TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

15 Manfaat Buah Sawo untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Salah satunya dapat menghilangkan rasa mual

Pinterest.com/Stylesatlife

Buah sawo merupakan buah yang biasa ditemukan di wilayah tropis. Buah ini memiliki rasa manis yang lezat.

Selain rasanya yang manis, buah ini juga memiliki manfaat yang manis karena kaya akan nutrisi, seperti vitamin, kalsium, dan lainnya.

Karena memiliki banyak nutrisi baik, buah sawo baik dikonsumsi oleh ibu hamil sejak trimester pertama kehamilan karena buah ini dapat memabntu meredakan rasa mual yang dirasakan calon Mama di awal kehamilan.

Selain meredakan mual, buah sawo memiliki manfaat beragam lainnya untuk ibu hamil. Berikut Popmama.com telah merangkum 9 manfaat buah sawo untuk ibu hamilyang jarang diketahui.

1. Baik untuk tulang

Freepik/jcomp

Menjaga kesehatan tulang menjadi hal yang perlu Mama perhatikan selama kehamilan. Tulang yang sehat dapat membantu Mama melewati masa kehamilan dengan baik, serta mendukung tumbuh kembangnya tulang dan gigi janin.

Jika janin tidak mendapatkan kalsium yang cukup, maka si Janin akan mengambil nutrisi dari tulang Mama. Nah, apabila kepadatan tulang terus berkurang, maka Mama akan rentan dan berisiko mengalami osteoporosis selama kehamilan.

Maka dari itu, baik untuk mengonsumsi buah yang kaya nutrisi untuk tulang, seperti buah sawo. Buah sawo kaya akan kalsium, zat besi, dan fosfor. Sehingga dapat membantu memperkuat kesehatan tulang ibu hamil, selain itu dapat menurunkan risiko terjadinya osteoporosis di masa depan.

2. Melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit

Freepik/katemangostar

Peningkatan hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan usus bergerak lebih lambat dalam mencerna, sehingga terjadi sembelit. Kondisi cenderung umum dirasakan oleh ibu selama kehamilan.

Salah satu cara untuk mengatasi sembelit selama kehamilan adalah dengan mengonsumsi buah sawo. Buah ini memiliki kandungan yang kaya serat dan membantu mengatasi sembelit, sehingga melancarkan pencernaan.

Selain itu, serat dalam buah sawo dapat melindungi lapisan luar usus besar dari racun karsinogenik.

3. Mencegah anemia

Freepik/jcomp

Saat hamil, tubuh membutuhkan lebih banyak sel darah merah untuk mendukung tumbuh kembang janin.

Apabila Mama kekurangan sel darah merah dan mengalami anemia, kondisi ini dapat menyebabkan nutrisi yang dibutuhkan janin menjadi terbatas. Semakin parah anemia yang dialami, membuat Mama berisiko mengalami pendarahan yang fatal saat bersalin.

Untuk menghasilkan sel darah merah yang dibutuhkan tubuh, perlu peranan zat besi yang dalam pembentukkan sel darah merah. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya anemia, Mama harus mengonsumsi buah yang kaya zat besi.

Buah sawo memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga mengonsumsi buah ini selama kehamilan dapat membantu memproduksi ekstra darah merah yang dibutuhkan tubuh dan mencegah terjadinya anemia.

4. Mengontrol tekanan darah

Freepik/mdjaff

Selama kehamilan, tubuh ibu hamil mengalami perubahan hormon dan peningkatan jumlah darah di dalam tubuh ibu hamil. Hal inilah yang mempengaruhi tekanan darah meningkat dan menurun selama kehamilan 

Mama bisa mengontrol tekanan darah dengan mengonsumsi buah sawo yang memiliki kandungan kalium, magnesium, dan potasium. Kandungan ini memiliki fungsi untuk menormalkan tekanan darah agar tetap stabil dan mencegah risiko terjadinya preeklamsia.

 

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Freepik/user18526052

Ibu hamil rentan terserang flu dan pilek. Oleh karena itu Mama perlu menjaga kesehatan dengan ekstra. Selama kehamilan, Mama dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan buah sawo yang memiliki kandungan vitamin C.

Selain itu, buah sawo ini dapat membantu mencegah agar Mama tidak terserang penyakit saat hamil.

6. Menutrisi kulit

Freepik/freepik

Perubahan hormon mama saat hamil akan mempengaruhi kondisi kulit, seperti munculnya stretch mark, kulit berjerawat, atau kulit menjadi lebih mudah gatal.

Buah sawo dapat membantu Mama untuk mengatasi masalah kulit selama kehamilan. Hal ini karena dalam buah sawo terdapat vitamin E yang dapat melembabkan dan menutrisi kulit. 

Buah sawo juga memiliki kandungan antioksidan yang berperan dalam mencegah penuaan kulit dan membasmi radikal bebas. Selain itu, biji dari buah sawo mengandung minyak kernel yang dapat mengurangi peradangan kulit.

