Bisa Bikin Gemas, Benarkah Lesung Pipi Bayi Bisa Dibuat Sendiri?

Mitosnya bawang merah bisa membuat lesung pipi bayi, benar nggak ya?

24 November 2020

Bisa Bikin Gemas, Benarkah Lesung Pipi Bayi Bisa Dibuat Sendiri
pinterest.com

Bayi yang mempunyai lesung pipi tampak lebih menggemaskan dibanding bayi lainnya, terutama saat mereka sedang tersenyum. Lesung pipi adalah lekukan pada permukaan wajah khususnya bagian pipi di samping bibir. 

Oleh karena itu, banyak orangtua yang ingin membuat lesung pipi pada anaknya agar terlihat lebih rupawan. Beberapa mitos yang beredar adalah bawang merah bisa membuat lesung pipi bayi secara alami. Caranya adalah dengan menggosok bawang merah secara memutar pada pipi bayi.

Lalu benarkah mitos tersebut? Benarkan lesung pipi bayi bisa dibuat sendiri? Berikut penjelasan dari Popmama.com.

Editors' Picks

Lesung Pipi Tidak Dapat Dibuat Sendiri

Lesung Pipi Tidak Dapat Dibuat Sendiri
Unsplash/Thomas Martinsen

Mama perlu tahu bahwa lesung pipi tidak dapat dibuat sendiri. Jadi, jangan mudah percaya dengan mitos-mitos seputar lesung pipi yang beredar di kalangan masyarakat. Faktanya banyak orangtua yang memang mencoba cara-cara alami untuk membuat lesung pipi seperti menggunakan bawang merah atau cabai. Namun, efeknya belum terbukti secara ilmiah. 

Mama perlu hati-hati dengan mitos yang beredar seperti menggunakan cabai bisa membuat lesung pipi. Pasalnya, cabai justru bisa membuat kulit si Kecil iritasi. 

Mengapa Bayi Bisa Memiliki Lesung Pipi?

Mengapa Bayi Bisa Memiliki Lesung Pipi
pinterest.com

Sebenarnya lesung pipi adalah kelainan otot wajah yang kemungkinan disebabkan oleh faktor genetik. Artinya, apabila Mama atau pasangan memiliki lesung pipi, maka anak mama berpotensi besar untuk memiliki lesung pipi juga. 

Bentuk lesung pipi tersebut disebabkan oleh otot zygomaticus yang membantu manusia membentuk ekspresi di wajah, khususnya saat tersenyum atau berbicara. Otot zygomaticus pada orang yang tidak memiliki lesung pipi akan terhubung sempurna dari tulang pipi hingga ujung bibir. Sebaliknya, orang yang memiliki lesung pipi artinya otot zygomaticus kemungkinan terbelah dua hingga menyebabkan terbentuknya lekukan di pipi. 

Lesung Pipi Bisa Dibuat Melalui Operasi

Lesung Pipi Bisa Dibuat Melalui Operasi
teninsider.com

Hanya ada sedikit orang yang memiliki lesung pipi, persentasenya sekitar 20 persen dari total seluruh manusia di bumi. Fakta lainnya adalah lesung pipi pada bayi bisa hilang seiring bertambahnya usia. Hal ini umumnya disebabkan tumpukan lemak pada wajah sehingga lesung pipi tidak terlihat. 

Apabila Mama ingin membuat lesung pipi, maka satu-satunya cara adalah melalui prosedur bedah plastik. Sebelum melakukan bedah plastik, dokter akan meminta pasien menentukan lokasi lesung pipi. 

Jadi, lesung pipi itu terbentuk secara alami ya, Ma. Apabila ingin memilikinya, maka hanya dapat dilakukan melalui prosedur bedah plastik ketika bayi mama sudah beranjak dewasa.

Persepsi orang tentang lesung pipi yang membuat wajah lebih rupawan tentunya belum sepenuhnya benar. Tanpa lesung pipi, si Kecil tetap terlihat menawan dan menggemaskan kok, Ma.

Nah, itulah informasi seputar lesung pipi pada bayi. Pastikan Mama selalu berkonsultasi dengan dokter atas setiap tindakan yang ingin Mama lakukan terhadap bayi.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.