Ini 7 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Anak mama sering rewel setelah menyusui? Mungkin dia kembung, ma!

8 Mei 2021

Ini 7 Cara Mengatasi Perut Kembung Bayi
Freepik/cookie_studio

Seringkali bayi menangis karena perasaan tidak nyaman pada dirinya. Entah karena tubuhnya gatal, kepanasan, kedinginan, atau kesakitan. Salah satu penyebab rasa tidak nyaman adalah gas berlebih sehingga menyebabkan perut kembung.

Bagaimana Mama tahu bayi mama mengalami kembung?

Normalnya bayi memang akan sering kentut di awal-awal umurnya. Jika bayi sering kentut namun tetap terlihat nyaman, ada kemungkinan kembung yang ia rasakan masih dapat ia tolerir. Namun jika perut bayi keras, dan ia sering rewel terutama setelah disusui, kemungkinan besar ia merasakan sakit dan tidak nyaman pada perutnya karena kembung tersebut.

Agar bayi kembali nyaman, berikut Popmama.com merangkum beberapa cara untuk menghindari atau cara mengatasi perut kembung pada bayi

1. Sendawakan setiap habis menyusui

1. Sendawakan setiap habis menyusui
Unsplash/Jonathan Borba

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang pertama adalah menyendawakan. Tujuan dari menyendawakan si Kecil setiap habis menyusui adalah untuk mencegah perut bayi kembung atau bergas.

Tahukah Mama, banyak aktivitas yang membuat bayi menelan udara dan perutnya jadi mudah kembung, seperti setiap kali ia menangis, menyusui, maupun ketika mengempeng atau mengedot.

Maka dari itu, sangat penting menyendawakan bayi setiap kali habis menyusui. Posisikan si Kecil di pundak mama dan tepuk perlahan punggungnya hingga ia bersendawa.

2. Pijat perutnya dengan gerakan memutar

2. Pijat perut gerakan memutar
Freepik/yanalya

Ketika si Kecil menangis karena kembung, cara mengatasi perut kembung pada bayi dapat memijat perlahan bagian perutnya dengan gerakan memutar searah jarum jam.

Mama juga dapat melakukan pijatan ini setiap kali habis mandi, atau di saat ia rewel karena perasaan penuh pada perutnya. Namun jangan lakukan pijatan sesaat setelah bayi menyusu karena akan membuatnya muntah.

Editors' Picks

3. Membuat gerakan seperti mengayuh sepeda

3. Membuat gerakan seperti mengayuh sepeda
Pixabay/one_life

Selain melakukan pijatan pada perut si Kecil, Mama juga dapat melakukan cara mengatasi perut kembung pada bayi dengan gerakan kayuh sepeda untuk mengeluarkan gas pada perutnya.

Caranya adalah letakkan bayi dalam posisi terlentang, gerakan kaki si Kecil seperti sedang mengayuh sepeda. Hal ini bisa menjadi pijatan bagi bayi untuk menghilangkan gas pada perutnya.

4. Perhatikan posisi menyusui

4. Perhatikan posisi menyusui
Freepik

Jika si Kecil sering sekali mengalami perut kembung, mungkin posisi menyusuinya perlu diubah. Usahakan posisi kepalanya lebih tinggi dari perut ya, Ma.

Mama dapat menyusui dengan posisi berdiri supaya tidak terlalu banyak udara masuk ke perut si Kecil. 

5. Gendong dengan posisi tegak

5. Gendong posisi tegak
Unsplash/Hollie Santos

Selain menyusui dengan cara tegak berdiri, jika si Kecil menangis karena kembung, Mama juga dapat menggendongnya dengan cara tegak berdiri, atau menempelkan badannya pada dada mama.

Selain skin to skin akan membuat bayi menjadi lebih tenang, posisi ini juga dapat membantu mengeluarkan gas dari perut si Kecil.

6. Mandikan dengan air hangat

6. Mandikan air hangat
Unsplash/Lubomirkin

Mandi air hangat memang tidak dapat mengeluarkan gas pada perut bayi. Namun, mandi dengan air hangat dapat membuat perasaan relaks pada bayi dan akan membuatnya lebih nyaman.

Jika si Kecil sedang kembung, cobalah untuk memandikannya dengan air hangat supaya ia lebih merasa tenang.

7. Perhatikan asupan makanan mama

7. Perhatikan asupan makanan mama
Unsplash/Artem Labunsky

Selain mungkin banyak udara yang masuk saat si Kecil sedang menyusui atau menangis, ada kemungkinan juga gas tersebut berasal dari makanan yang Mama konsumsi.

Cobalah untuk menghindari makanan yang bergas jika anak mama sering kembung.

Makanan yang mengandung gas antara lain seperti, brokoli, kol, bawang, kafein seperti kopi dan teh, atau produk susu.

Jika hal ini terlalu sering terjadi dan sangat mengganggu si Kecil, Mama juga dapat memeriksakannya ke dokter untuk mengetahui apakah anak mama memiliki alergi makanan tertentu yang membuatnya kembung atau ia mengalami intoleransi laktosa.

Itulah tadi informasi tentang cara mengatasi perut kembung pada bayi, semoga bisa bermanfaat untuk Mama.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.