Jangan Disepelekan Ma, Ternyata Ini Manfaat Konsumsi Ikan saat Hamil!

Perbanyak konsumsi ikan yuk sebab banyak manfaat konsumsi ikan bagi perempuan hamil!

1 Januari 2019

Jangan Disepelekan Ma, Ternyata Ini Manfaat Konsumsi Ikan saat Hamil
Freepik/Bearfotos

Saat hamil, Mama memang harus menjaga asupan makanan dengan baik demi kesehatan janin dalam kandungan. Salah satu asupan makanan yang penting untuk menunjang perkembangan janin adalah ikan Ma.

Mama masih ragu?

Konsumsi ikan saat hamil sebenarnya memang direkomendasikan Ma. Namun Mama harus  lebih jeli dalam memilih ikan yang dikonsumsi karena tidak semua ikan aman dikonsumsi perempuan hamil. Ikan yang mengandung merkuri seperti ikan makarel, todak, bluefish, tuna, dan hiu sebaiknya dihindari agar tidak membahayakan kesehatan.

Sementara ikan seperti nila, lele, sarden, dan salmon dapat menjadi pilihan karena ikan jenis ini diklaim mengandung kadar merkuri yang rendah sehingga aman dikonsumsi oleh perempuan hamil.

Adapun manfaat konsumsi ikan saat hamil dilansir dari Parenting.FirstCry, berikut beberapa diantaranya:

1. Mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan

1. Mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan
Freepik/Oleg Baliuk

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang tinggi, termasuk asam amino esensial yang mampu mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan Ma.

Ini menjadi asupan penting dalam membantu pembentukan sel-sel janin dalam kandungan seperti rambut, tulang, kulit, dan juga otot.

2. Baik untuk perkembangan otak janin

2. Baik perkembangan otak janin
Freepik/Pressfoto

Beberapa ikan mengandung DHA dan asam amino Ma. Kedua kandungan ini terbilang penting dalam menunjang pertumbuhan otak dan sistem saraf janin dalam kandungan.

Konsumsi ikan selama trimester ketiga sangat dianjurkan karena ada berbagai macam nutrisi yang diperlukan janin dalam pertumbuhannya

3. Mendukung perkembangan memori otak janin

3. Mendukung perkembangan memori otak janin
Freepik/Onlyyouqj

Selain menunjang pertumbuhan otak janin, kandungan omega 3 yang terkadung pada ikan juga baik untuk perkembangan memori otak janin Ma.

Inilah mengapa asupan ini begitu penting untuk diberikan dan dikonsumsi perempuan hamil.

Editors' Picks

4. Mengontrol perubahan suasana hati perempuan hamil

4. Mengontrol perubahan suasana hati perempuan hamil
Freepik/Senivpetro

Tak hanya untuk janin, kandungan DHA dan asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan juga mampu mengatasi perubahan suasan hati dan mengatasi serangan depresi yang mungkin Mama alami selama kehamilan atau pasca melahirkan. jadi tak hanya janin saja yang mendapatkan manfaat, tetapi Mama juga.

5. Menurunkan tekanan darah

5. Menurunkan tekanan darah
Freepik/Rawpixel.com

Bagi Mama yang menderita hipertensi, konsumsi ikan mampu mendorong penurunan tekanan darah.

Konsumsi ikan selama kehamilan juga mampu megnurangi pembekuan darah dan kadar lemah dalam darah.

Tak hanya itu saja Ma, dilansir dari Baby Center, konsumsi ikan selama kehamilan juga menurunkan risiko perempuan hamil terkena preeklampsia.

6. Mengurangi risiko bayi lahir dengna berat rendah dan prematur

6. Mengurangi risiko bayi lahir dengna berat rendah prematur
momjunction.com

Mama harus tahu, perempuan hamil yang banyak mengonsumsi ikan dengan kandungan omega 3 yang memadai ternyata memiliki risiko yang lebih rendah untuk melahirkan bayi secara prematur atau lahir dengan berat badan rendah. Wah, manfaat yang menarik ya Ma!

Itulah manfaat konsumsi ikan saat hamil yang bisa Mama peroleh. Jika Mama masih bingung mana saja ikan yang aman dikonsumsi perempuan hamil, jangan lupa untuk tanyakan kepada dokter ya Ma agar tak lagi ada rasa was-was.