Kota Depok Gagas RS Khusus Covid-19 untuk Ibu Hamil & Melahirkan

Rencana rumah sakit khusus ini masih dalam tahap penjajakan agar bisa terlaksana

25 Januari 2021

Kota Depok Gagas RS Khusus Covid-19 Ibu Hamil & Melahirkan
Freepik/serhii_bobyk

Melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia yang tak kunjung mereda membuat banyak pemangku kebijakan ketar-ketir. Pasalnya, daya tampung rumah sakit di beberapa daerah semakin menipis. Belum lagi ada beberapa pasien Covid-19 yang memerlukan perawatan khusus, misalnya ibu hamil atau ibu yang akan melahirkan.

Salah satu hal yang mencoba digagas oleh Kota Depok yakni rumah sakit khusus Covid-19 bagi ibu hamil dan melahirkan. 

Hal tersebut didasari oleh masih bercampurnya pelayanan bagi ibu hamil dengan pasien Covid-19 yang lain. Dasar lainnya adalah ada beberapa kasus ibu hamil yang melahirkan tapi masih terkonfirmasi Covid-19 sehingga harus dipisahkan dari bayinya. Dengan penanganan khusus mungkin saja ada jalan lain yang bisa diambil.

Berikut Popmama.com rangkum informasi mengenai RS Covid-19 khusus ibu hamil dan melahirkan di Depok ini. 

Editors' Picks

1. Saat ini masih dalam tahap penjajakan, akan ada 28 tempat tidur

1. Saat ini masih dalam tahap penjajakan, akan ada 28 tempat tidur
Instagram.com/pemkotdepok

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok saat ini masih dalam masa penjajakan pengembangan rumah sakit khusus ibu hamil dan melahirkan yang positif Covid-19. 

Diungkapkan oleh juru bicara satgas Kota Depok, Dadang Wihana yang dikutip dari beberapa sumber menyebut, ia memohon doa dari banyak pihak agar wacana tersebut dapat segera terlaksana. Rencana adanya RS Covid-19 khusus ibu hamil dan melahirkan ini sudah didukung oleh Asosiasi Rumah Sakit Seluruh Indonesia (ARSSI).

Rumah sakit ini rencananya akan memanfaatkan salah satu rumah sakit di Depok dengan tahap awal ada 28 tempat tidur.

2. Satgas masih mengumpulkan data terkait

2. Satgas masih mengumpulkan data terkait
Unsplash/sigmund

Saat ini satgas Covid-19 Kota Depok masih menghimpun data soal jumlah pasien Covid-19 yang sedang hamil maupun akan atau baru melahirkan. 

Mengutip dari Instagram Dinas Kesehatan Kota Depok, per Senin (25/1/2021) pukul 12.00 WIB masih ada 4.792 kasus aktif Covid-19. Sementara itu, untuk jumlah korban yang meninggal yakni 544 orang, bertambah 7 orang dari hari sebelumnya.

3. Cara menjaga imun tubuh kuat untuk ibu hamil

3. Cara menjaga imun tubuh kuat ibu hamil
Freepik

Ibu hamil sendiri menjadi salah satu yang rentan terkena inveksi Covid-19. Untuk mencegah penularan, ada cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara yang aman dan alami. Cara ini juga diterapkan bagi ibu yang baru melahirkan. Berikut tipsnya seperti dikutip dari All About Women MD:

  • Makanlah dengan baik. Secara alami sistem kekebalan tubuh dapat meningkat dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran dan protein, serta makanan rendah gula dan bukan dari karbohidrat olahan. Konsumsi makanan seimbang (terutama buah-buahan dan sayuran) juga dapat mempercepat pemulihan jika sedang sakit karena seperti menyuntikkan tubuh dengan vitamin dan mineral penting.
  • Tetap terhidrasi. Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air, jadi kita membutuhkan air untuk sistem kekebalan tubuh untuk berjalan secara efektif. Sumber cairan lain juga dapat membantu menghidrasi tubuh, tetapi hindari minuman berkafein dan minuman tinggi gula.
  • Banyak istirahat tapi tidak minim gerak. Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami adalah memastikan ibu hamil memiliki jadwal tidur malam yang baik. Namun, jangan bermalas-malasan seharian juga karena membuat otot menjadi kaku.
  • Minum vitamin selama masa kehamilan. Ibu hamil memiliki kebutuhan vitamin dan mineral khusus untuk mendukung perkembangan bayi dalam perutnya. Salah satu solusi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta kesehatan secara keseluruhan adalah dengan mengonsumsi vitamin prenatal. Namun, diskusikan dulu dengan dokter vitamin apa saja yang harus diminum.

Semoga saja keputusan dari Pemerintah Kota Depok untuk membuat RS khusus Covid-19 untuk ibu hamil dan melahirkan ini bisa segera terlaksana. Sehingga para ibu hamil atau pasca melahirkan yang positif Covid-19 bisa tertangani dengan lebih baik. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.