7. Meredakan mual

Freepik/Racool_studio

Mual sering dialami ibu hamil di awal kehamilan. Rasa mual terjadi karena perubahan hormon selama kehamilan. Walaupun umum dialami oleh ibu hamil, mengalami mual tentu menimbulkan rasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Nah, untuk meredakan rasa mual yang muncul, Mama bisa dengan mengonsumsi buah sawo. Karena dalam buah sawo terkandung vitamin B yang dapat mengurangi efek mual.

8. Sumber energi

Freepik/jcomp

Sering merasa lelah pada masa kehamilan merupakan keluhan yang umum terjadi, khususnya di fase awal kehamilan. Lelah saat hamil bisa disebabkan oleh banyak faktor, misalnya perubahan hormon atau sering mengalami mual dan muntah.

Untuk mengatasi rasa lelah ini, Mama bisa dengan mengonsumsi makanan bergizi sebagai sumber energi dalam melawan rasa lelah, salah satunya buah. Buah yang mengandung banyak sumber energi adalah buah sawo.

Buah sawo mengandung karbohidrat yang berguna dalam meningkatkan energi yang berkurang selama kehamilan. Selain itu, buah sawo merupakan buah yang berkalori tinggi, setiap 100 gram buah sawo memberikan 83 kcal.

9. Baik untuk diabetes gestasional

Freepik/xb100

Diabetes gestasional terjadi ketika tubuh ibu hamil tidak memproduksi insulin yang dibutuhkan pada masa kehamilan. Diabetes gestasional merupakan salah satu kondisi yang berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin.

Mengalami diabetes gestasional selama kehamilan membuat Mama perlu memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dan menghindar makanan memperparah gangguan diabetes.

Salah satu buah yang baik untuk pengidap diabetes gestasional adalah buah sawo. Karena buah ini dapat membantu mengatur kadar gula darah, sehingga baik untuk pengidap diabetes gestasional.

10. Antivirus dan antibakteri

Freepik/freepik

Sawo memiliki sifat antivirus dan antibakteri yang kuat. Ia juga memiliki sifat anti-parasit. Oleh karena itu, membantu mencegah mikroba memasuki tubuh sampai batas tertentu. Ini baik untuk melawan infeksi umum selama kehamilan.

11. Memiliki khasiat anti diare

Freepik/Valeria_aksakova

Sawo dianggap sebagai anti diare karena sifat pencaharnya. Konsentrat yang dibuat dengan cara merebus sawo dalam air dapat meredakan diare. Ini juga membantu meringankan ambeien dan disentri.

12. Meredakan masalah paru-paru

Freepik

Pilek, dada tersumbat, dan batuk adalah gejala yang lebih rentan dialami ibu hamil, dan konsumsi buah sawo membantu mengeluarkan dahak dan lendir dari saluran hidung.

13. Mengurangi pembengkakan

Freepik/freepik

Sawo mengandung tanin dalam jumlah besar, yang merupakan zat antiinflamasi yang kuat. Sifat anti-inflamasi pada sawo sangat bermanfaat untuk meringankan pembengkakan dan nyeri, yang umum terjadi selama kehamilan.

14. Baik untuk kesehatan rambut

Pexels/Pavel Danilyuk

Buah sawo mengandung nutrisi penting yang diperlukan untuk kesehatan rambut. Namun tahukah Mama bahwa minyak biji sawo lebih bermanfaat dibandingkan daging buahnya dalam hal kesehatan rambut?

Minyak yang diekstraksi dari biji sawo membantu melembapkan dan melembutkan rambut mama. Ini paling efektif jika Mama memiliki rambut keriting yang sulit diatur. Minyak ini juga meredakan kondisi kulit gatal seperti dermatitis seboroik dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

15. Meningkatkan kesehatan usus

Freepik/pch.vector

Buah sawo kaya akan serat makanan dan senyawa bernama tanin yang menetralkan sekresi asam di usus. Oleh karena itu bermanfaat dalam mengobati gejala hiperasiditas. Ini juga merupakan pencahar yang sangat baik yang meredakan sembelit dan menurunkan infeksi usus.

Efek Samping Mengonsumsi Buah Sawo jika Dikonsumsi Berlebihan

Pinterest.com/Mom Junction

Meski memiliki banyak manfaat untuk Mama di masa kehamilan. Buah sawo juga memiliki beberapa efek samping, apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Efek samping yang dirasakan apabila mengonsumsi buah sawo secara berlebih adalah sebagai berikut:

  • Dapat menyebabkan peningkatan berat badan

  • Menyebabkan sistem pencernaan terganggu dan menyebabkan sakit perut.

  • Serta mengonsumsi sawo mentah secara berlebih dapat menyebabkan maag, masalah pernapasan, dan iritasi pada tenggorokan.

Jadi perlu diingat untuk mengonsumsi dalam batas wajar agar kesehatan ibu dan janin selalu terjaga. Itulah manfaat buah sawo untuk ibu hamil yang jarang diketahui. Semoga informasi ini bermanfat.

 

Baca juga:

Produk kehamilannya bisa lihat di sini ya

Yuk Beli di sini untuk nutrisi Ibu Hamil

The Latest