TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Manfaat Pinang Muda untuk Kesuburan dan Organ Reproduksi Perempuan

Pernahkah Mama mengonsumsi buah ini?

Shopee

Salah satu buah khas yang banyak terdapat di Nusa Tenggara dan Maluku, pinang, dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Termasuk bagi kesehatan kesuburan perempuan.

Meskipun belum diketahui secara pasti kandungan dan hubungannya dengan kesehatan kesuburan, tetapi banyak informasi yang menyebutkan aneka manfaat dari pinang.

Nama buah pinang di berbagai daerah di Indonesia berbeda-beda, Ma. Misalnya di Aceh, pinang disebut juga dengan pineung. Sementara di Nusa Tenggara dan Maluku, pinang lebih dikenal dengan sebutan pua atau bua.

Pinang terutama ditanam untuk dimanfaatkan bijinya, yakni sebagai campuran untuk mengunyah sirih. Biji pinang juga kerap digunakan sebagai zat pewarna merah alami.

Apa manfaat lain dari buah pinang muda untuk kesuburan perempuan? Yuk intip rangkuman informasi dari Popmama.com berikut ini:

1. Menyehatkan rahim

Freepik/Spukkato

Masyarakat Biak dan Serui (Papua) kerap memanfaatkan biji pinang muda sebagai obat alami untuk mengecilkan rahim setelah melahirkan. Biasanya para perempuan memasak buah pinang muda tersebut dan airnya diminum selama satu minggu.

Selain itu, pinang muda juga bisa dimanfaatkan untuk menghentikan perdarahan. INi karena ada senyawa arecaidine atau arecaine, choline atau bilineurine, guvacine, guvacoline dan tannin di dalamnya.

Sifat astringent dan hemostatik dari zat tannin inilah yang berkhasiat untuk menghentikan perdarahan.

2. Merapatkan bagian vagina

Freepik

Bagi para perempuan yang baru saja melahirkan, salah satu masalah yang kerap dikeluhkan adalah kekhawatiran tentang vagina yang tidak bisa rapat kembali. Tenang, Ma. Secara bertahap sebenarnya vagina bisa kembali rapat seperti sebelumnya, kok.

Hanya saja, Mama juga bisa menggunakan cara alami dengan memanfaatkan pinang muda untuk membantu proses pemulihan ini.

Guna mendapatkan manfaat ini, Mama perlu menyiapkan kulit pinang muda, kapur sirih, biji gambir dan daun sirih muda. Caranya, cabut kecil-kecil kulit pinang muda, kemudian tumbuh biji gambir. Ayak kapur sirih yang sudah dibersihkan. Rebus air secukupnya, masukkan semua bahan tersebut. Kemudian setelah matang, biarkan bahan-bahannya mengendap sempurna dan air rendaman menjadi dingin. Gunakan air tersebut untuk membilas area vagina secara teratur.

3. Meningkatkan nafsu makan

Freepik

Asupan nutrisi yang lengkap dan bergizi menjadi salah satu upaya penting saat program hamil. Dengan demikian, kesehatan tubuh Mama dan juga tentunya bagian sistem reproduksi bisa tetap terjaga.

Seperti diketahui, pada masa persiapan dan awal kehamilan, tubuh Mama memerlukan kecukupan asupan nutrisi.

Untuk menjaga nafsu makan dan menjaga kecukupan nutrisi, Mama pun bisa juga memanfaatkan pinang muda. Secara rutin, pinang muda dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan.

4. Meningkatkan gairah seksual

Freepik

Manfaat pinang muda lainnya yang juga banyak dikenal adalah meningkatkan gairah seksual. Diyakini bahwa ini adalah karena kandungan alkaloid aktif berupa senyawa arekolin yang terdapat pada pinang.

Konsumsi air rebusan pinang maupun buah pinang muda secara langsung disebuts-sebut dapat meningkatkan gairah seksual dan menjaga stamina. Oleh sebab itu, selain oleh perempuan, hal ini juga kerap dimanfaatkan oleh para laki-laki.

Ambil satu biji buah pinang yang belum mengeras. Kerat-kerat kemudian dikunyah dan dimakan. Cara lainnya, biji pinang juga bisa ditumbuk dan direbus dalam dua gelas air. Tunggu sampai menjadi satu gelas, kemudian minum airnya.
 

5. Mengatasi keputihan

Pexels/chuanyu 2015

Masalah lain yang juga bisa mengganggu sistem reproduksi perempuan adalah keputihan. Meski sebenarnya normal, tetapi jika sampai berlebihan dan muncul kondisi lain seperti ada bau tidak sedap dan vagina terasa gatal, ini bisa jadi tanda keputihan sudah menjadi infeksi dan iritasi.

Untuk mengatasi masalah ini, Mama juga bisa memanfaatkan khasiat pinang muda. Caranya, seduh biji pinang muda yang sudah ditumbuk. Setelah airnya dingin, gunakan untuk membasuh area vagina untuk membantu mengatasi keputihan berlebihan.

6. Mengatasi bau tidak sedap di vagina

Freepik

Selain bisa menurunkan kepercayaan diri, vagina yang tidak sedap juga bisa menjadi salah satu pertanda ada masalah kebersihan pada organ reproduksi. Hampir sama seperti cara untuk mengatasi keputihan, Mama bisa memanfaatkan pinang muda yang direbus, kemudian gunakan airnya untuk membasuh vagina. Komponen anti bakteri alami dalam pinang muda bisa membunuh kuman penyebab bau tak sedap di area tersebut.

7. Mengatasi gatal-gatal akibat jamur

Freepik/eddows-animator

Sering merasa gatal-gatal di area organ intim, Ma? Bisa jadi ini adalah karena infeksi atau iritasi jamur. Misalnya karena diabetes yang tidak terkontrol, sistem imun yang sedang menurun, serta pemakaian antibiotik yang berlebihan.

Gatal-gatal juga bisa membuat Mama tidak percaya diri, terutama saat hendak melakukan hubungan intim.

Hindari menggaruk vagina karena justru bisa membuat infeksinya semakin parah. Salah satu cara alami untuk mengatasinya adalah dengan memanfaatkan air rebusan pinang muda untuk membasuh vagina. Biji pinang muda mengandung komponen antibakteri dan antijamur yang secara alami mampu membunuh bakteri jahat pemicu gatal di vagina.

Demikian beberapa informasi tentang manfaat pinang muda untuk kesuburan dan kesehatan organ reproduksi perempuan. Tak ada salahnya dicoba ya, Ma!

Baca juga:

The Latest