Ditinggal Sejenak, Tangan Bayi Putus Digigit Anjing Pamannya

Bayi usia tujuh hari di Malaysia digigit anjing saat ditinggal di ruang tamu rumahnya sendiri

14 September 2020

Ditinggal Sejenak, Tangan Bayi Putus Digigit Anjing Pamannya
freepik.com/etajoefoto

Kejadian mengerikan terjadi di Bachang, Melaka, Malaysia pada pekan lalu. Diberitakan, karena bayi ditinggal sendirian dekat pintu ke luar membuat tangannya digigit anjing hingga putus.

Kejadian ini menimpa sang Bayi ketika ia ditinggal sebentar oleh saudara mamanya (bibi) ke kamar mandi untuk menyiapkan air mandi bayi tersebut. Sementara itu Mama si Bayi sedang beristirahat di lantai dua rumah ini.

Kondisi bayi tersebut memprihatinkan saat ditemukan.

Bagaimana informasi lengkap mengenai bayi yang digigit anjing ini? Berikut Popmama.comrangkum informasi lengkapnya.

1. Ditinggal sang Bibi untuk menyiapkan air mandi

1. Ditinggal sang Bibi menyiapkan air mandi
Pexels

Dilansir dari media Bernama dari Malaysia, Ketua Penyelidikan Kriminal Melaka ACP Mohd Nor Yhazid Idris mengungkapkan kejadian mengerikan yang dialami bayi ini terjadi pukul 09.00 pagi waktu setempat.

Bayi tersebut dijaga oleh sang Bibi karena mamanya sedang beristirahat di lantai dua rumah itu. Oleh sang Bibi, bayi itu diletakkan di pinggir pintu ke luar di atas bantal.

“Korban ditinggalkan di ruang tamu dekat pintu, lalu bibinya pergi sebentar untuk menyiapkan air untuk memandikannya," ujar Idris.

Ketika sang Bibi kembali, ia mendapati anjing milik suaminya sudah menggigit tangan keponakannya itu hingga berlumuran darah. Melihat kejadian itu, si Bibi pun panik dan berteriak kencang sehingga keluarga lain mendatanginya.

Editors' Picks

2. Tangan bayi putus dimakan anjing pamannya

2. Tangan bayi putus dimakan anjing pamannya
Freepik

Bayi berusia tujuh hari ini harus menerima kenyataan pahit, karena kehilangan tangan kanannya. Kondisi bayi saat sang Bibi melihat sudah memprihatinkan karena tangan kanannya telah dimakan anjing tersebut.

Melihat kondisi tangan bayi tersebut, keluarga pun langsung membawanya ke rumah swasta terdekat. Namun, RS tersebut meminta sebaiknya sang Bayi dirujuk ke RS Melaka.

"Korban langsung dibawa ke UGD untuk perawatan darurat, lalu kembali dirujuk ke RS Kuala Lumpur untuk mendapatkan perawatan oleh dokter spesialis," jelas Idris.

3. Anjing pamannya tidak dirantai

3. Anjing paman tidak dirantai
Pixabay/Lenka Novotná

Mengenai kasus ini, pihak berwajib sedang menjalani beberapa penyelidikan. Terlebih kalau anjing keluarga yang menggigit sang Bayi ternyata dibiarkan tanpa dirantai atau dikandang.

Oleh karenanya, dugaan kuat dari pihak berwajiib menyebut bahwa kasus ini adalah akibat kelalaian pemilik anjing.

Tips Anak Tetap Aman meski Punya Hewan Peliharaan

Tips Anak Tetap Aman meski Pu Hewan Peliharaan
Freepik/freepic.diller

Dari kejadian tersebut, kita sebagai orangtua perlu waspada menjaga keselamatan anak kita ya, Ma. Tentunya ini bisa menjadi pelajaran bagi semua orang agak tidak sembarangan meninggalkan anak sendirian apalagi jika punya peliharaan yang cukup besar.

Mengutip dari Animal League, berikut beberapa tips agar anak tetap aman ketika orangtua punya hewan peliharaan di rumah.

  • Jangan pernah meninggalkan anak kecil tanpa pengawasan dengan hewan peliharaan. Bahkan insiden kecil bisa terjadi ketika anak-anak dan hewan peliharaan yang dekat sekalipun.
  • Jangan pernah mendekatkan anak dengan hewan ketika dia makan, tidur, mengunyah mainan, atau merawat anak-anak hewannya yang masih muda.
  • Beri perlakuan yang lembut pada hewan peliharaan di rumah.
  • Jangan membuat suara keras atau gerakan tiba-tiba ketika mendekati hewan.
  • Minta bantuan orang lain sebelum mendekati hewan yang belum mengenal Mama atau Papa.
  • Jangan sentuh mata, telinga, hidung, mulut, atau alat kelamin hewan.
  • Hindari anak melakukan kontak dengan kotoran anjing atau kucing yang dapat menularkan penyakit.
  • Jangan biarkan anak menyentuh anjing atau berdiri di dekatnya ketika ia sedang sangat gembira (meloncat-loncat, bergerak aktif) atau ketika ia menggonggong pada seseorang atau sesuatu.
  • Pastikan anak-anak memahami bahwa hewan peliharaan adalah makhluk hidup yang harus dirawat dan dihormati. Hewan memiliki kebutuhan dan perasaan, dan mereka bergantung pada kita sebagai pengasuh mereka untuk memiliki ikatan yang kuat dan penuh kasih.

Itulah tadi berita mengenai bayi yang tangannya putus digigit anjing di Malaysia. Semoga kejadian tersebut tidak terulang lagi ya, Ma. Bagi Mama dan Papa yang memiliki hewan peliharaan di rumah tetap harus waspada ya dan selalu mengawasi anak dengan seksama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.