6 Rekomendasi Camilan yang Bisa Jadi Sumber Energi untuk Ibu Hamil

Demi memberikan energi tubuh selama hamil, maka camilan ini bisa dikonsumsi

14 Juni 2021

6 Rekomendasi Camilan Bisa Jadi Sumber Energi Ibu Hamil
Pixabay/Amina Filkins

Memasuki trimester ketiga, ibu hamil biasanya akan mudah merasa lelah saat menjalani aktivitas keseharian. 

Hal ini dapat dikarenakan berat janin di dalam kandungan dan berat badan ibu yang semakin hari kian bertambah. Hal inilah yang membuat ibu hamil memerlukan asupan energi ekstra demi menunjang kegiatan sehari-hari.

Meskipun semua makanan memberikan energi, namun perlu Mama ketahui bahwa terdapat makanan yang bisa dijadikan sebagai camilan yang aman selama masa kehamilan. Camilan sehat dan bernutrisi pun bisa membantu meningkatkan energi sekaligus tingkat kefokusan sepanjang hari.

Apa saja sih makanan tersebut? Dilansir dari Healthline, berikut Popmama.comtelah merangkum informasinya. 

1. Dark chocolate

1. Dark chocolate
Unsplash/Charisse Kenion

Dark chocolate memiliki kandungan kakao yang lebih tinggi dibandingkan cokelat biasa atau milk chocolate. Antioksidan dalam kakao inilah yang telah terbukti memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. 

Selain itu, peningkatan aliran darah yang dihasilkan oleh antioksidan dapat membantu mengurangi kelelahan mental dan membuat mood menjadi lebih baik. 

Meski memiliki banyak manfaat, perlu diperhatikan bahwa ibu hamil tidak dianjurkan memakannya terlalu banyak. Jadi perlu diperhatikan kembali agar tidak dikonsumsi secara berlebihan. 

2. Oatmeal

2. Oatmeal
Unsplash/Daria Nepriakhina

Sereal gandum utuh ini mengandung beta glucan, yang merupakan jenis serat pembentuk gel tebal bila dikombinasikan dengan air. Kehadiran kandungan tersebut berfungsi dalam mengendalikan gula darah dan menurunkan risiko diabetes karena dapat menurunkan kadar glukosa.

Perlu Mama ketahui bahwa oatmeal juga kaya akan vitamin B, zat besi serta mineral yang membantu proses produksi energi pada tubuh. 

Kombinasi dari beberapa manfaat yang terkandung membuat oatmeal dapat dijadikan makanan yang sempurna, apalagi dapat menambah kebutuhan energi selama masa kehamilan. 

Editors' Picks

3. Yoghurt

3. Yoghurt
Unsplash/Mateusz Feliksik

Yoghurt menjadi pilihan yang tepat untuk menemani waktu ngemil Mama.

Kandungan karbohidrat dalam Yoghurt terutama dalam bentuk gula seperti laktosa dan galaktosa, keduanya ketika dipecah akan menghasilkan energi dalam tubuh.

Selain itu, yoghurt juga kaya akan protein tinggi yang dibutuhkan oleh kebanyakan ibu hamil serta dapat membantu memperlancar pencernaan. 

Walaupun mempunyai segudang manfaat, tetapi Mama perlu memastikan bahwa yoghurt yang dikonsumsi terbuat dari susu pasteurisasi alias susu yang sudah matang. Hal ini dikarenakan saat masa kehamilan, Mama perlu menghindari bahan makanan yang diolah secara mentah. 

4. Popcorn

4. Popcorn
Unsplash/Georgia Vagim

Popcorn bisa menjadi pilihan camilan rendah kalori dan penghasil energi yang sangat baik untuk ibu hamil. Satu porsi popcorn (8 gram) mengandung serat dan karbohidrat yang memberikan pelepasan energi untuk tubuh.

Popcorn juga tinggi akan serat sehingga dapat membantu ibu hamil terhindar dari sembelit berlebih. 

Camilan ini bisa menjadi makanan sehat jika dimasak dengan bahan-bahan yang sehat, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Saat popcorn dikonsumsi oleh ibu hamil, maka perlu menghindari penggunaan mentega atau garam dalam jumlah banyak. 

5. Ubi

5. Ubi
Unsplash/Louis Hansel

Selain lezat, ubi juga menjadi penghasil sumber energi bergizi bagi Mama yang membutuhkan dorongan ekstra energi.

Memakan satu porsi ubi (100 gram), Mama akan mendapatkan hingga 25 gram karbohidrat kompleks, 3 gram serat, 25 persen RDI untuk mangan dan 564 persen RDI untuk vitamin A. 

Berkat kandungan serat dan karbohidrat kompleks yang terdapat pada ubi, maka akan membuat tubuh Mama mencernanya dengan lambat. Dengan begitu akan memberikan pasokan energi yang stabil, bahkan mampu membuat Mama terhindar dari cepat lelah saat beraktivitas.

6. Kacang-kacangan

6. Kacang-kacangan
Unsplash/Peter F

Kacang dikenal kaya akan nutrisi dan sumber energi yang berlimpah untuk kebutuhan aktivitas sehari-hari.

Kebanyakan kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang kenari dan kacang mete dikenal karena kepadatan kalori yang tinggi serta kaya akan protein, karbohidrat, bahkan lemak sehat sesuai kebutuhan ibu hamil. 

Contohnya seperti kacang kenari, kacang ini mengandung omega-3 dan omega-6 yang tinggi, sekaligus antioksidan yang meningkatkan tingkat energi dan membantu terhindar dari peradangan yang biasa berujung pada penyakit menyerang sistem imun.

Mengonsumsi kacang-kacangan, tubuh akan memperoleh vitamin dan mineral lain, seperti mangan, zat besi, vitamin B dan vitamin E. Nutrisi inilah yang dapat membantu meningkatnya produksi energi dan mengurangi kelelahan.

Nah, itulah beberapa jenis camilan yang bisa menjadi referensi ibu hamil saat ingin menambah energi. Usahakan asupannya tidak berlebihan untuk menjaga kesehatan janin di dalam kandungan ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.