6 Area Tak Terduga Munculnya Stretch Marks Saat Kehamilan

Bahkan di area yang tersembunyi pun, bisa muncul stretch marks lho, Ma

22 April 2020

6 Area Tak Terduga Muncul Stretch Marks Saat Kehamilan
Freepik/Yanalya

Kulit merupakan bagian tubuh yang cukup terdampak karena perubahan bentuk tubuh Mama saat hamil. Selain kulit yang menjadi lebih sensitif dan mudah berjerawat, stretch marks adalah masalah yang umum terjadi pada kulit ibu hamil. 

Beberapa faktor yang membuat Mama lebih mudah mengalami stretch marks, antara lain usia dan riwayat keluarga. Faktor lainnya yang memicu munculnya stretch marks adalah elastisitas kulit, peningkatan kenaikan berat badan yang signifikan, hidrasi serta nutrisi. 

Bukan hanya muncul di perut saja lho, Ma. Stretch marks juga muncul di beberapa tempat yang seringkali tidak terduga. Berikut Popmama.comberikan rangkuman mengenai bagian tubuh tempat munculnya stretch marks yang tak terduga.

1. Pinggul

1. Pinggul
Freepik

Selain perut, panggul adalah area yang rentan dihinggapi stretch marks. Ini dikarenakan panggul Mama yang terisi jabang bayi dan berat badan yang relatif bertambah. Akibatnya, muncul beberapa tanda peregangan yang samar-samar di area panggul. Stretch marks bisa tampak di satu sisi pinggul saja, atau pun kedua sisi.

2. Payudara

2. Payudara
Freepik/ Psodaz

Stretch marks bisa terjadi di mana pun, tak terkecuali payudara. Payudara termasuk bagian tubuh wanita yang mengalami perubahan dramatis saat hamil. Mungkin Mama akan mendapati garis-garis putih samar di pangkal payudara, kadang melingkar, kadang bisa juga hanya di bagian bawah atau samping payudara.

Editors' Picks

3. Kaki

3. Kaki
Freepik

Mungkinkah stretch marks muncul di kaki? Mungkin saja, Ma! Terutama pada bagian dalam paha yang paling rentan muncul stretch marks. Ini adalah area di mana dampak perubahan berat badan wanita paling kentara terlihat. Bukan hanya di paha bagian dalam saja, stretch marks juga dapat muncul di dekat lutut atau sisi belakang paha.

4. Lengan atas

4. Lengan atas
Freepik/pch.vector

Bagian dalam lengan atas yang paling dekat dengan payudara adalah area di mana peregangan kulit biasa terjadi. Di area ini, sebagian besar stretch marks sulit untuk dilihat. Tetapi bila berkembang dalam waktu lama, stretch marks di area ini akan cukup terlihat jelas.

5. Punggung

5. Punggung
Freepik/Racool_studio

Meskipun Mama tidak terlalu sering melihat bagian punggung Mama sendiri, orang lain mungkin yang lebih memerhatikan keberadaannya. Stretch marks di bagian punggung cenderung muncul di bagian bawah, dekat area pinggang. Terkadang hanya berupa sedikit gumpalan lemak di atas bokong Mama.

6. Di bawah rambut kemaluan

6. bawah rambut kemaluan
pixabay/ Free-Photos

Area di bawah rambut kemaluan disebut mons pubis. Ketika hamil, Mama mungkin tidak bisa melihat gundukan daging kecil ini. Bahkan, sebagian besar Mama hanya memerhatikannya ketika rambut kemaluan selesai dicukur untuk operasi cesar.

Padahal stretch marks bisa meregang dari perut sampai melewati rambut kemaluan. Mungkin juga untuk menyebar dari area ini hingga ke paha bagian dalam.

Itulah keenam area munculnya stretch marks yang sering kali tak terduga. Mama tidak perlu malu dengan stretch marks yang muncul saat kehamilan. Strecth marks bukanlah hal yang berbahaya, hanya saja mungkin membuat Mama kurang percaya diri.

Rajin-rajinlah mengoleskan krim anti stretch marks atau minyak-minyak alami untuk melembapkan dan meningkatkan elastisitas kulit. Setelah melahirkan, seiring berat badan yang kembali seperti semula, biasanya stretch marks akan memudar dengan sendirinya. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.