Mana yang Lebih Baik untuk Bayi, Bedong atau Sleep Sack?

Memiliki fungsi yang cukup sama, lebih baik menggunakan bedong atau sleep sack pada bayi?

12 Februari 2024

Mana Lebih Baik Bayi, Bedong atau Sleep Sack
Freepik/pvproductions

Bedong adalah salah satu perlengkapan bayi yang dipercaya dapat memberikan dan menjaga kehangatan  tubuh bayi. Bedong biasa digunakan dengan cara membungkus tubuh si Kecil dengan kain lembut.

Selain bedong, belakangan ini muncul perlengkapan bayi baru yang juga digunakan ketika si Kecil tertidur. Perlengkapan ini dikenal dengan nama sleep sack. Memiliki bentuk yang mirip dengan bedong, ternyata keduanya memiliki perbedaan, lho!

Berikut ini Popmama.comakan mengulas perbedaan penggunaan bedong dan sleep sack. Yuk, cari tahu perbedaanya, Ma!

Bedong dan Kegunaannya

Bedong Kegunaannya
Freepik/azebaijan_stockers

Secara singkat, bedong adalah kain penutup dengan material ringan yang diikatkan di sekeliling tubuh bayi. Pemasangannya biasa dilakukan ketika bayi berada dalam posisi berbaring. Memasangkan bedong dapat mencegah timbulnya refleks moro.

Refleks moro adalah sebuah refleks kaget yang biasa menyebabkan lengan bayi terangkat ke atas, sehingga serin gkali dapat membangunkannya tanpa Mama sadari. Bedong juga dapat membuat bayi merasa nyaman jika dilakukan dengan benar.

Meski mampu memberikan kehangatan dan kenyamanan bagi bayi, beberapa ahli juga berpendapat bahwa bedong juga dapat sebabkan bayi alami kesulitan untuk tidur. Sebab, bayi tidak dapat leluasa memosisikan tangannya.

Sleep Sack dan Manfaatnya untuk Bayi

Sleep Sack Manfaat Bayi
adminicesm.life

Sleep sack adalah selimut yang dapat dikenakan dengan ritsleting di bagian depan. Beberapa tipe sleep sack bahkan memiliki lubang untuk meletakkan lengan bayi. Alat ini adalah alternatif yang baik untuk bayi yang tidak suka dibedong.

Beberapa orangtua juga mungkin lebih memercayai sleep sack ketimbang bedong untuk dipakaikan pada bayi karena penggunaanya lebih mudah dan sudah dipastikan keamanannya. Mama cukup memakaikannya dengan menarik ritsleting pada bagian depan sleep sack.

Bagi Mama yang khawatir menggunakan bedong yang sewaktu-waktu dapat terlepas dan menghalangi pernapasan bayinya, mungkin menggunakan sleep sack akan memberikan keamanan dan kenyamanan yang pasti bagi Mama dan si Kecil.

Terlebih, jika si Kecil sudah memasuki usia 8 minggu dan sudah mulai mencoba untuk berguling, maka Mama sebaiknya berhenti untuk membedongnya demi alasan keamanan. Sebab jika tidak, bayi yang berguling dengan bedong akan rentan terjebak dan dapat mengganggu pernapasannya.

Untuk tipenya sendiri, sleep sack memiliki banyak model yang berbeda-beda. Ada sleep sack dengan ritsletinguntuk memudahkan proses mengganti popok, serta ada juga sleep sack dengan model zip-up yang berbentuk seperti tas yang menutupi seluruh tubuh si Kecil.

Beberapa tipe sleep sack juga dilengkapi dengan kantong kaki yang berbentuk seperti celana, sehingga kehangatan kaki bayi akan lebih terjaga tanpa harus mengganggu pergerakan kakinya saat tidur.

Oleh karena itu, sleep sack mungkin dapat menjadi alternatif yang dapat memudahkan Mama untuk bertransisi dari penggunaan bedong pada bayi.

Mana yang Lebih Baik untuk Bayi, Bedong atau Sleep Sack?

Mana Lebih Baik Bayi, Bedong atau Sleep Sack
Freepik/user18526052

Baik bedong maupun sleep sack adalah pilihan perlengkapan bayi yang berfungsi untuk menjaga bayi tetap hangat dan nyaman selama mereka tidur. Bedong menawarkan rasa hangat dan nyaman pada bayi, serta dapat membantunya untuk tidur lebih lama.

Namun, dalam mengaplikasikannya pada bayi, Mama mungkin membutuhkan kesabaran dan juga pengetahuan yang ekstra agar bedong yang dibuat aman dan tidak mengganggu bayi saat tertidur.

Sedangkan sleep sack tidak hanya menawarkan kemudahan dalam penggunaanya, tetapi juga memastikan keamanan bagi bayi saat menggunakannya. Terlebih ketika bayi sudah berusia lebih dari 8 bulan dan sudah mulai belajar berguling.

Beralih dari bedong ke sleep sack mungkin tidak mudah bagi sebagian orangtua dan bayi, namun melansir Verywell Family, hal ini akan sangat bermanfaat bagi keselamatan si Kecil saat tidur. Sebab, keamanan dalam menggunakan sleep sack lebih terjamin dibandingkan bedong.

Semua dikembalikan lagi pada preferensi orangtua dan kenyamanan si Kecil. Jika dirasa menggunakan bedong memberikan banyak manfaat dan juga kenyamanan pada bayi, maka tidak ada salahnya menggunakan bedong selama Mama dapat memasangkannya dengan baik.

Namun, jika Mama dan Papa memilih menggunakan sleep sack dengan alasan keamanan, maka pilihlah tipe sleep sack yang sesuai dengan kebutuhan dan juga kondisi si Kecil.

Itu tadi ulasan terkait dengan bedong atau sleep sack. Jadi, sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan si Mama dan Kecil, ya!

Baca juga:

The Latest