Curhat Chacha Frederica soal Bayi Perempuan yang Dibuang di Kendal

Bayi tersebut ditemukan dengan berat 1,8 kg dan panjang 48 cm

18 Mei 2021

Curhat Chacha Frederica soal Bayi Perempuan Dibuang Kendal
https://www.instagram.com/chafrederica/?hl=en

Artis Chacha Frederica baru-baru ini mengunggah di laman Instagram mengenai penemuan seorang bayi perempuan di akun Instagram pribadinya. Bayi mungil tersebut diketahui dibuang oleh orangtuanya sendiri. 

Chacha mengaku awalnya menerima laporan tentang penemuan bayi perempuan tersebut. Dia pun mengaku kaget ketika mengetahui informasi jika bayi itu sengaja dibuang oleh orangtuanya. 

Seperti apa curahan hati Chacha mengenai penemuan bayi perempuan di Kendal itu? Berikut Popmama.com rangkum ceritanya dilansir dari akun Instagram pribadi Chacha Frederica yang kini menjabat sebagai Ibu Bupati Kendal.

1. Ditemukan di dalam mobil yang terparkir

1. Ditemukan dalam mobil terparkir
Instagram.com/chafrederica

Chacha bercerita bahwa bayi mungil itu ditemukan di dalam mobil bak terbuka yang terparkir di rumah salah satu bidan di Kendal. Setelah ditemukan oleh bidan bernama Faruroh, bayi perempuan itu langsung dibawa ke Puskesmas Kendal. 

“Assalamualaikum, izin melaporkan pada tanggal 13 Mei 2021 pukul 05.00 ditemukan bayi perempuan diletakan di dalam mobil colt belakang terbuka yang di parkir di rumah bidan Faruroh, kemudian oleh bidan Faruroh dibawa ke Puskesmas Kendal 1,” tulis Chacha di akun Instagramnya. 

Editors' Picks

2. Kondisi bayi saat pertama kali ditemukan

2. Kondisi bayi saat pertama kali ditemukan
Instagram.com/chafrederica

Saat pertama kali ditemukan oleh sang bidan, kondisi bayi cukup mengkhawatirkan. Pasalnya, kulit bayi tampak kuning karena kekurangan minum dan darah yang masih mengucur dari tubuh bayi. 

Bayi tersebut ditemukan dengan berat 1,8 kg dan panjang 48 cm. 

“Kondisi kulit kuning di badan dan muka karena kekurangan minum dan darah masih keluar dari tubuh bayi karena tali pusar tidak diikat setelah dipotong," ujar Chacha. 

3. Bayi dirawat di bidan desa

3. Bayi dirawat bidan desa
Instagram.com/chafrederica

Bayi mungil itu langsung mendapatkan perawatan di puskesmas. Kini, bayi tersebut dirawat di rumah bidan desa di Kelurahan Candiroto. 

Menurut Chacha, bayi perempuan itu rencananya akan diadopsi oleh bidan desa yang belum diberi momongan setelah menikah selama 10 tahun. 

“Saat ini bayi mendapatkan donor ASI dan minum susu formula. Infonya mau diadopsi bidan desa karena yang bersangkutan belum diberi momongan setelah menikah 10 tahun,” kata Chacha. 

4. Kekecewaan Chacha kepada orangtua bayi

4. Kekecewaan Chacha kepada orangtua bayi
Instagram.com/chafrederica

Chacha pun mengungkapkan kekecewaannya terhadap sikap orangtua bayi yang tega membuang bayi tersebut. 

“Hey siapa kalian yang membuang bayi ini, anak itu anugerah Allah, terlepas anak ini lahir di dalam atau di luar pernikahan, apalagi anak-anak yangg lahir di luar pernikahan,” ucap Chacha. 

5. Memetik pelajaran dari peristiwa bayi yang dibuang

5. Memetik pelajaran dari peristiwa bayi dibuang
Instagram.com/chafrederica

Chacha berharap peristiwa bayi yang dibuang itu dijadikan pelajaran oleh setiap orangtua agar tidak menelantarkan anak. Sebab, menurut Chacha, masih banyak orangtua yang berharap kehadiran buah hati setelah menikah selama bertahun-tahun. 

“Banyak orang di luar sana termasuk saya dan suami, pengen punya anak, nunggu bertahun-tahun, ini ada rezeki anak di buang-buang,” ujar Chacha. 

Itulah curahan hati Chacha Frederica mengenai bayi yang dibuang oleh orangtuanya di Kendal. Semoga kejadian serupa tidak terulang lagi ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.