TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Prediksi Jenis Kelamin Bayi dengan Teori Ramzi, Apakah Akurat?

Benarkah Mama bisa mengetahui jenis kelamin bayi dari lokasi plasenta?

9 Juli 2022

Prediksi Jenis Kelamin Bayi Teori Ramzi, Apakah Akurat
Pexels

Jenis kelamin bayi biasanya bisa diketahui melalui USG di minggu ke-18 hingga minggu ke-20 kehamilan. Sebelum memasuki waktu tersebut sulit untuk ibu hamil mengetahui jenis kelamin janin yang dikandungnya.

Namun tak sedikit orangtua yang tidak sabar untuk mengtahui jenis kelamin bayi dan melakukan beberapa tebakan dengan menggunakan teori-teori yang beredar.

Salah satu teori yang terkenal untuk memprediksi jenis kelamin bayi adalah Teori Ramzi. Teori ini menyatakan bahwa orangtua bisa mengetahui jenis kelamin bayi di minggu ke-6 kehamilan berdasarkan lokasi plasenta.

Lalu apakah memprediksi jenis kelamin bayi dengan Teori Ramzi ini akurat? Untuk mengetahui jawabannya, berikut  Popmama.comtelah rangkum informasinya untuk Mama. Yuk, disimak!

Editors' Picks

Apa itu Teori Ramzi?

Apa itu Teori Ramzi
Freepik/Dragana_Gordic

Sesuai dengan namanya, Teori Ramzi merupakan sebuah teori yang dikembangkam oleh Dr. Saam Ramzi Ismail untuk mengetahui jenis kelamin bayi.

Teori ini dikembangkan oleh Dr. Saam Ramzi Ismail, setelah ia melakukan penelitian yang melibatkan lebih dari 5000 ibu hamil.

Dalam penelitian tersebut, Dr Ismail mencoba untuk menentukan apakah ada hubungan antara jenis kelamin bayi dengan bagaimana dan di mana plasenta terbentuk.

Hasilnya, ia menyatakan bahwa jenis jelamin bayi dapat diketahui melalui posisi plasenta yang terlihat melalui USG di minggu ke-6 kehamilan.

Konon, bila posisi plasenta berada di sebelah kanan rahim maka jenis kelamin bayi adalah laki-laki. Sedangkan plasenta yang berada di sebelah kiri, maka bayi berjenis kelamin perempuan.

Prediksi Jenis Kelamin Bayi dengan Teori Ramzi, Apakah Akurat?

Prediksi Jenis Kelamin Bayi Teori Ramzi, Apakah Akurat
Pexels

Meski teori ini sangat terkenal, sayangnya belum ada penelitian lain yang mendukung Teori Ramzi. Belum ada penelitian lebih lanjut tentang penggunaan penempatan plasenta untuk memprediksi jenis kelamin bayi di enam minggu kehamilan.

Alih-alih didukung, teori ini ternyata dibantah oleh sebuah penelitian di Australia yang diterbitkan dalam jurnal Ultrasound in Obstetrics & Gynecology.

Penelitian tersebut menguji Teori Ramzi dan tidak menemukan hubungan antara lokasi plasenta dan jenis kelamin bayi.

Organisasi medis profesional, termasuk American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), bahkan tidak mengakui Teori Ramzi.

"Sangat tidak mungkin bahwa lokasi plasenta dapat memberikan indikasi jenis kelamin janin," ucap seorang juru bicara ACOG.

Cara Terbaik untuk Mengetahui Jenis Kelamin Bayi

Cara Terbaik Mengetahui Jenis Kelamin Bayi
Pixabay/MedicalPrudens

Cara terbaik untuk mengetahui apakah janin dalam rahim mama adalah laki-laki atau anak perempuan adalah dengan melakukan USG di pertengahan kehamilan antara di waktu minggu ke-16 dan minggu ke-20 minggu.

Pada saat itu, alat kelamin bayi sudah cukup berkembang. Sehingga lebih mudah diprediksi menggunakan USG.

Setelah membaca informasi di atas, sekarang Mama tahu bahwa Teori Ramzi tidak akurat untuk mengetahui jenis kemanin bayi, ya!

Namun jika Mama penasaran dan ingin mencoba Teori Ramzi ini, Mama bisa melakukan USG di minggu ke-6 kehamilan dan tanyakan pada ahli sonografi di mana plasenta mama berada. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk