Banyak Bayi Lahir Cacat di Prancis, Mama Dihimbau Hindari Makanan Ini!

Memilukan! Hingga saat ini dilaporkan angka bayi lahir tanpa lengan meningkat pesat di Prancis

2 November 2018

Banyak Bayi Lahir Cacat Prancis, Mama Dihimbau Hindari Makanan Ini
flickr.com/david d

Fenomena bayi lahir cacat di Prancis membuat banyak orang khawatir. Pemerintah kemudian bergerak cepat melakukan penelitian untuk mengungkap kasus ini.

Badan Kesehatan Masyarakat Prancis, Santé Publique, menyebut bahwa kasus bayi lahir tanpa tangan mungkin hanya kebetulan saja. Namun, para dokter dari organisasi penelitian Remera percaya bahwa risiko malformasi lengan pada janin sangat kecil terjadi pada kehamilan sehat. Oleh karena itu investigasi terhadap kasus-kasus tersebut perlu segera dilakukan.

Mengetahui bahwa masalah tersebut sudah menjadi momok di Prancis akhir-akhir ini, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa faktanya.

1. Penyebab bayi lahir tanpa tangan di Prancis

1. Penyebab bayi lahir tanpa tangan Prancis
maxpixel/canon eos 600d

Pemerintah Prancis mulai melakukan penyelidikan nasional untuk mengetahui mengapa bayi yang dilahirkan di beberapa bagian negeri itu lahir tanpa tangan atau lengan, dengan beberapa kasus baru dilaporkan terjadi minggu ini.

Menurut keterangan Kementerian Kesehatan Prancis, adanya laporan mengenai kelahiran bayi-bayi tersebut menimbulkan kekhawatiran bahwa ada racun dalam makanan, air, atau udara yang menjadi penyebabnya.

"Saya ingin mengetahui. Saya kira seluruh Prancis ingin mengetahuinya," ungkap Menteri Kesehatan Agnes Buzyn kepada BFM TV.

"Ini bisa jadi karena faktor lingkungan. Mungkin disebabkan apa yang dimakan, diminum, atau dihirup oleh para ibu hamil tersebut." tambahnya.

Selain itu, kelahiran cacat juga bisa disebabkan karena berbagai hal termasuk kelainan kromosom, penggunaan narkoba, atau terpapar bahan beracun.

Di akhir tahun 1950-an dan awal 1960-an, sekitar 10.000 bayi di seluruh dunia lahir cacat atau tidak memiliki tangan setelah ibu hamil mengonsumsi obat thalidomide yang digunakan untuk mengobati rasa mual di masa kehamilan.

Editors' Picks

2. Jumlah bayi yang terlahir tanpa tangan

2. Jumlah bayi terlahir tanpa tangan
Pexels/pixabay

Lembaga kesehatan publik Prancis, Sante Publique France, mengatakan mereka sudah menemukan 11 kasus tambahan bayi yang lahir tanpa tangan, antara tahun 2000 sampai 2014 di daerah pedesaan Ain di Prancis Timur yang berbatasan dengan Swiss.

Tujuh kasus dilaporkan terjadi di daerah itu antara tahun 2009 sampai 2014. Juga ada kelahiran yang tidak normal di 2 daerah di Prancis Barat, 4 di kawasan Morbihan di tahun 2011 sampai 2013, dan 3 kasus di kawasan Loire-Atlantique di tahun 2007 dan 2008. Kawasan Ain dan Loire-Atlantique terpisah dengan jarak ratusan kilometer.

Pencatatan di rumah sakit menunjukkan bahwa di Prancis, kelahiran bayi cacat tanpa tangan adalah 1.7 per 10.000 kelahiran atau sekitar 150 kasus per tahun. Angka ini dianggap sangat banyak karena sebelumnya nyaris tidak ada bayi lahir dengan cacat lengan. 

3. Laporan akan diumumkan pada akhir Januari mendatang

3. Laporan akan diumumkan akhir Januari mendatang
Pixabay/pictures with impact

Penyelidikan awal yang dilakukan awal Oktober menyebutkan bahwa insiden kelahiran bayi tanpa lengan dan tangan di Prancis Barat tidaklah lebih tinggi dibandingkan di tempat lain, namun sekarang penyelidikan nasional mulai dilakukan.

Menurut Menteri Buzyn, penyelidikan akan dilakukan kerjasama antara Dinas Kesehatan dengan Badan Lingkungan, Makanan dan Sanitasi.

Penyelidikan akan bertanya kepada para mama yang baru melahirkan bayi cacat dan mencoba mengerti apakah ada kesamaan diantara mereka.

"Hal ini sangat kompleks, maka dari itu kami harus menyelidiki sejarah keluarga dan dalam beberapa kasus sampai 10 tahun ke belakang," jelasnya.

Kesimpulan laporan akan diumumkan ke publik di akhir Januari, dan laporan lengkapnya akan dikeluarkan sekitar bulan Juni 2019.

4. Jenis-jenis makanan yang menyebabkan bayi lahir cacat

4. Jenis-jenis makanan menyebabkan bayi lahir cacat
flickr.com/guilhem vellut

Mengetahui bahwa ada begitu banyak spekulasi mengenai penyebab kelahiran bayi tanpa lengan atau tangan, maka dari itu sebagai orangtua yang siaga.

Mama juga perlu mengetahui beberapa jenis makanan yang berbahaya bagi janin dan berpotensi mengakibatkan cacat pada bayi. Berikut beberapa daftar makanan yang wajib dihindari mama saat hamil:

  • Daging deli

Daging deli adalah daging merah yang telah diolah atau diproses dan diiris tipis yang biasanya terdapat di burger, kebab, atau jenis makanan lainnya.

Daging deli telah diketahui terkontaminasi dengan bakteri Listeria, yang dapat menyebabkan keguguran. Listeria memiliki kemampuan untuk melewati plasenta dan dapat menginfeksi bayi.

Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi atau keracunan darah dan mungkin akan mengancam jiwa.

  • Makanan laut yang diasap

Seperti daging deli, makanan laut harus dihindari karena bisa terkontaminasi dengan bakteri Listeria. Terlebih, makanan diasap dapat juga menjadi karsinogen atau penyebab kanker.

  • Keju lunak

Ternyata tidak semua keju disarankan untuk dikonsumsi saat hamil. Keju lunak yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi, seperti fresco brie, feta, dan queso, ternyata mengandung bakteri E. coli, Listeria, Salmonella, atau Campylobacter.

Saat hamil, Mama haruslah mengonsumsi keju keras, seperti cheddar atau memastikan kejunya terbuat dari susu pasteurisasi.

Semoga penelitian yang dilakukan bisa mengungkap kasus ini! Nantikan berita lanjutannya di Popmama.com ya!

Baca juga: 5 Macam Penyebab Bayi Lahir Cacat

Baca juga: Inilah Cara Mencegah Bayi Lahir Cacat

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.