5 Rekomendasi Baby Class di Jakarta untuk Stimulasi Tumbuh Kembang

Baby class atau sekolah untuk bayi memang memiliki banyak manfaat

21 Februari 2021

5 Rekomendasi Baby Class Jakarta Stimulasi Tumbuh Kembang
Freepik/joaquincorbalan

Saat ini, banyak dibuka sekolah khusus bayi terutama di kota-kota besar. Sekolah di sini maksudnya bukan sekolah formal seperti pada umumnya. Kegiatan bayi di sekolah pun beragam dan menyenangkan seperti belajar merangkak, berjalan, melempar bola, bermain alat musik, hingga bermain bersama bayi-bayi lainnya. 

Sekolah sejak dini memang dianjurkan, namun semuanya bergantung pada perkembangan masing-masing bayi. Baby class atau sekolah untuk bayi memang memiliki banyak manfaat di antaranya melatih motorik bayi, melatih bersosialisasi, dan melatih kemampuan sensorik. 

Nah, bagi Mama yang berdomisili di Jakarta tentu memiliki banyak pilihan baby class. Untuk memudahkan Mama, Popmama.com akan merekomendasikan lima baby class di Jakarta yang dapat mendukung tumbuh kembang si Kecil. 

1. Canzona Music School

1. Canzona Music School
Freepik/odua

Bagi Mama yang ingin mengajarkan musik sejak dini kepada si Kecil, tak ada salahnya untuk mengikuti baby class di Canzona Music School. Sekolah yang berlokasi di Kencana Tower Business Park, Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini membuka sekolah musik untuk bayi mulai usia tiga hingga 18 bulan. 

Selama di sekolah, bayi akan diajarkan bagaimana cara bermain alat musik secara sederhana serta mendorong bayi berimajinasi dan mengembangkan kemampuan motoriknya. Perlu Mama ketahui bahwa Canzona Music School adalah satu-satunya sekolah musik untuk bayi di Indonesia. 

Untuk menjamin kesehatan bayi dan anak-anak, Canzona Music School mewajibkan para pengajar untuk menjalankan tes Covid-19 secara rutin. Mama juga dianjurkan menghubungi telepon 085921066441 untuk mengecek jam operasional setiap kelas. Pasalnya, jam operasional telah disesuaikan dengan aturan pemerintah selama PPKM untuk meminimalkan penyebaran virus corona. 

Editors' Picks

2. KindyROO Kemang

2. KindyROO Kemang
Freepik/Bearfotos

Bagi Mama yang berdomisili di daerah Kemang dan sekitarnya, maka bisa mencoba baby class di KindyROO di Kemang Square Lantai 3. Baby class ini menawarkan pengajaran untuk membantu Mama memahami perkembangan bayi mulai dari perkembangan fisik serta emosional. 

Kegiatan bermain dan belajar di sekolah ini dirancang untuk mengembangkan kemampuan motorik dan sensorik si Kecil. Bahkan, bayi berusia enam minggu sudah bisa mengikuti kegiatan di sekolah ini dengan pendampingan dari orangtua. 

Selama pandemi, KindyROO Kemang membuka kelas online atau tatap muka secara langsung. Mama bisa menghubungi telepon 085778383883 untuk mengetahui ketentuan mengikuti kelas secara tatap muka. Sementara itu, pembelajaran secara tatap muka akan dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan. 

3. Playfield Kid’s Academy

3. Playfield Kid’s Academy
Freepik/pch.vector

Sekolah bayi yang berlokasi di Jalan Srengseng Raya, Kembangan, Jakarta Barat ini cocok untuk bayi yang sedang aktif belajar dan mengeksplorasi. Sebab, sekolah ini mengajarkan bahasa dan kemampuan bersosialisasi sejak dini. 

Sekolah ini dibuka untuk bayi mulai usia enam hingga 18 bulan. Pengajarannya pun menggunakan bahasa Inggris dan Mandarin. Namun, tenang saja Ma, sekolah ini tetap mengutamakan kemampuan si Kecil untuk bergerak aktif dan mengeksplorasi hal-hal baru sesuai usianya.

Di masa pandemi Covid-19, para staf dan pengajar akan menjalani rapid test Covid-19 secara reguler. Protokol kesehatan juga diterapkan bagi murid dan pendamping yang ingin mengikuti kelas secara tatap muka, seperti pemeriksaan suhu dan menyediakan fasilitas cuci tangan. 

4. Rumah Alam Cilandak

4. Rumah Alam Cilandak
Freepik/freepic.diller

Mengajarkan si Kecil untuk mencintai alam dapat dilakukan sedini mungkin. Rumah Alam Cilandak adalah salah satu alternatif pilihan sekolah alam bagi Mama yang berdomisili di Jakarta, terutama daerah Cilandak, Jakarta Selatan. 

Sekolah alam di sini sudah dibuka untuk bayi berusia enam hingga 20 bulan. Bayi akan diajak bereksplorasi di luar ruangan dan mengenal hewan-hewan seperti burung dan ikan secara langsung. Untuk program baby class, Mama masih dapat mendampingi si Kecil, lho.

Sehingga sekolah ini bisa menjadi alternatif kegiatan bersama si Kecil selain bermain gadget atau jalan-jalan ke mal. 

Selama pandemi Covid-19, Mama bisa memilih untuk belajar secara tatap muka atau online. Bagi Mama yang memilih untuk mengikuti kelas secara langsung, maka Mama dan si Kecil wajib mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Sementara, bagi Mama yang memilih mengikuti kelas online, pembelajaran akan diunggah melalui website oleh para pengajar. 

5. Tiny Toes Academy

5. Tiny Toes Academy
Freepik/Yaoinlove

Tiny Toes Academy adalah prasekolah dan taman kanak-kanak yang berkomitmen untuk membantu perkembangan holistik bayi dan anak-anak. Berlokasi di Jalan Martimbang V nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Tiny Toes Academy menawarkan lingkungan multi-budaya yang menyenangkan. 

Sekolah ini akan mengajarkan bayi dan anak-anak untuk mengembangkan rasa percaya diri, melatih kreativitas, dan mendorong bayi untuk berani bereksplorasi. Untuk program Childcare, bayi akan diajarkan bagaimana cara mencintainya dan memberikan perhatian kepada sesama. Childcare sudah dibuka untuk bayi berusia tiga bulan hingga enam tahun. 

Sama seperti baby class lainnya, Tiny Toes Academy mengutamakan kesehatan bayi dan anak-anak yang mengikuti pembelajaran. Para pengajar telah menjalankan tes Covid-19 terlebih dahulu dan dipastikan hasilnya telah negatif. Tes Covid-19 dilakukan secara reguler untuk menjamin kesehatan para pengajar dan murid. Sementara itu, pembelajaran bisa dilakukan secara online atau tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Itulah baby class di Jakarta yang bisa mendukung tumbuh kembang si Kecil. Jadi, mana baby class favorit mama?

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.