Begini Proses Bayi Bisa Tengkurap, Butuh 5 Bulan Belajar, Lho!

Waktu yang singkat, jangan sampai Mama melewatkannya

14 Juni 2019

Begini Proses Bayi Bisa Tengkurap, Butuh 5 Bulan Belajar,
c1.staticflickr

Perkembangan bayi di usia awal kelahirannya memang sangat cepat. Mama bahkan bisa jadi melewatkan salah satu step, jika tak selalu berada di sisinya. Kalau sudah begitu, Mama hanya bisa membatin, tak terasa si Kecil tiba-tiba sudah besar. 

Karenanya, sangat penting untuk mempelajari seperti apa sih tahapan perkembangan bayi. Salah satu yang wajib Mama tahu adalah proses bagaimana si Kecil mulai bisa membalikkan badan, hingga benar-benar tengkurap sempurna. Berikut Popmama.com merangkumnya.

Usia 1 bulan: mulai memiringkan badan

Usia 1 bulan mulai memiringkan badan
Pexels.com/Pixabay

Di hari pertama kelahirannya, anak mama hanaya bisa tidur di satu sisi saja. Ia bahkan tidak banyak bergerak.

Namun, di usia satu bulan, seharusnya si Kecil sudah bisa memiringkan badan nih, Ma. Tanpa dibantu, anak mama sudah bisa miring ke kanan atau ke kiri, lalu kembali ke posisi semula. Tak jarang juga bayi tertidur dalam keadaan miring. Tahap ini merupakan awal dari proses bayi belajar tengkurap.

1,5-2 bulan: si Bayi sudah bisa berguling

1,5-2 bulan si Bayi sudah bisa berguling
Pexels.com/Bingo Theme

Pada usia ini, bayi Mama sudah mulai belajar berguling. Dari memiringkan badan, si Kecil mulai bisa berguling dan melanjutkannya ke posisi tengkurap. Ia akan berupaya merayap, mengangkat perut, badan, dan pantatnya untuk membuat tubuhnya berguling sempurna. Pada umumnya, bayi di usia ini masih belum bertahan lama di posisi tengkurap, dan masih butuh bantuan untuk bisa kembali ke posisi terlentang. 

Editors' Picks

3-4 bulan: Hore! Sudah bisa tengkurap dan kembali berbaring

3-4 bulan Hore Sudah bisa tengkurap kembali berbaring
Pexels.com/Victoria Borodinova

Si Kecil mulai belajar berguling tengkurap lalu berbaring lagi di usia ini. Dilansir dari babycenter.com. diketahui bahwa otot leher bayi kini sudah cukup kuat menyangga kepala dan memandang lurus ke depan. Lengan dan kakinya pun sudah mulai bisa digerakkan seiring kepala mereka juga mulai bisa bergerak selama posisi tengkurap.

5-6 bulan: Saatnya tengkurap!

5-6 bulan Saat tengkurap
Pexels.com/Victoria Borodinova

Baru di usia 5 bulan si Kecil benar-benar bisa tengkurap sendiri. Mereka bisa dengan mudah membalik badan ke posisi tengkurap, dan balik terlentang lagi sewaktu-waktu mereka ingin. Mereka juga mulai kuat bertumpu pada perut saat tangan dan kakinya bergerak bebas pada posisi tengkurap.

Di atas 6 bulan: Langkah awal menuju merangkak

Di atas 6 bulan Langkah awal menuju merangkak
Pexels.com/ Pixabay

Kalau bayi sudah bisa tengkurap, selanjutnya mereka bakal mulai bisa bergeser dari tempatnya dalam keadaan tengkurap. Si Kecil bisa menyeret badan dengan posisi tersebut. Setelah proses itu, anak Mama bakal makin pintar, bisa mengangkat badan dari posisi tengkurap, lalu lanjut deh ke proses belajar merangkak.

Sesibuk-sibuknya Mama, selalu sempatkanlah untuk mengikuti perkembangan mereka. Pelajari kapan seharusnya si Kecil sudah bisa ini dan itu. Jika ada yang aneh, Mama bisa konsultasikan langsung ke dokter anak yang Mama percaya.

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!