Tanaman Herbal Kaya Manfaat, Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Gingseng?

Tanaman yang satu ini terkenal sebagai tanaman herbal penuh manfaat

28 Desember 2020

Tanaman Herbal Kaya Manfaat, Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Gingseng
Pixabay/whaltns17

Sudah sejak lama ginseng dikonsumsi manusia karena manfaat supernya untuk kesehatan. Orang-orang Asia adalah pengonsumsi ginseng terbanyak di dunia. Ini dikarenakan kandungan tanaman herbal ini dianggap membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengusir kelelahan, dan menekan stres.

Teh dan suplemen ginseng banyak sekali beredar di pasaran, tak terkecuali di Indonesia. Tetapi bagaimanakah keamanannya untuk ibu hamil? Bolehkah ibu hamil mengonsumsi ginseng? Berikut ini Popmama.com merangkum informasi mengenai kandungan di dalam ginseng dan dampaknya bagi kehamilan, dilansir dari Healthline:

Jenis-Jenis Ginseng

Jenis-Jenis Ginseng
Pixabay/whaltns17

Ginseng yang umum beredar di pasaran adalah ginseng Asia atau Panax ginseng. Ginseng ini berasal dari Cina dan Korea. Jenis ginseng ini telah turun-temurun menjadi bagian penting dari pengobatan tradisional Tiongkok selama ribuan tahun. 

Di beberapa negara, ginseng Amerika juga lazim digunakan sebagai obat herbal. Ginseng yang punya nama latin Panax quinquefolis ini tumbuh subur terutama di Amerika Utara, khususnya Kanada.

Akar ginseng diolah dengan cara dikeringkan, kemudian dikemas menjadi tablet, kapsul, ekstrak, krim, atau pun teh. 

Editors' Picks

Kegunaan Ginseng untuk Kesehatan

Kegunaan Ginseng Kesehatan
Freepik/svetlanasokolova

Akar ginseng mengandung bahan kimia aktif yang disebut ginsenosides. Bahan kimia aktif ini terbukti dapat:

  • Menurunkan gula darah pada penderita diabetes
  • Mencegah atau meminimalkan gejala pilek atau flu
  • Merangsang sistem kekebalan
  • Memperbaiki gejala menopause
  • Mengobati disfungsi ereksi
  • Mengurangi cedera otot setelah berolahraga
  • Meningkatkan kekuatan dan stamina
  • Memperbaiki pencernaan

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam ginseng membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dalam tubuh. Mereka telah terbukti melindungi tubuh dari jenis kanker tertentu dan menurunkan risiko penyakit jantung. 

Bahaya Konsumsi Ginseng selama Kehamilan

Bahaya Konsumsi Ginseng selama Kehamilan
Freepik/valuavitaly

Para peneliti memperingatkan bahwa perempuan harus berhati-hati saat mengonsumsi ginseng pada tahap awal kehamilan. Peringatan tersebut sebagian besar didasarkan pada studi yang dimuat di jurnal Human Reproduction yang menunjukkan senyawa dalam ginseng yang disebut ginsenoside menyebabkan kelainan pada embrio tikus. 

Studi menemukan bahwa semakin tinggi konsentrasi ginsenoside rb1, semakin besar risikonya. Penelitian ini memang hanya dilakukan pada tikus karena sulit melakukan studi terkontrol yang tepat pada manusia, terkait masalah keamanan dan etika.

Studi ini memang tidak selalu bisa diterjemahkan langsung ke manusia, tetapi dapat membantu memperingatkan dokter tentang adanya potensi masalah. 

Apakah Ginseng Aman Dikonsumsi saat Menyusui?

Apakah Ginseng Aman Dikonsumsi saat Menyusui
Freepik/shurkin_son

Keamanan ginseng pada ibu menyusui belum diketahui pasti. Melihat adanya efek samping pada penelitian yang dilakukan terhadap tikus, para ahli merekomendasikan untuk menghindari konsumsi ginseng sampai Mama selesai menyusui demi meminimalkan bahaya yang mungkin saja mengalir melalui ASI.

Peringatan Konsumsi Herbal selama Hamil

Peringatan Konsumsi Herbal selama Hamil
Food.ndtv.com

Seperti ginseng, sebagian besar suplemen herbal dan teh belum diteliti keamanannya pada ibu hamil. Untuk alasan ini, yang terbaik adalah tindakan pencegahan dan berhati-hati. Jamu dan produk herbal tertentu bisa berefek samping serius pada ibu hamil serta bayi yang dikandung. 

Saat dikonsumsi dalam jumlah banyak, beberapa teh herbal bisa merangsang rahim dan menyebabkan keguguran. Hindari konsumsinya tanpa pengawasan dan izin dari dokter.

Itulah informasi mengenai tingkat keamanan mengonsumsi ginseng saat hamil. Semoga informasi ini menambah wawasan mama ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.