TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Begini Posisi Tidur Ibu Hamil saat Alami Mual Berlebih

Bagaimana posisi tidur yang nyaman jika bumil mual? Temukan jawabannya di sini!

Pexels/Pixabay

Mual merupakan salah satu gejala awal kehamilan yang sering dialami oleh ibu Hamill. Bahkan, sebagian calon mama mengalaminya hampir selama masa kehamilan.

Di tengah kondisi ibu hamil yang mudah lelah, mual tentu menambah ketidaknyamanan. Meski tidak nyaman, pastikan Mama mendapatkan istirahat yang cukup dan berkualitas ya. Tapi bagaimana bisa tidur dengan nyaman jika Mama mengalami mual yang parah?

Ternyata, ada posisi tidur yang dapat membantu mengurangi mual, Ma.

Bila ini terjadi pada Mama, yuk, simak ulasan Popmama.com berikut ini tentang posisi tidur ibu hamil saat alami mual berlebih.

Apakah Ibu Hamil yang Alami Mual Berlebih Harus Tidur dalam Posisi Tertentu?

Freepik/bearfotos

Saat mual, segala aktivitas mungkin akan terasa tidak menyenangkan. Bahkan termasuk tidur. Padahal Mama perlu mendapatkan istirahat yang cukup selama masa kehamilan. Jadi, apakah ibu hamil yang alami mual berlebih harus tidur dalam posisi tertentu?

Selama kehamilan sehat, Mama boleh tidur dalam posisi apapun yang membuat Mama merasa nyaman.

Namun, usahakan jangan berada dalam satu posisi yang sama dalam jangka waktu lama, ya, Ma.

Posisi Tidur untuk Mengurasi Rasa Mual saat Hamil

Freepik/jcomp

Berita baiknya, ada beberapa posisi tidur yang dapat membantu Mama mengurangi rasa mual selama masa kehamilan.

Berikut beberapa posisi tidur yang bisa Mama coba jika sedang mengalami mual berlebih:

  • Posisi tidur dengan bantal penyangga untuk tubuh bagian atas,
  • Menghadap ke kiri,
  • Berbaring setengah duduk,
  • Tidur menyamping dengan ganjalan bantal.

Cara Alami Atasi Mual Berlebih saat Hamil

Freepik.com/Racool_studio

Selain istirahat cukup, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi morning sickness atau mual secara alami, antara lain:

  • Sediakan biskuit dan camilan

Salah satu hal yang bisa memicu terjadinya mual adalah perut yang kosong, sehingga Mama lebih rentan mual dan rasanya ingin muntah. Oleh sebab itu, hindari situasi ini ya, Ma. Sediakan selalu camilan ringan saat Mama bepergian. Salah satu camilan yang membantu mengenyangkan sekaligus praktis adalah biskuit.

Makan beberapa keping biskuit dapat membantu meringankan mual di pagi hari. Ini karena sebagian besar produk biskuit mengandung pati yang tinggi.

Pati dalam biskuit, khususnya yang tawar, dapat membantu menyerap asam lambung dan meredakan mual.

  • Konsumsi jahe dan minuman hangat

Jahe adalah salah satu obat tradisional yang diyakini bisa membantu mengatasi mual, baik yang berkaitan dengan kehamilan maupun tidak.

Studi ilmiah juga menunjukkan bahwa jahe membantu memperbaiki pencernaan.

Jadi untuk mengatasi mual berlebih, cobalah Mama membuat teh jahe hangat, Mama akan segera merasakan perbedaannya setelah meminum teh tersebut.

  • Konsumsi pisang untuk sarapan

Selain mudah dikonsumsi, buah yang satu ini juga mengenyangkan dan penuh akan kandungan nutrisi penting. Mama pun bisa menjadikannya sebagai menu sarapan yang sehat, termasuk untuk mencegah mual melanda.

Pisang dapat membantu mengatasi morning sickness karena kandungan potasiumnya. Ya, potasium yang tinggi dalam pisang dapat membantu meredakan mual yang mengganggu.

  • Minum air perasan lemon di pagi hari

Air jeruk lemon adalah salah satu minuman yang baik dikonsumsi di pagi hari, salah satu manfaatnya untuk mengatasi morning sickness.

Pada sebagian ibu hamil, bahkan mencium aroma jeruk lemon saja dapat membantu mengatasi dan mencegah datangnya rasa mual lho, Ma.

  • Selalu terhidrasi

Pemicu morning sickness lain yang kerap terlupakan adalah dehidrasi. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu minum air putih secara teratur saat hamil. Ini adalah salah satu aturan kunci untuk mencegah mual berlebih.

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan banyak air untuk bisa berfungsi secara efektif. Ketika tubuh tidak terhidrasi dengan baik, beberapa organ tidak dapat bekerja optimal.

Gejala Mual yang Parah

Freepik/Senivpetro

Kondisi mual muntah ini umumnya memang tidak membahayakan kesehatan Ma, namun pada beberapa perempuan, morning sickness parah bisa dialami.

Mama yang mengalami hal ini tentu akan merasakan ketidaknyamanan dalam beraktifitas.

Kesehatan tubuh juga akan menurun karena asupan gizi yang kurang akibat sering mual dan muntah.  

Jika Mama merasa mengalami mual dan muntah yang parah, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter.

Berikut adalah beberapa gejala mual dan muntah yang parah saat hamil:

  • Kehilangan nafsu makan,
  • Mual ketika minum air,
  • Dehidrasi,
  • Berat badan berkurang.

Jika Mama mengalami mual dan muntah yang parah, itu juga bisa menjadi gejala hyperemesis gravidarum. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai mual dan muntah yang Mama alami sehingga dokter bisa melakukan penanganan tepat dan cepat.

Nah, itu tadi posisi tidur ibu hamil saat alami mual berlebih. Tidur dan istirahat yang cukup sangat penting bagi ibu hamil. Pasalnya, selama kehamilan tubuh bekerja keras untuk merawat janin. Semoga tidurnya nyenyak, ya, Ma!

Baca juga:

The Latest