Bisa Dilakukan sejak Dini, Simak 4 Manfaat Mengenalkan Buku pada Bayi

Mengenalkan buku kepada bayi sejak dini ternyata menyimpan banyak manfaat.

8 November 2020

Bisa Dilakukan sejak Dini, Simak 4 Manfaat Mengenalkan Buku Bayi
Pixabay.com/szymonpacek
Wah, Si Kecil ternyata jenius nih, Ma!

Bayi memang belum bisa membaca ataupun mengerti semua hal yang Mama lakukan. Namun, membangun ikatan antara Mama dan si Kecil bisa dilakukan sejak dini, salah satunya melalui buku. 

Si Kecil memang tidak dapat mengerti isi buku yang Mama bacakan atau makna gambar yang ditampilkan dalam buku. Meskipun begitu, mengenalkan dan membacakan buku kepada bayi sejak dini ternyata menyimpan banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan kemampuan otak bayi. 

Ketika Mama membacakan teks dengan keras kepada bayi, si Kecil bisa memerhatikan gerak bibir mama dan direkam dalam memorinya. Dilansir dari Kids Health, bayi yang sering dibacakan buku akan lebih tahu banyak kata pada usia dua tahun. 

Lalu apa saja manfaat lainnya? Berikut Popmama.com merangkum empat manfaat mengenalkan buku pada bayi sejak dini. 

1. Membantu kemampuan komunikasi 

1. Membantu kemampuan komunikasi 
Pixabay.com

Seperti dijelaskan sebelumnya, bayi bisa merekam kata-kata yang diucapkan Mama ketika mengenalkan buku. Oleh sebab itu, mengenalkan buku pada bayi bisa membantunya mengenal kosa kata sejak kecil. Bahkan, mengenalkan dan membacakan buku kepada si Kecil bisa membantu mengembangkan kemampuan komunikasi seiring bertambahnya usia. 

Editors' Picks

2. Membangun ikatan batin antara mama dan bayi

2. Membangun ikatan batin antara mama bayi
tesco-baby.com

Ketika Mama mengenalkan buku kepada bayi, maka Mama memiliki waktu lebih banyak untuk melihat tumbuh kembangnya. Mengenalkan buku bukan berarti Mama harus selalu membacakan isi buku, tapi cukup mengenalkan buku dan menjadikannya sebagai momen bermain bersama si Kecil. 

Momen tersebut dapat terekam sebagai kenangan indah bagi bayi, bahkan memperkuat ikatan emosional antara Mama dan si Kecil. Carilah waktu yang tepat untuk mengenalkan buku agar bayi tidak mudah bosan.

3. Menjadikan buku sebagai mainan

3. Menjadikan buku sebagai mainan
Preschool

Saat bayi berusia di bawah satu tahun, mereka membutuhkan lebih banyak mainan untuk dieksplorasi. Maka tak ada salahnya mengenalkan buku sebagai mainan edukasi si Kecil. 

Buatlah sesi bermain dengan buku menjadi lebih menyenangkan. Jangan lupa pilih buku yang sesuai dengan usia bayi untuk memudahkan si Kecil menggunakannya sebagai mainan. 

Saat bayi berusia 4-6 bulan, mereka cenderung menggunakan buku untuk dimakan, dipegang, maupun dikunyah. Oleh sebab itu, pilihlah buku berwarna cerah dan terbuat dari bahan kain. Sedangkan saat bayi berusia 6-12 bulan, mereka mulai menyukai gambar pada buku dan mulai merespon Mama yang sedang membacakan buku. 

4. Meningkatkan imajinasi

4. Meningkatkan imajinasi
staceyjanesnappycakes.com.au

Mengenalkan dan membacakan buku sejak dini dapat meningkatkan imajinasi bayi. Pasalnya, bayi mulai dikenalkan dengan kosa kata baru, huruf, angka, dan gambar. Mengenalkan buku juga memberikan bayi informasi tentang benda-benda di sekitar mereka. 

Nah, itulah empat manfaat mengenalkan buku pada bayi sejak dini. Poin terpenting yang juga harus diperhatikan saat mengenalkan buku pada bayi adalah pemilihan jenis buku dan waktu yang tepat. Tujuannya adalah bayi senang mengenal buku dan tidak mudah bosan. Selamat mencoba, Mama!

Baca juga : 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.