada masa kehamilan ya, Ma! Cek dulu yuk tipsnya

29 Januari 2020

Ma, Intip Cara Mengatasi Diare Trimester Kedua yuk Ma
ntvbd.com

Jika Mama sudah lebih dari tiga kali buang air besar, maka Mama bisa dikatakan terkena diare. Namun jangan panik dulu ya Ma, karena diare adalah hal yang lumrah dirasakan oleh ibu hamil ketika menginjak masa kehamilan pada trimester kedua.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab diare yang sering Mama rasakan pada trimester kedua. Virus, perubahan pola makan, alergi makanan, vitamin yang dikonsumsi, bahkan perubahan hormon merupakan beberapa hal yang dapat membuat Mama terserang diare.

Nah jika sudah begitu, jangan langsung mengkonsumsi sembarang obat ya Ma!

Karena hanya dengan beberapa santapan lezat alaPopmama.com berikut ini, mama bisa segera menghentikan diare dengan mudah! Simak dulu yuk, Ma!

1. Sup ayam

1. Sup ayam
Pexels/ timur saglambilek

Santapan yang satu ini  memang sudah menjadi andalan bagi setiap orang yang sedang dalam kondisi tidak sehat. Kehangatan sup ayam dapat membantu menenangkan usus Mama yang sedang bergejolak.

Selain itu, protein yang terkandung pada ayam juga dapat membantu menghalau bakteri maupun virus yang terdapat pada usus Mama lho!  Lezat dan menyehatkan, bukan Ma?

2. Madu dan air hangat

2. Madu air hangat
Pexels/ pixabay

Sudah bukan rahasia lagi kalau madu merupakan cairan yang ampuh untuk hampir setiap penyakit. Maka dari itu campuran madu dan air hangat merupakan minuman yang tepat untuk Mama yang sedang terkena diare.

Selain aman untuk janin, madu dan air hangat juga dapat memanjakan lidah Mama dengan rasanya yang manis dan pastinya menghangatkan. Coba buat dirumah yuk, Ma!

3. Kentang kukus

3. Kentang kukus
Pexels/ pixabay

Salah satu sumber karbohidrat yang satu ini juga sangat baik untuk mengatasi diare yang Mama rasakan lho! Selain lezat dan mudah diolah, kentang juga ternyata memiliki zat pati putih yang sangat dapat dengan mudah dicerna pada usus Mama.

Jika mama bosan dengan rasanya yang plain, mama juga bisa oleh kentang kukus yang Mama buat menjadi Mashed Potato lezat. So yumm!

4. Yoghurt

4. Yoghurt
Pexels/ life of pix

Salah satu olahan susu yang sudah melalui proses fermentasi ini, ternyata sangat berkhasiat untuk mengatasi diare yang Mama alami lho!

Bagaimana tidak, yogurt alami mengandung bakteri baik Lactobacillus Acidophilus yang bermanfaat untuk yang akan membantu membersihkan saluran pencernaan Mama serta melawan virus dan bakteri yang terdapat pada usus Mama.

Hhmm, yogurt dengan taburan buah sepertinya menarik untuk dicoba ya, Ma!

Editors' Picks

5. Teh dan jahe

5. Teh jahe
Pexels/ pixabay

Teh hangat dengan campuran jahe ternyata ampuh untuk menyembuhkan diare yang Mama alami. Selain menghangatkan perut Mama yang sedang tidak bersahabat, teh dan jahe juga mengandung senyawa yang dapat mengatasi diare yang sering terjadi pada masa kehamilan Mama.

Musim hujan seperti ini sangat cocok untuk dikonsumsi lho Ma!

6. Karbohidrat putih

6. Karbohidrat putih
Pexels/ pixabay

Singkong, roti, dan nasi merupakan jenis sumber karbohidrat putih yang dapat Mama konsumsi untuk mengatasi diare yang Mama alami.

Walaupun jenis makanan tersebut agak sulit untuk dicerna oleh usus Mama, namun kandungan karbohidrat yang ada dapat membantu melawan diare akibat dari makanan berserat tinggi yang Mama konsumsi.

7. Sup wortel hangat

7. Sup wortel hangat
Pexels/ foodie factor

Pilihan terakhir yang dapat mama coba untuk mengatasi diare Mama adalah dengan mengkonsumsi sup wortel hangat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, serat yang terdapat pada wortel mengandung efek anti-diarhea alami.

Selain lezat, kandungan yang terdapat dalam wortel ternyata juga dapat bermanfaat bagi kesembuhan diare Mama ya!

Nah, setelah mengetahui ketujuh pilihan santapan lezat ala Popmama.com yang berkhasiat untuk mengatasi diare Mama, lalu yang mana nih yang menjadi santapan favorite Mama?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!