Ibu Hamil Wajib Tahu, Kondisi Janin saat Trimester Ketiga Kehamilan

Sudah tahu belum kondisi janin di kandungan Mama?

12 Mei 2021

Ibu Hamil Wajib Tahu, Kondisi Janin saat Trimester Ketiga Kehamilan
Freepik/lookstudio

Saat kandungan Mama sudah menginjak trimester ketiga, mungkin ada perasaan bahagia karena waktu tersebut sudah semakin mendekati HPL (Hari Perkiraan Lahir). 

Ketika sedang hamil, Mama pun ingin janin di dalam kandungan bisa terus tumbuh dan berkembang. Mama tak jarang ingin mengetahui secara spesifik terkait perkembangan janin dari minggu ke minggu. 

Dilansir dari Mayo Clinic, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa kondisi janin dalam kandungan saat berusia 7 sampai 9 bulan. 

1. Kondisi minggu ke 28, 29 dan 30 janin di kandungan

1. Kondisi minggu ke 28, 29 30 janin kandungan
Pexels/Amina Filkins

Pada saat 28 minggu kehamilan: Kelopak mata bayi dapat terbuka sebagian dan bulu mata telah terbentuk sedikit demi sedikit.

Selain itu, sistem saraf pusat dapat mengarahkan gerakan pernapasan ritmis dan mengontrol suhu tubuh. Bayi di dalam kandungan pun secara umum, panjangnya hampir 25 cm dari puncak kepala hingga pantat. Lalu beratnya 1 kilogram atau lebih.

Pada saat 29 minggu kehamilan: Bayi dapat menendang, meregangkan tubuhnya dan membuat gerakan menggenggam.

Pada saat 30 minggu kehamilan: Mata bayi bisa terbuka lebar. Bayi mungkin memiliki rambut yang bagus minggu ini. Sel darah merah pun terbentuk di sumsum tulang bayi.

Bayi mungkin memiliki panjang lebih dari 27 cm dari kepala hingga pantat, lalu beratnya hampir 1,3 kilogram.

Editors' Picks

2. Kondisi minggu ke 31, 32 dan 33 janin di kandungan

2. Kondisi minggu ke 31, 32 33 janin kandungan
Pexels/andre-furtado

Pada saat 31 minggu kehamilan: Bayi telah menyelesaikan sebagian besar perkembangan utamanya, yakni menambah berat badan dengan cepat.

Pada saat 32 minggu kehamilan: Kuku kaki bayi akan terlihat. Lapisan rambut halus berbulu halus yang menutupi kulit bayi selama beberapa bulan terakhir atau yang disebut lanugo mulai rontok minggu ini.

Sekarang bayi mungkin memiliki panjang 280 milimeter dari puncak kepala hingga pantat dan beratnya 1.700 gram.

Pada saat 33 minggu kehamilan: Ukuran pupil bayi dapat berubah sebagai respons terhadap rangsangan yang disebabkan oleh cahaya. Tulangnya mengeras. Namun, tengkoraknya tetap lembut dan fleksibel.

3. Kondisi minggu ke 34, 35 dan 36 janin di kandungan

3. Kondisi minggu ke 34, 35 36 janin kandungan
Freepik/lookstudio

Pada saat 34 minggu kehamilan: Kuku jari bayi Mama telah mencapai ujung jarinya. Sekarang bayi mungkin memiliki panjang hampir 300 milimeter, dan beratnya lebih dari 2.100 gram.

Pada saat 35 minggu kehamilan: Kulit bayi menjadi halus dan mulus. Anggota tubuhnya pun terlihat gemuk.

Pada saat 36 minggu kehamilan: Bayi menempati sebagian besar kantung ketuban, kondisi padat di dalam rahim mungkin membuat bayi lebih sulit untuk memberi pukulan. Namun, Mama mungkin masih merasakan banyak peregangan, gulungan, dan goyangan dari bayi.

4. Kondisi minggu ke 37, 38, 39 dan 40 janin di kandungan

4. Kondisi minggu ke 37, 38, 39 40 janin kandungan
Freepik/senivpetro

Pada minggu ke 37. Untuk mempersiapkan kelahiran, kepala bayi akan turun ke panggul dan mulai menunduk.

Jika bayi tidak tertunduk, dokter kandungan akan berbicara tentang cara-cara untuk menangani masalah ini.

Pada minggu ke 38. Kuku kaki bayi mulai tumbuh, lingkar kepala dan perut bayi hampir sama. Kuku kaki bayi telah mencapai ujung jari kakinya.

Sebagian besar bayi telah melepaskan semua lanugonya. Sekarang bayi mungkin memiliki berat sekitar 2.900 gram.

Pada minggu ke 39. Dada bayi mulai menonjol. Untuk anak laki-laki, testis terus turun ke dalam skrotum. Lemak ditambahkan ke seluruh tubuh bayi untuk menjaganya tetap hangat setelah lahir.

Pada minggu ke 40. Waktu kesiapan untuk melahirkan. Pada minggu ini bayi mungkin memiliki panjang 360 milimeter dan berat 3.400 gram.

Ingat ya, Ma bagaimanapun, bayi yang sehat datang dalam berbagai ukuran. Jadi jangan khawatir jika tanggal jatuh tempo melahirkan belum ada tMama tMama untuk melahirkan.

Tanggal jatuh tempo hanyalah perkiraan yang dihitung kapan kehamilan akan berusia 40 minggu. Itu tidak memperkirakan kapan bayi akan lahir.

Itu normal untuk melahirkan sebelum atau setelah tanggal jatuh tempo masa kehamilan Mama.

Itu tadi beberapa kondisi janin di dalam kandungan saat memasuki masa trimester ketiga nih, Ma. Semoga dapat membantu Mama mengetahui calon buah hati di dalam kandungan ya!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.