6 Manfaat Membawa Bayi Baru Lahir ke Luar Rumah

Sinar matahari memberi manfaat untuk bayi

30 Mei 2021

6 Manfaat Membawa Bayi Baru Lahir ke Luar Rumah
Pexels/Tatiana Syrikova

Mama, ternyata tidak selalu berbahaya membawa bayi baru lahir ke luar rumah atau yang biasa dilakukan setiap pagi adalah berjemur. Saat lahir, tentunya bayi masih dalam kondisi yang sangat sensitif karena fungsi kulit, indra, organ, dan sistem tubuh lainnya masih belum bekerja secara maksimal.

Sensitifnya organ tubuh bayi ini membuat sebagian orangtua khawatir jika si Kecil terkena gangguan kesehatan. Hal inilah yang menumbuhkan sikap posesif dan akhirnya menolak untuk membawa bayi ke luar rumah. 

Padahal sebaliknya, jika orang tua membawa bayi jalan-jalan ke luar rumah akan memberikan dampak positif saat terkena sinar matahari pagi. Tidak hanya itu, mengajak si Kecil bepergian dapat menumbuhkan minat lho, Ma. Mama bisa mengajaknya jalan-jalan saat memasuki usia tiga minggu, minimal sudah mendapat satu jenis imunisasi serta dalam keadaan sehat. Lalu, apa saja manfaat lainnya yang bisa didapatkan saat membawa bayi ke luar rumah?

Berikut Popmama.com rangkum manfaat membawa bayi baru lahir ke luar rumah. Yuk, Ma disimak!

1. Mendapat Vitamin D

1. Mendapat Vitamin D
Pexels/yankrukov

Salah satu hal penting yang diperoleh bayi saat pergi ke luar rumah adalah Vitamin D. Karena Vitamin D dipercaya memberikan efek yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Namun, jangan lupa ya, Ma, batasi paparan sinar matahari langsung pada si Kecil. Usahakan saat membawa bayi ke luar, Mama harus menggunakan stroller dengan peneduh agar bayi tidak mendapatkan sinar matahari langsung.

Hindari penggunaan tabir surya juga karena tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia enam bulan. Mama juga dianjurkan untuk membawa stok popok di dalam tas, pakaian ekstra, dan perlengkapan lainnya untuk kebutuhan bayi.

2. Meningkatkan perkembangan fisik

2. Meningkatkan perkembangan fisik
Pexels/tatianasyrikova

Sejak bayi mama lahir hingga usia dua tahun mereka masuk ke dalam tahap sensorimotor. Tahap tersebut ditandai dengan adanya pertumbuhan, perkembangan, dan pembelajaran yang ditekankan oleh pengalaman sensorimotorik yang dimiliki oleh bayi.

Membawa bayi keluar rumah dapat meningkatkan perkembangan fisik mereka saat mereka berinteraksi dengan dunia luar seperti mengenal alam, bau, dan angin hingga keramaian di sekitar.

Editors' Picks

3. Meletakkan dasar untuk belajar

3. Meletakkan dasar belajar
Pexels/tatianasyrikova

Sama seperti ke luar rumah membantu perkembangan fisik bayi yang baru lahir, hal itu juga mampu meletakkan dasar untuk belajar. Karena semakin banyak bayi berinteraksi dengan lingkungan, maka semakin banyak pula jumlah sinapsis yang terbentuk di otak mereka. Hal ini memungkinkan mereka untuk belajar dan mengembangkan keterampilan berpikir  mereka.

Selain itu, kepekaan dan kemampuan penglihatannya juga meningkat karena di luar ruangan bayi akan banyak melihat hal-hal baru. Tidak hanya itu, mengajak bayi ke luar rumah dapat mempererat hubungan orangtua dan bayi karena Mama bisa melakukan banyak komunikasi dengan si Kecil.

4. Mengembangkan keterampilan bahasa

4. Mengembangkan keterampilan bahasa
Pexels/yankrukov

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tahapan sensorimotor bayi menetapkan dasar untuk tahapan selanjutnya. Memaparkan bayi yang baru lahir ke berbagai rangsangan setiap hari dapat mendorongnya untuk lebih banyak merespons sensorimotorik mereka. Pengalaman sensorimotor ini juga membantu mengembangkan keterampilan bahasa pada bayi yang baru lahir.

5. Menciptakan pola tidur yang sehat

5. Menciptakan pola tidur sehat
Pexels/william-fortunato

Cahaya matahari berperan penting dalam pola tidur dan itu berlaku untuk bayi baru lahir sekalipun. Sebagai orangtua baru, mungkin Mama merasa kesulitan menemukan waktu tidur yang tepat untuk si Kecil. Menurut sebuah penelitian di University of Liverpool, memberi bayi sinar matahari pada siang hari dapat memastikan mereka tidur nyenyak di malam hari. 

6. Menangkal penyakit

6. Menangkal penyakit
Pexels/yankrukov

Bayi belum memiliki sistem daya yahan tubuh yang sempurna. Namun, dengan cara mengekspos bayi ke luar ruangan mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menangkal penyakit.

Jika bayi mama dalam kondisi sehat, maka tidak ada risiko membawanya ke luar rumah. Namun, Mama harus menghindari membawa bayi di tempat ramai karena meningkatkan risiko bersentuhan dengan seseorang yang sakit. 

Ternyata ke luar rumah tidak hanya membawa manfaat bagi bayi saja, tetapi juga untuk Mama karena cara tersebut membantu melawan depresi pascapersalinan.

Nah, itulah informasi mengenai manfaat membawa bayi ke luar rumah. Semoga bermanfaat ya Ma! 

Baca juga

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.