Lucu dan Bermanfaat, Ide Kado untuk Bayi yang Berumur di Bawah 1 Tahun

Butuh ide untuk hadiah si Kecil, Ma?

30 Maret 2021

Lucu Bermanfaat, Ide Kado Bayi Berumur Bawah 1 Tahun
Pexels/Pixabay

Kelahiran bayi adalah momen yang membahagiakan, tidak hanya untuk orangtua, tapi juga untuk keluarga dan kerabat. Untuk merayakan momen ini, keluarga dan kerabat biasanya memberikan kado spesial untuk si Kecil.

Namun saat memilih kado, kamu mungkin memiliki beberapa pertimbangan agar dapat memberikan hadiah yang terbaik.

Berikut beberapa kriteria untuk kado bayi:

  • Memiliki nilai permainan yang baik, jadi bermanfaat untuk perkembangan bayi.
  • Awet dan mendukung perkembangan bayi.
  • Benda-benda yang diperlukan untuk perawatan bayi.

Untuk membantu Mama, Popmama.com memberikan ide kado yang dapat diberikan untuk bayi yang berumur di bawah satu tahun. Apa saja ya?

1. Matras bermain berwarna cerah atau bergambar hewan

1. Matras bermain berwarna cerah atau bergambar hewan
Freepik/alenaphoto

Memberi kado tidak harus yang dapat digunakan saat itu juga. Salah satu alternatif kado yang bisa diberikan pada bayi adalah matras mainan bayi yang dapat digunakannya saat mulai belajar berguling atau merangkak.

Pilihlah matras dengan warna yang cerah dan terbuat dari bahan lembut, serta bertema ceria seperti hewan atau  tokoh kartun.

2. Sepatu

2. Sepatu
Freepik

Sepatu bisa jadi salah satu pilihan tepat untuk dijadikan kado. Pilihlah dari bahan yang lentur dan empuk dengan kualitas yang baik sehingga tidak akan membuat kulit bayi iritasi.

Sepatu beserta kaos kaki dapat bermanfaat untuk menjaga kaki bayi agar tetap hangat saat bepergian.

3. Mainan

3. Mainan
Freepik/pch.vector

Memberikan hadiah soft toy atau teether dengan tema dunia hewan yang terbuat dari bahan yang lembut dan empuk akan membuat bayi senang, terutama di fase ia mulai belajar untuk memegang barang dengan tangannya.

Teether dapat membantu bayi mengurangi rasa sakit di gusi saat mulai tumbuh gigi nanti.

Editors' Picks

4. Selimut bayi

4. Selimut bayi
Pexels/Dipu Shahin DS

Selimut bayi biasanya dihadiahkan kepada bayi yang baru lahir. Saat ini sudah banyak variasi selimut bayi yang didesain khusus, misalnya selimut bayi dengan nama atau pun dicetak dengan foto wajah sang Bayi. Wah, bisa jadi hadiah yang tidak terlupakan nih, Ma!

5. Alat musik mungil

5. Alat musik mungil
Freepik/joaquincorbalan

Alat musik untuk bayi memiliki peran yang baik untuk perkembangannya. Dengan bermain alat musik, bayi melatih pendengaran dan motoriknya, Ma. Meski mereka belum mengenal nada, ini merupakan latihan yang baik untuk perkembangannya.

Sekarang banyak dijual alat musik mungil dengan aneka warna menarik untuk bayi dan balita. Cocok untuk dijadikan kado bagi si Kecil kesayangan.

6. Buku cerita

6. Buku cerita
Freepik/Racool_studio

Membacakan buku cerita sejak dini memberikan banyak manfaat bagi bayi, salah satunya untuk memperkaya kosakata bayi. Momen membacakan buku cerita juga bisa menjadi sarana bonding untuk orangtua dan si Kecil.

Kamu dapat memberikan buku cerita dari kain atau yang memiliki halaman tebal yang tidak mudah rusak.

7. Baju bayi

7. Baju bayi
Freepik/Freephoto

Memberi kado baju sudah pasti bermanfaat bagi bayi yang baru dilahirkan. Mama bisa memilih baju bayi kasual dengan model yang sederhana dan terbuat dari bahan yang nyaman dipakai sehingga dapat dipergunakan untuk pakaian sehari-hari.

Sebaiknya pilih ukuran baju yang sedikit lebih besar agar masa pakainya lebih panjang karena umumnya bayi cepat bertumbuh. 

8. Balok warna-warni

8. Balok warna-warni
Freepik/Dashu83

Bayi telah memiliki kemampuan menggenggam sejak lahir. Namun, seiring dengan perkembangan usianya, bayi akan mengalami perkembangan kemampuan tersebut hingga usia satu tahun.

Untuk mendukung perkembangannya memberikan kado berupa balok warna-warni merupakan pilihan yang tepat untuk mendukung koordinasi antara mata dan tangannya. Balok ini dapat menjadi sarana latihan memperkuat kemampuan jari dan tangan bayi. 

Nah, itu beberapa ide hadiah yang dapat diberikan pada bayi yang berumur di bawah satu tahun. Selamat berbelanja!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.