5 Macam Penyebab Bayi Lahir Cacat

Mama harus menghindari hal ini untuk mengurangi risiko bayi lahir cacat

23 Agustus 2018

5 Macam Penyebab Bayi Lahir Cacat
Pexels/Wayne Evans

Setiap orangtua tentu ingin memiliki bayi yang sehat tanpa ada kekurangan sedikit pun. Tapi sayang, ada sebagian orangtua yang harus menerima dengan lapang kondisi bayi yang dilahirkannya karena bayi terlahir cacat.

Kondisi bayi lahir cacat bisa disebabkan karena berbagai macam hal Ma. Faktor genetik dan faktor kelainan kromosom mungkin bisa menjadi penyebab, namun hal lainnya juga bisa meningkatkan risiko lahir cacat.

Mama ingin tahu apa saja penyebab bayi lahir cacat lainnya? Ini dia Ma!

1. Mengalami infeksi saat hamil

1. Mengalami infeksi saat hamil
Freepik/Bearfotos

Infeksi yang terjadi selama kehamilan rupanya dapat menyebabkan bayi lahir cacat. Mama yang terinfeksi sindrom rubella saat hamil kurang dari 5 bulan, terbilang lebih berisiko untuk melahirkan bayi cacat.

Kondisi yang dikenal dengan sebutan sindrom rubella kongenital ini dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi dengan kondisi alami katarak, menderita penyakit jantung bawaan, mengalami keruskan otak atau tuli.

Baca juga: Penyebab, Pengobatan, dan Ciri Infeksi Saluran Kencing Saat Hamil Tua

Baca juga: Macam-Macam Infeksi Saat Hamil yang Bisa Membahayakan Bayi

Editors' Picks

2. Terpapar asap rokok

2. Terpapar asap rokok
Pexels/ Vojtech Okenka

Meski tak merokok, Mama juga harus menghidari paparan asap rokok sebisa mungkin. Sebab asap rokok terbilang jahat dan dapat memengaruhi kesehatan janin dalam kandungan.

Sebab dalam rokok dan asapnya terkandung zat berbahaya yang mungkin dapat menyebabkan bayi lahir cacat. Jadi, segera pergi ke tempat lain ya Ma jika ada orang yang merokok.

Baca juga: Paparan Asap Rokok pada Ibu Hamil Picu Gangguan Pendengaran pada Bayi

3. ‘Tercemar’ alkohol

3. ‘Tercemar’ alkohol
pexels/Bruce Mars

Jika Mama merasa tubuh tetap baik-baik saja saat mengonsumsi alkohol, harap berpikir ulang. Tubuh Mama mungkin terbilang kuat, namun berbeda dengan janin dalam kandungan.

Saat Mama mengonsumsi minuman beralkohol, maka alkohol yang Mama konsumsi bisa menembus plasenta dan “terhirup” bayi dalam kandungan.

Dalam tubuh bayi, kandungan alkohol terbilang tidak dapat dipecah di hati karena hati bayi masih dalam tahap perkembangan sehingga belum dapat memecah alkohol dengan baik.

Nah, apabila dalam tubuh bayi terkandung alkohol dalam jumlah yang tinggi, risiko bayi lahir cacat akan semakin besar. Mama bahkan bisa mengalami keguguran lho!

4. Kekurangan asupan vitamin B9 atau asam folat

4. Kekurangan asupan vitamin B9 atau asam folat
Pexels/Foodie Factor

Mama memang harus memastikan kebutuhan asam folat tercukupi dengan baik selama kehamilan. Sebab, asam folat terbilang penting dalam menunjang tumbuh kembang bayi dalam kandungan termasuk mencegah bayi lahir cacat.

Sebab kekurangan asupan asam folat pada perempuan hamil bisa menyebabkan bayi lahir cacat tabung saraf.

5. Konsumsi obat tertentu

5. Konsumsi obat tertentu
Freepik/Onlyyouqj

Saat hail, Mama memang tidak boleh mengonsumsi sembarang obat. Sebab, apapun yang Mama minum, dapat berpengaruh terhadap kondisi janin dalam kandungan. Beberapa obat tertentu, bahkan bisa menyebabkan bayi lahir cacat lho Ma.

Itulah 5 penyebab bayi lahir cacat yang umum terjadi. Jadi jangan lupa konsultasikan kepada dokter mengenai obat apapun yang Mama konsumsi dan rutin melakukan pemeriksaan selama kehamilan ya, Ma. 

Baca juga: Inilah Cara Mencegah Bayi Lahir Cacat

Baca juga: Ini yang terjadi pada Ibu Hamil ketika Mengonsumsi Vitamin Prenatal

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk