5 Alasan Orangtua Patut Bangga Anak Punya Hobi Baca Buku

Hobi yang menambah pengetahuan dan wawasan anak

15 Februari 2021

5 Alasan Orangtua Patut Bangga Anak Pu Hobi Baca Buku
Freepik/Ollyy

Selama di rumah, anak cenderung mengisi waktu dengan hobi kesukaannya. Hobi adalah kegiatan yang biasanya dilakukan anak untuk menghibur diri atau mencari kesenangan.

Setiap anak tentunya memiliki hobi yang berbeda-beda dan unik bisa mewarnai, bernyanyi, bermain, bahkan membaca. Meskipun hobi ini disukai banyak orang, namun membaca kerap dipandang sebelah mata.

Sebaiknya Mama jangan ikut meremehkan hobi membaca pada anak ya. Justru Mama harus bangga karena hobi anak yang satu ini.

Nah Ma, kali ini Popmama.com akan menjelaskan 5 alasan bahwa orangtua patut bangga jika anak punya hobi baca buku. Yuk simak di bawah ini:

1. Memiliki pengetahuan dan wawasan yang lebih banyak

1. Memiliki pengetahuan wawasan lebih banyak
Freepik/Artroomstudio

Anak yang tertarik dan memiliki hobi baca buku memiliki pengetahuan atau wawasan yang lebih banyak dibanding anak sesuasianya. Anak akan mendapatkan banyak pelajaran, contohnya seperti bahasa atau budaya.

Sehingga Mama dan Papa seharusnya turut bangga nih, karena anak jadi lebih cerdas dan tidak mudah dibodohi oleh orang lain.

Editors' Picks

2. Melatih untuk menggunakan otak dalam berpikir dan berimajinasi

2. Melatih menggunakan otak dalam berpikir berimajinasi
Freepik

Selain itu, anak yang memiliki hobi baca buku juga terbiasa menggunakan otaknya untuk berpikir. Karena dengan membaca buku, anak dapat berimajinasi untuk menggambarkan apa yang ia baca di bukunya.

Lalu anak juga akan jadi belajar untuk berpikir kritis sejak kecil, hal ini tentunya benar-benar baik untuk masa tumbuh kembangnya lho!

3. Memiliki jiwa yang begitu tulus dan memperlakukan orang lain dengan baik

3. Memiliki jiwa begitu tulus memperlakukan orang lain baik
Freepik/Pressfoto

Anak yang punya ketertarikan dan hobi membaca buku juga umumnya bakal peka dan peduli dengan sekitarnya. Meski mungkin tak terlalu aktif dalam sosial, namun anak memiliki jiwa yang begitu tulus dan selalu ingin memperlakukan orang lain dengan baik.

Karena dari berbagai macam buku yang ia baca, pasti ada banyak keadaan sosial yang dapat anak pahami dari sana.

4. Menjadi pribadi yang tenang, kalem, dan suka jauh dari keributan

4. Menjadi pribadi tenang, kalem, suka jauh dari keributan
Freepik/Pressfoto

Anak yang punya hobi baca, biasanya menjadi pribadi yang tenang. Mama tanpa harus repot-repot mendidiknya agar menjadi anak yang kalem. Pribadi yang tenang ini juga membuat anak menyukai lingkungan yang tenang dan jauh dari keributan.

Tak terlalu aktif energik seperti berlari-lari, melompat kesana kemari. Memiliki anak yang tenang dan mudah diatur merupakan keinginan dari setiap orangtua, bukan?

5. Menggunakan uang untuk membeli buku yang memberinya pengetahuan

5. Menggunakan uang membeli buku memberi pengetahuan
Freepik/Danal76

Yang tidak kalah pentingnya nih, Mama seharusnya bangga dan bahagia karena si Kecil justru tidak akan menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak penting atau sia-sia.

Namun, dipakai untuk beli buku yang memberinya pengetahuan serta kesenangan untuknya.

Apapun hobi yang dimiliki anak, selama berdampak positif bagi tumbuh kembangnya Mama dan Papa harus bangga.

Apalagi dengan 5 alasan diatas, justru Mama harus bangga dengan hobi membaca anak lho, karena banyak orangtua ingin anak nya punya hobi yang satu ini!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.