Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Gejala dan Penyebab Adanya Benjolan pada Payudara Bayi

Cari tahu penyebabnya untuk menghindari masalah kesehatan yang serius, Ma!

27 November 2022

Gejala Penyebab Ada Benjolan Payudara Bayi
Freepik/user18526052

Benjolan di payudara bayi sering terjadi pada bayi yang baru lahir dan biasanya tak berbahaya. Benjolan biasanya terletak di bawah puting pada salah satu atau kedua payudara, dan dapat terjadi pada bayi laki-laki ataupun perempuan.

Dalam beberapa kasus, benjolan payudara pada bayi dapat hilang tanpa memerlukan pengobatan. Namun, jika benjolan ini tidak hilang, Mama perlu berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari masalah kesehatan yang serius pada si Kecil.

Berikut Popmama.com merangkum gejala dan penyebab adanya bejolan pada payudara bayi. Yuk, cari tahu, Ma!

Penyebab Adanya Benjolan pada Payudara Bayi

Penyebab Ada Benjolan Payudara Bayi
Freepik/yanalya

Terdapat beberapa faktor penyebab adanya bejolan pada payudara bayi, yaitu:

  • Perubahan hormon ibu

Selama kehamilan, terjadi peningkatan kadar hormon estrogen dan berpengaruh pada bayi di dalam rahim. Efek hormon tersebut dapat berpengaruh pada bayi dan bertahan hingga lahir yang menyebabkan terjadinya benjolan pada payudara bayi, Ma.

Selama kehamilan mama juga akan menalami peningkatan hormon prolaktin. Hormon prolaktin berfungsi untuk membantu mempersiapkan produksi ASI yang bagus. Hormon prolaktin juga berpengaruh pada bayi di dalam rahim yang menyebabkan adanya benjolan setelah lahir.

  • Premature thelarche

Premature thelarche atau perkembangan payudara prematur adalah kondisi payudara seorang perempuan yang mulai berkembang sebelum berusia 8 tahun. Bayi biasanya mengalami isolated premature thelarce, yaitu pembesaran payudara pada bayi tanpa disertai tanda pubertas dini.

  • Obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan tertentu selama kehamilan dapat menyebabkan peningkatan hormon. Hormon-hormon tersebut dapat berpengaruh pada bayi di dalam rahim dan menyebabkan pembentukan benjolan pada bayi. Hal tersebut terjadi akibat efek samping obat yang dikonsumsi selama kehamilan.

  • Infeksi dan kelainan

Dalam beberapa kasus, infeksi dan kelainan dapat menyebabkan adanya benjolan payudara pada bayi. Terdapat penyebab benjolan payudara pada bayi yang tidak umum seperti masalah pada sistem saraf pusat, kelainan genetik, dan tumor payudara.

Selain itu, bakteri Staphylococcus dan Streptococcus merupakan penyebab utama yang mengakibatkan benjolan pada bayi. Bayi dengan benjolan di payudara akibat infeksi bakteri umumnya akan menunjukkan gejala lain, seperti demam, rewel, dan lesu.

  • Kelainan bawaan

Sebagian bayi mungkin mengalami kelainan bawaan pada payudara. Hal tersebut dapat menyebabkan payudara membesar pada bayi. Dalam kasus yang parah, bayi lahir dengan tumor payudara jinak atau deformasi vaskular yang menyebabkan paayudara telihat bengkak.

Gejala Benjolan pada Payudara Bayi

Gejala Benjolan Payudara Bayi
Freepik/PV Productions

Benjolan pada payudara bayi merupakan hal yang normal. Namun, terdapat beberapa penyebab benjolan pada payudara bayi yang diakibatkan infeksi bakteri dan akan menimbulkan gejala sebagai berikut:

  • Demam.
  • Lebih rewel dari biasanya.
  • Terlihat lesu dan lelah.
  • Mengeluarkan cairan berwarna dan berbau dari puting bayi.
  • Payudara berwarna kemerahan.

Berkurangnya benjolan pada payudara bayi dapat dilihat dari beberapa faktor, seperti penyebab, tingkat keparahan,  dan apakah kondisi tersebut memerlukan pengobatan atau tidak.

Kapan Harus ke Dokter?

Kapan Harus ke Dokter
Freepik/Yanalya

Umumnya, benjolan pada payudara bayi dapat hilang dalam beberapa minggu. Namun, apabila tak kunjung mereda dalam beberapa minggu dan mengalami bebeapa indikasi lain di bawah ini,  segera pergi ke dokter, Ma.

  • Benjolan tidak mereda setelah dua minggu.
  • Benjolan semakin membesar.
  • Terdapat kemerahan pada payudara dan bengkak.
  • Puting mengeluarkan nanah.
  • Bayi sering gatal pada bejolan payudara.
  • Bayi mengalami tanda-tanda infeksi.

Biasanya dokter akan melakukan tes, seperti tes darah, mammografi, dan magnetic resonance imaging (MRI), tergantung pada tingkat keparahan tanda dan gejala yang dialami si Kecil.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai gejala dan penyebab adanya bejolan pada payudara bayi. Selalu jaga kebersihan bayi dan lingkungan sekitar agar bayi terhindari dari bakteri, ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk