5 Tips Ide Memilih Pakaian selama Hamil 7 Bulan

Sudah punya pakaian ini belum nih, Ma?

28 April 2021

5 Tips Ide Memilih Pakaian selama Hamil 7 Bulan
Freepik/wayhomestudio

Saat sedang hamil tua, mungkin Mama tidak sadar saat sedang merapikan pakaian sehari-hari. Pakaian mana saja yang saat ini masih terpakai dan mana yang sudah terasa kekecilan.

Di hari berikutnya, Mama tak jarang merasa kebingungan dan mencari-cari pakaian yang masih muat selama menjalani masa hamil tua. Wajar jika merasa stres dalam memilih pakaian, tetapi tak ada salahnya untuk mulai memilih pakaian mana saja yang cocok dikenakan selama hamil 7 bulan. 

Dilansir dari Mustelausa, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa ide dalam memilih pakaian ketika hamil tua agar terasa nyaman dan cocok dikenakan. 

1. Kenakan pakaian yang longgar dan lentur

1. Kenakan pakaian longgar lentur
Pexels/andre-furtado

Pakaian yang ketat mungkin terlihat bagus saat dimodelkan di cermin, tetapi dalam dunia nyata saat Mama membungkuk, bergerak dan meraih sesuatu, pakaian tersebut bisa menjadi tidak nyaman. 

Kemeja dan celana yang terlalu ketat dapat mengganggu sirkulasi yang sehat, bahkan menyebabkan nyeri. Jika Mama merasa pakaian ketat dan membatasi pergerakan saat beraktivitas sehari-hari, maka cobalah untuk ganti dengan versi yang sedikit elastis.

Bahan elastis ini dapat dipadukan dengan serat alami seperti katun untuk menghasilkan pakaian yang memberi saat dibutuhkan dan tidak membatasi pergerakan atau sirkulasi.

Editors' Picks

2. Jangan menyembunyikan perut yang tengah besar

2. Jangan menyembunyikan perut tengah besar
Pexels/mikoto.raw

Mama mungkin berpikir pakaian hamil terbaik harus menyamarkan fakta bahwa Mama sedang hamil besar. Mari kita coba singkirkan gagasan itu sekarang juga.

Tidak ada alasan untuk menyembunyikan perut yang kian membesar. Padahal, baju hamil modern pun bisa membuat Mama tetap memesona walau kondisi perut semakin hari kian membesar. Tak perlu malu dan mulailah untuk bangga dengan kondisi tubuh sendiri.

Namun, sebaiknya hindari mengenakan pakaian yang ukurannya terlalu besar. 

Alih-alih membeli gaun yang satu atau dua ukuran lebih besar dari biasanya, cobalah gaun hamil yang pas untuk Mama digunakan di mana saja.

3. Gunakan pakaian yang bergaris dan berwarna terang

3. Gunakan pakaian bergaris berwarna terang
Dok. Jovee/Shutterstock
Dok. Jovee

Sejak kecil, kita pernah mendengar pepatah bahwa tidak boleh memakai garis horizontal karena akan membuat terlihat lebih gemuk.

Kemudian, ketika kita hamil, kita menghindari garis-garis dan pola dengan cara apa pun. Tetapi ide lama untuk menghindari garis dan pola hanyalah lagu lama.

Garis-garis dapat digunakan dengan efek yang bagus untuk menyanjung tubuh hamil dan membuat terlihat menawan dan merasa pantas.

Disarankan untuk mencoba blus atau rok dengan garis sederhana untuk menonjolkan lekuk tubuh baru Mama yang tengah hamil.

Jika pola lebih sesuai dengan selera Mama, cari motif lain yang membuat enak dipandang.

Demikian pula, jangan takut warna terang saat hamil. Terlalu banyak ibu hamil yang berpakaian serba hitam dan navy karena menurut mereka akan membuat mereka terlihat lebih langsing.

Tunjukkan kecintaan Mama pada warna terang dan belilah beberapa atasan bersalin yang cerah untuk dikenakan dengan rok hamil.

Bahkan rok hamil dan gaun panjang penuh terlihat bagus dalam balutan warna merah atau kuning.

4. Pakai pakaian double agar tetap nyaman

4. Pakai pakaian double agar tetap nyaman
Pexels/Amina Filkins

Saat cuaca tida karuan dan dingin menghampiri, Mama perlu memakai pakaian yang berlipat dan double agar tetap nyaman.

Perubahan utama yang paling umum adalah kecenderungan perubahan suhu tubuh yang cepat. Satu menit Mama berkeringat seperti berada di sauna.

Menit berikutnya Mama menggigil seperti berada di luar di musim dingin tanpa jaket. Mama dapat mencegah perubahan suhu yang drastis ini untuk mendapatkan yang dengan mengenakan pakaian berlapis.

Selama bulan-bulan musim hujan dan musim panas, disarankan rok hamil yang ringan dengan sweter atau jaket hangat.

Selama bulan-bulan musim panas dan musim hujan, mengapa tidak mencoba tunik warna-warni, kardigan yang nyaman, dan rok hamil atau dress hamil yang elastis.

Jika Mama merasa terlalu hangat, lepaskan kardigan dan biarkan tubuh mendingin melalui kain tunik yang anti gerah.

5. Hindari bahan sintetis

5. Hindari bahan sintetis
Pexels/lucas mendes

Bahan sintetis seperti nilon tidak dapat mengaliri udara seperti bahan alami seperti linen, sutra, katun dan wol. Hal ini dikarenakan kurang aliran udara, mereka dapat menahan panas tubuh dekat dengan kulit Mama.

Hal ini dapat menyebabkan lebih cepat kepanasan dibandingkan dengan kain yang teraliri udara.

Selain itu, bahan sintetis dapat mengiritasi kulit sensitif hamil dan menyebabkan ruam serta peradangan.

Nah, itu tadi beberapa ide berpakaian untuk ibu hamil usia 7 bulan, semoga dapat memilih pakaian yang nyaman dikenakan dan semakin pede ya Ma memperlihatkan perut besar yang sebentar lagi lahiran!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.