Benarkah Menyusu dengan Botol Menyebabkan Bayi Kelak Menjadi Kidal?

Ini mitos atau fakta ya?

14 Februari 2019

Benarkah Menyusu Botol Menyebabkan Bayi Kelak Menjadi Kidal
Freepik

Satu dari 10 orang di dunia ini terlahir dengan tangan dominan kiri alias bertangan kidal. Meskipun kidal sebagian bersifat genetis, penelitian baru menemukan bahwa pemberian susu dengan botol selama sembilan bulan pertama kehidupan bayi dapat mengakibatkan bayi menjadi kidal.

Simak ulasan berikut.

1. Penelitian terhadap 62.219 ibu dan bayi

1. Penelitian terhadap 62.219 ibu bayi
Freepik/Yanalya

Breastfeeding adalah cara terbaik untuk memberi makan kepada bayi. Tetapi ada beberapa hal yang menyebabkan bayi diberi makan dengan menggunakan botol susu.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal “Laterality: Asymmetries of Body, Brain and Cognition”, mengamati 62.219 pasangan ibu dan bayinya yang diberi ASI melalui breastfeeding atau diberi susu botol. Hasilnya adalah prevalensi kidal lebih rendah di antara bayi yang disusui dengan breastfeeding dibandingkan dengan bayi yang diberi susu botol.

Editors' Picks

2. Cara menyusui berpengaruh

2. Cara menyusui berpengaruh
Freepik

Menurut Philippe Hujoel yang melakukan penelitian ini, menyusui mengoptimalkan proses yang dialami otak ketika memperkuat kewaspadaan.

Jadi, meskipun kewaspadaan agak ditentukan pada tahap janin, penelitian tersebut menemukan bahwa cara bayi diberi makan juga berperan dalam menentukan apakah mereka akan tumbuh menjadi seorang yang kidal atau yang kanan.

Selain itu, ditemukan bahwa semakin lama bayi disusui dengan breastfeeding (hingga 9 bulan), semakin besar kemungkinan mereka menjadi kidal akan berkurang jika dibandingkan dengan bayi yang diberi susu botol dalam sembilan bulan pertama.

3. Penelitian lain

3. Penelitian lain
pinterest.com/samniccole
Memulai MPASI bayi

Sedangkan penelitian lain dari University of Southampton memaparkan bahwa faktor nutrisi berpengaruh. Penelitian ini menganalisis 212 anak yang berusia 14-16 tahun. Hasilnya, anak-anak yang lahir dengan berat badan rendah di kelompok ini, banyak menggunakan tangan kirinya ketika beraktivitas.

Tim peneliti ini yakin bahwa berat badan saat lahir sangat berpengaruh pada kidal atau tidaknya seseorang.

4. Apa yang harus dilakukan?

4. Apa harus dilakukan
pexels.com
Aku bisa menulis dengan tangan kiri, lho!

Kebanyakan anak mulai menunjukkan kecenderungan penggunaan tangan kanan atau kiri saat berumur 2 atau 3 tahun. Sebaiknya jangan memaksakan anak perihal kecondongan penggunaan tangan mereka.

Memaksakan anak kidal menggunakan tanga kanan mereka tidak akan memberikan kesuksesan jangka panjang. Yang mungkin terjadi adalah anak menjadi bingung, tertekan, atau merasa tidak nyaman. Kenapa? Sistem saraf dan otaknya tidak dirancang untuk melakukan segala sesuatunya dengan tangan kanan.

Yang perlu dipahami dan dikomunikasikan ke anak bahwa kidal bukanlah kutukan atau kelainan. Dorong anak untuk menjadi percaya diri ya, Ma. Dalam hal ini, Mama bisa mengamati apa bakat dan kelebihannya dan dorong mereka untuk berkembang.

Orang kidal bahkan dikenal memiliki kemampuan untuk berpikir kreatif dan kritis. Hal ini akan memudahkan anak untuk memecahkan masalah baik di sekolah atau di rumah. Biasanya anak kidal memiliki imajinasi, kreativitas, dan pengendalian emosi yang lebih baik dibandingkan anak yang dominan menggunakan tangan kanan.

Baca juga: Wow, Ternyata Ini Fakta Keren Mengenai Anak Kidal!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.