5 Cara Mencegah Bayi Menggigit Puting Saat Disusui

Aw! Ini caranya supaya anak tidak mengigit saat disusui Ma!

24 Desember 2018

5 Cara Mencegah Bayi Menggigit Puting Saat Disusui
Freepik/yanalya

Setiap Mama, pada saatnya pasti akan merasakan pengalaman digigit putingnya saat menyusui bayinya. Lumayan sakit lha, apalagi kalau si Kecil sudah mulai tumbuh gigi.

Meski tidak berbahaya, gigitan si Kecil berpotensi menyebabkan Mama kesakitan. Rasa sakit membuat sesi menyusui menjadi tidak nyaman, kan?

Kenapa sih, si Kecil menggigit? Ini kemungkinan penyebabnya!

- Posisi menyusui kurang nyaman,

- konsentrasi yang terganggu, 

- sudah merasa kenyang dan tidak ingin menyusu lagi,

- akan tumbuh gigi baru, atau baru saja tumbuh gigi,

- hanya penasaran, ingin mengigit, dan ingin melihat reaksi Mama saat digigit. 

Jadi, bagaimana caranya agar Mama tidak menjadi korban gigitan si Kecil? 

1. Berkomunikasi dengan Si Kecil

1. Berkomunikasi Si Kecil
Unsplash/Filip Mroz

Meski anak mama mungkin belum sepenuhnya mengerti dengan perkataan Mama, tapi berkomunikasi selama menyusui sangat penting. Coba lakukan eye contact setiap kali sedang menyusui supaya si Kecil fokus pada Mama dan tidak malah mengigit.

Jika dia tetap mengigit, jangan ragu untuk mengungkapkan rasa sakit Mama pada si Kecil. Jangan membentak atau berteriak karena hal tersebut malah akan membuat Si Kecil kaget, menangis, rewel, dan mungkin malah mogok menyusu. Cukup komunikasikan rasa sakit, atau beritahukan sambil terus menatap si Kecil.

Bayi sekalipun mengerti nada suara yang Mama berikan untuknya. Biarkan mereka mengetahui jika Mama tidak senang dengan hal yang mereka lakukan.

2. Ubah posisi

2. Ubah posisi
Pixabay/joffi

Terkadang si Kecil mengigit karena rasa tidak nyaman saat menyusui. Coba posisi lain saat menyusui dan lihat responnya.

Rasa bosan dengan posisi yang begitu-begitu saja juga mungkin terjadi, jadi cobalah untuk menyusui dengan berbagai posisi untuk mengganti suasana atau mungkin Mama juga dapat menyusui sambil bernyanyi atau mengajak si Kecil mengobrol.

Editors' Picks

3. Cari tempat yang tenang

3. Cari tempat tenang
Freepik

Terkadang bayi mengigit saat menyusui karena terganggu oleh keadaan sekitarnya, mungkin karena keramaian, atau suara orang lain, dan berbagai gangguan lainnya. Coba untuk menyusui di tempat yang lebih tenang, berdua, dan lakukan eye contact sambil menyusui.

Mama juga bisa sambil menyanyi untuk membuat si Kecil tenang. Jika perlu mungkin redupkan lampu untuk membuat suasana remang-remang dan bisa membuat ia tertidur.

4. Beri mainan khusus

4. Beri mainan khusus
idaijogja.or.id

Beberapa bayi mengigit karena gigi mereka yang baru tumbuh terasa gatal dan karena itu mereka ingin mengigit sesuatu.

Coba berikan si Kecil teether untuk yang giginya baru saja tumbuh. Berikan setiap kali dia mengigit puting Mama, dan ajari ia untuk tidak mengigit puting melainkan teether tersebut. Biarkan mereka membedakan mana yang bisa mereka gigit dan mana yang tidak. Mama juga dapat memberikan teether sebelum atau sesudah sesi menyusui.

Lebih baik lagi jika teether dimasukkan ke dalam kulkas dan didinginkan sebelum digigit. Biasanya sensasi dingin akan membuat ia lebih tenang dari rasa gatal yang ia rasakan.

5. Hentikan sejenak

5. Hentikan sejenak
Pixabay/stocksnap

Jika 4 cara di atas masih tidak menghentikan si Kecil dalam kebiasaan mengigit. Coba cara tegas dengan mencoba menghentikan sesi menyusui sejenak.

Jika anak Mama sudah mulai mengigit, cobalah untuk menaruh jari Mama di sisi mulut Si Kecil, untuk menghentikan mulutnya saat mengigit. Jangan langsung tarik mulutnya dari payudara, karena hal tersebut justru dapat melukai puting Mama.

Setelah melepaskan mulut dari puting, coba taruh ia di kasur, dan jangan menyusui selama kurang 1-2 menit untuk menyadarkan si Kecil jika mengigit adalah hal yang tidak baik. Hal ini salah satu cara untuk mengajarkannya jika mengigit dapat menyakiti Mama dan dia perlu tahu itu. Lakukan hal ini setiap kali dia mengigit, bayi sekalipun akan mengerti jika kebiasaan ini terus dilakukan padanya.

Bagi anak Mama yang sudah lebih besar, Mama dapat menggunakan cara lain seperti mencoba menghentikan sesi menyusui dan memeluknya atau menciumnya sambil memberitahukannya jika yang ia lakukan salah.

Mama juga perlu mengetahui kapan si Kecil sudah mulai kenyang, dan Mama dapat langsung menghentikan sesi menyusui jika ia memang terlihat sudah kenyang, supaya tidak berakhir dengan menggigiti puting mama.

Baca juga: Mama Perlu Tahu, Ini 6 Tanda ASI Tak Penuhi Kebutuhan Gizi Si Kecil