12 Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan, Bisa Jadi Obat Lho!

Manfaat biji alpukat yang Mama harus ketahui!

26 Januari 2022

12 Manfaat Biji Alpukat Kesehatan, Bisa Jadi Obat
Pexels/Daria Shevtsova

Kebanyakan orang mungkin tidak mengetahui berbagai manfaat biji alpukat, bahkan banyak orang yang cenderung membuang biji alpukat. Pasalnya, biji alpukat mengandung banyak manfaat yang baik untuk tubuh agar lebih sehat.

Kandungan dalam biji alpukat

Kandungan dalam biji alpukat
Pixabay/stevepb

Sebelum kamu mencoba untuk memakan biji alpukat, mungkin kamu ingin mengetahui kandungan apa saja yang terdapat pada biji alpukat. Meskipun informasi kandungan dari biji alpukat masih sedikit, namun biji alpukat mengandung serat makanan, asam lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan beberapa protein dalam jumlah kecil.

Biji alpukat juga menjadi sumber utama dari senyawa fitokimia yang terdapat pada tanaman, serta karbohidrat yang terdiri dari 75% zat tepung.

Manfaat biji alpukat

Setelah memakan daging alpukat, kamu bisa mempertimbangkan untuk memakan biji alpukat yang diolah dengan cara tertentu. Agar kamu tidak ragu lagi, ketahuilah beberapa manfaat dari biji alpukat yang telah Popmama.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Mengobati diabetes

1. Mengobati diabetes
Freepik/jcomp

Dalam jurnal yang dikeluarkan oleh iopscience.iop.org, biji alpukat mengandung senyawa flavonoid yang dapat mengatur gula darah pada penderita diabetes dengan cara mengurangi penyerapan glukosa dan meningkatkan sekresi insulin. Biji alpukat adalah antioksidan yang dapat membantu mencegah diabetes tipe 2 dan juga membuat kulit bercahaya.

2. Memperbaiki pencernaan

2. Memperbaiki pencernaan
Pexels/Daria Shevtsova

Kandungan serat larut dan senyawa anti inflamasi dalam biji alpukat dinilai cukup tinggi, jadi dapat bermanfaat untuk memperbaiki pencernaan seperti mengatasi sembelit, diare, hingga mengurangi gejala kembung pada perut. Selain itu, biji alpukat juga dapat membersihkan perut dari limbah dan racun yang menjadi penyebab kondisi komplikasi.

3. Menghambat infeksi jamur

3. Menghambat infeksi jamur
pixabay/coyot

Manfaat dari biji alpukat selanjutnya yaitu mencegah infeksi jamur yang ada pada tubuh. Sebab terdapat ekstrak dari biji alpukat akan membantu kamu dalam menghambat perkembangan patogen seperti bakteri jamur dan candida, serta mencegah penyakit demam kuning.

4. Menurunkan kolesterol

4. Menurunkan kolesterol
Pixabay/Kjokkenutstyr

Kolesterol yang tinggi dapat memicu terjadinya penyakit jantung koroner, stroke, dan diabetes tipe 2. Dengan memakan biji alpukat yang mengandung antioksidan aktif dan senyawa fenolik, maka kamu dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

Editors' Picks

5. Menurunkan tekanan darah

5. Menurunkan tekanan darah
Unsplash/Rawpixel

Esktrak yang berada dalam biji alpukat mampu mengendurkan tekanan darah di tubuh kamu. Dengan begitu, tekanan darah tinggi yang bisa menjadi penyebab penyakit jantung akan menurun.

6. Mencegah alzheimer

6. Mencegah alzheimer
Pixabay/silverstylus

Antioksidan yang terdapat pada biji alpukat dapat mencegah alzheimer yang terjadi akibat adanya kerusakan pada sel-sel otak disebabkan oleh bahan kimia seperti radikal bebas. Keberadaan radikal bebas inilah yang dapat membahayakan, karena dapat menimbulkan kerusakan oksidatif.

Jadi, biji alpukat yang memiliki kandungan antioksidan dapat mencegah terjadinya alzheimer dengan mencegah adanya radikal bebas.

7. Mengatasi penyakit maag

7. Mengatasi penyakit maag
Freepik

Penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi pada kebanyakan orang yang membuat penderitanya merasakan sakit di ulu hati hingga muntah. kamu bisa mencoba memakan biji alpukat yang menjadi obat alami bagi penyakit maag.

8. Menjaga daya tahan tubuh

8. Menjaga daya tahan tubuh
Freepik/our-team

Daya tahan tubuh yang melemah akan membuat kamu merasakan berbagai macam penyakit, oleh karena itu kamu perlu mengonsumsi makanan dan minuman sehat untuk menghindari menurunnya daya tahan tubuh. kamu bisa mencoba memakan biji alpukat yang memiliki kandungan antioksidan dengan memperkuat sistem imun dan menjaga daya tahan tubuh.

9. Mengatasi radang

9. Mengatasi radang
bukalapak.com

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui manfaat biji alpukat yang satu ini, yaitu mengatasi radang. Dengan sifat antiinflamasi pada biji alpukat, maka dapat membantu kamu dalam mengatasi radang yang sedang kamu alami.

10. Membantu menurunkan berat badan

10. Membantu menurunkan berat badan
Pixabay/sisdahgoldenhair

Ternyata salah satu manfaat biji alpukat yang mampu membantu kamu dalam menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan serat tinggi yang akan membuat kamu merasa kenyang dalam waktu yang lama.

11. Mencegah penuaan dini

11. Mencegah penuaan dini
syrlasu.kz

Kandungan antioksidan yang terdapat pada biji alpukat mampu mencegah penuaan dini di kulit kamu. Kamu bisa mulai mengonsumsi ekstrak biji alpukat secara rutin agar mendapatkan manfaatnya seperti membuat kamu tampak awet muda.

12. Bermanfaat untuk kesehatan tulang

12. Bermanfaat kesehatan tulang
Pexels/Cottonbro

Biji alpukat memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang kamu. Terdapat kandungan fosfor dan potassium yang terdapat dalam biji alpukat yang bermanfaat untuk kesehatan gigi dan kesehatan tulang kamu.

Cara Mengonsumsi Biji Alpukat

Cara Mengonsumsi Biji Alpukat
Unsplash/Thought Catalog

Mama bisa memasukkan biji alpukat selama 2 jam ke dalam oven dengan panas 121 derajat celius. Jika sudah melunak atau kering, Mama bisa potong hingga terbagi menjadi potongan kecil, lalu blender hingga berubah menjadi bubuk.

Perlu Mama pahami dan ketahui, mengonsumsi biji alpukat terlalu sering juga tidak baik, ditambah masih sedikit penelitian akan manfaat biji alpukat terhadap tubuh manusia. Jika mama ingin memakan biji alpukat, Mama harus tetap waspada dan bijaksana.

Sekian ulasan mengenai manfaat biji alpukat yang memberikan beberapa kebaikan bagi tubuh agar menjadi lebih sehat. Bagaimana menurut Mama tentang manfaat biji alpukat?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk