Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Mainan yang Cocok untuk Menunjang Perkembangan Bayi 4-6 Bulan

Selain menyenangkan, deretan mainan ini juga memiliki manfaat untuk perkembangan bayi

16 April 2022

6 Mainan Cocok Menunjang Perkembangan Bayi 4-6 Bulan
Pexels/Polina Tankilevitch

Memasuki usia 4 bulan, sebagian besar bayi menjadi lebih aktif bergerak. Bayi juga sudah semakin kuat mengangkat kepala dan mulai berguling ke sana kemari. Selain itu, si Kecil juga mulai aktif meraih mainan yang menurutnya menarik.

Perlu diketahui bahwa bermain dengan mainan merupakan salah satu cara bayi mempelajari dunia di sekitar mereka. Maka dari itu, Mama bisa menunjang perkembangan bayi dengan menyediakan mainan yang dapat mengasah kemampuan bayi sesuai dengan usianya.

Untuk membantu Mama dalam memilih mainan yang cocok untuk si Kecil, berikut ini Popmama.com telah merangkum rekomendasi 6 mainan yang cocok untuk menunjang perkembangan bayi 4-6 bulan

Simak informasi lengkapnya berikut ini!

1. Soft blocks

1. Soft blocks
Pinterest.com/notonthehighstreet.com

Soft blocks merupakan mainan berupa balok-balok yang terbuat dari bahan kain yang empuk, sehingga aman untuk bayi berusia 4 bulan.

Mama dapat meletakkan mainan soft blocks di depan bayi. Dengan begitu, mainan ini bisa mencuri perhatian si Kecil sehingga ia bisa meraihnya dengan tangan.

Beberapa mainan soft blocks juga bisa mengeluarkan suara saat digoyangkan sehingga menambahkan elemen sensorik yang bisa mendukung keterampilan bayi.

2. Sensory teether

2. Sensory teether
Pinterest.com/Amazon.com

Jika Mama ingin memberikan mainan yang multifungsi untuk si Kecil, Mama bisa membeli mainan sensory teether. Pasalnya, ada banyak komponen yang ada dalam mainan yang satu ini.

Mainan ini biasanya terbuat dari material yang aman dan lembut untuk dijadikan sebagai teether yang dapat merangsang pertumbuhan gigi. Selain itu, bentuk dari mainan ini yang mudah digenggam, sehingga dapat melatih kemampuan motorik bayi.

Mainan ini juga dapat mengeluarkan suara ketika digoyangkan, sehingga bisa menjadi mainan yang sangat menyenangkan untuk si Kecil.

Editors' Picks

3. Baby play gym

3. Baby play gym
Pinterest.com/Bed Bath & Beyond

Baby play gym pada dasarnya adalah sebuat matras nyaman yang dilengkapi dengan lengkungan di bagian atasnya. Lengkungan tersebut dihiasi dengan mainan-mainan yang digantung sehingga menarik perhatian si Kecil.

Mainan tersebut dapat membuat bayi belajar cara menendang dan meraih. Beberapa play gym juga dilengkapi dengan tombol musik yang dapat membuat suasana bermain si Kecil semakin seru.

Play gym juga dapat dibawa-bawa saat bepergian sehingga saat si Kecil rewel, tinggal letakkan saja ia di play gym dan ajak bermain. Menarik bukan?

4. Soft book

4. Soft book
Pinterest.com/WorldDealBuy

Salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa Mama dan Papa lakukan bersama si Kecil adalah membaca buku. Ada banyak sekali manfaat dari kegiatan membaca buku, salah satunya adalah membantu si Kecil mempelajari banyak sekali kosakata baru dari Mama dan Papa.

Selain itu, membaca buku bersama bayi juga dapat melatih penglihatannya. Sebab, saat membaca buku, bayi melihat banyak sekali gambar dan warna.

Maka dari itu, pilihlah buku untuk bayi yang dipenuhi dengan gambar-gambar berwarna kontras untuk menambah minat si Kecil. Misalnya seperti soft book yang juga mudah digenggam si Kecil, sehingga bisa melatih kemampuan motorik halusnya.

5. Stacking toys

5. Stacking toys
Pinterest.com/Babyshop.com

Mama mungkin sudah tidak asing lagi dengan mainan yang satu ini. Mainan ini disebut dengan stacking toys atau mainan susun.

Mainan ini dimainkan dengan cara menyusun benda yang berbentuk seperti donat, dari ukuran terbesar hingga terkecil. 

Dengan mainan ini, Mama bisa mengenalkan ukuran dan warna pada si Kecil sejak dini. Selain itu, mainan ini juga dapat melatih koordinasi tangan dan matanya.

6. Musical dolls

6. Musical dolls
Amazon.com

Menambahkan elemen musik pada mainan si Kecil bisa menjadi ide bagus, Ma. Pasalnya, musik diketahui dapat melatih keseimbangan otak kiri dan otak kanan. Selain itu, musik juga dapat mendukung keterampilan kognitif bayi. 

Mama bisa menyediakan mainan berupa boneka yang bisa mengeluarkan musik saat ditekan. Jenis mainan seperti ini juga sangat nyaman untuk dipeluk dan menjadi teman tidur si Kecil.

Nah, itu dia 6 mainan yang cocok untuk menunjang perkembangan bayi 4-6 bulan. Tampak menyenangkan untuk si Kecil, bukan?

Banyak sekali jenis mainan seperti 6 mainan di atas yang bisa Mama beli di e-commerce maupun toko offline. Semoga informasi ini membantu ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk