Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Benarkah Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki Lebih Bulat dan Rendah?

Mitos atau fakta, ya, Ma?

8 Desember 2022

Benarkah Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki Lebih Bulat Rendah
Unsplash/Josh Bean

Saat hamil, Mama mengamati jika banyak yang menebak jenis kelamin calon bayi dengan melihat perut mama. Ada yang menebak jika Mama mengandung bayi berjenis kelamin laki-laki karena bentuk perut mama bulat dan rendah.

Namun apakah ini akurat? Benarkah jenis kelamin bayi yang dikandung bisa dilihat melalui bentuk perut hamil?

Mama dapat melakukan tebak-tebakan jenis kelamin menggunakan cara ini untuk bersenang-senang.

Pasalnya, hingga saat ini tidak ada penelitian tentang penentuan jenis kelamin calon bayi berdasarkan bentuk perut.

Untuk penjelasannya, Mama dapat simak ulasan Popmama.com berikut tentang bentuk perut hamil anak laki laki. Semoga informasi ini bermanfaat, Ma!

Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki

Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki
Freepik/freepik

Saat hamil, mungkin banyak yang akan menebak jenis kelamin calon bayi hanya dengan melihat bentuk perut. Konon, jika Mama hamil bayi laki-laki maka perut mama akan terlihat bulat dan rendah.

Bentuk perut ibu hamil sering dijadikan acuan bagi sebagian orang untuk menentukan jenis kelamin calon bayi. Namun apakah cara ini akurat?

Editors' Picks

Prediksi Jenis Kelamin Calon Bayi Lewat Bentuk Perut Hamil, Mitos atau Fakta?

Prediksi Jenis Kelamin Calon Bayi Lewat Bentuk Perut Hamil, Mitos atau Fakta
Freepik.com

Benarkah bentuk perut bisa menunjukkah apakah Mama mengandung bayi berjenis kelamin perempuan atau laki-laki? Ini mitos ya, Ma.

Jadi, jenis kelamin calon bayi tidak bisa diprediksi lewat bentuk perut mama saat hamil.

Dilansir dari laman Kementrian Komunikasi dan Informatika, narasi yang menyatakan bentuk perut bulat dan rendah artinya Mama sedang mengandung bayi laki-laki itu adalah mitos.

Bentuk perut selama kehamilan ditentukan oleh beberapa faktor dan jenis kelamin bukan salah satu faktornya.

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Calon Bayi

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Calon Bayi
Unsplash/Amr Taha™

Berikut beberapa cara untuk mengetahui jenis kelamin calon bayi yang sedang dikandung:

  • Pemeriksaan USG

Cara ini paling sering dan mudah dilakukan. Selain untuk mengetahui jenis kelamin, pemeriksaan USG dilakukan untuk mengetahui perkembangan janin serta kondisi area perut secara keseluruhan, Ma. Untuk mengetahui jenis kelamin calon bayi, Mama dapat mengetahuinya paling cepat pada usia 14 minggu kehamilan dengan pemeriksaan USG.

  • Non-Invasive Prenatal Test

Ini merupakan tes yang dilakukan dengan mengambil sampel darah untuk diperiksa kromosomnya. Dapat dilakukan sejak usia kandungan 7 minggu untuk mengetahui jenis kelamin bayi.

Selain dapat mengetahui jenis kelamin calon bayi, tes ini dilakukan untuk mengetahui rhesus golongan darah janin, ayah biologis, dan mendeteksi kelainan.

  • Amniocentesis

Ini dilakukan dengan cara memeriksa cairan ketuban ibu hamil. Biasanya dilakukan pada usia kandungan antara 15 hingga 20 minggu. Tes ini biasanya dilakukan jika dokter menemukan hal yang mencurigakan dalam kehamilan Mama. Namun, Mama juga bisa mengetahui jenis kelamin calon bayi saat tes ini dilakukan.

  • Chorionic villus sampling

Tes ini dilakukan dengan mengambil sampel vilus korionik, sejenis jaringan pada plasenta. Dengan cara ini, dokter dapat mengetahui kondisi kromosom janin. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada kelainan pada janin. Selain itu, Mama juga dapat mengetahui jenis kelamin calon bayi saat tes ini dilakukan.

Faktor Penentu Bentuk Perut Hamil

Faktor Penentu Bentuk Perut Hamil
Unsplash/Ricardo Moura

Berikut beberapa hal yang menentukan bentuk perut mama saat hamil:

  • Bentuk perut dipengaruhi oleh posisi janin

Berdasarkan penjelasan yang dikutip dari Healthline, ukuran maupun bentuk perut mama tidak dapat menentukan jenis kelamin bayi. Bentuk perut mama saat hamil ditentukan oleh otot perut, rahim, dan posisi bayi yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, setiap perempuan bisa memiliki bentuk perut yang berbeda-beda saat hamil. 

Perlu Mama ketahui bahwa posisi janin bisa berubah seiring bertambahnya usia kehamilan, sehingga bentuk perut akan turut berubah.

  • Berat janin

Besar kecilnya perut mama bisa dipengaruhi berat badan bayi dalam kandungan. Rata-rata bayi laki-lai memiliki berat badan lebih berat dibanding bayi perempuan. Namun ini tidak terjadi pada semua mama ya. Ada pula kasus yang menunjukkan berat badan bayi tidak memengaruhi bentuk perut mama. 

  • Jaraknya dengan persalinan

Ketika perut bagian bawah membesar, itu artinya Mama sudah semakin dekat dengan persalinan. Sedangkan bentuk perut yang menonjol ke depan dipengaruhi oleh kandung kemih dan posisi bayi dalam perut. 

  • Riwayat kehamilan

Tinggi rendahnya bentuk perut juga ditentukan riwayat kehamilan. Pada kehamilan pertama, posisi kandungan biasanya berada di atas. Sedangkan pada kehamilan kedua, posisi kandungan akan semakin turun ke bawah disebabkan otot perut yang mulai kendur.

Ingin mengetahui jenis kelamin calon bayi adalah hal yang normal, Ma. Mama dapat melakukan beberapa cara di rumah untuk bersenang-senang, namun jangan dijadikan patokan ya, Ma. Misalnya untuk membeli perlengkapan si Kecil.

Jika Mama benar-benar ingin mengetahui jenis kelamin, lakukanlah dengan cara-cara yang disebutkan di atas.

Jadi bentuk perut tidak dapat memprediksi jenis kelamin janin ya, Ma.

Nah, itu penjelasan tentang bentuk perut hamil anak laki-laki. Semoga informasi ini menambah wawasan, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk