Wow, Ternyata Ini 7 Fakta Keren Mengenai Anak Kidal!

Patut bangga jika Mama memiliki anak kidal

29 Agustus 2019

Wow, Ternyata Ini 7 Fakta Keren Mengenai Anak Kidal
Popsugar.com

Semenjak dulu, mungkin Mama sudah diajarkan untuk melakukan sesuatu dengan tangan kanan. Mulai dari menulis hingga makan.

Namun, apa jadinya jika saat ini Mama memiliki anak kidal? Akan sulit baginya untuk melakukan segala sesuatu dengan tangan kanan, bukan?

Belum lagi Mama harus menghadapi komentar negatif orang-orang yang tabu mengenai anak kidal.

Jangan pesimis Ma, anak kidal ternyata memiliki kelebihannya sendiri. Meskipun terkesan berbeda dengan anak-anak lain, namun ia tetap dapat bertahan dan berkarya dengan caranya sendiri kok.

Nah, agar Mama semakin yakin akan kelebihan dari anak kidal, kali ini Popmama.comakan memberikan 7 fakta menarik dan yang jarang diketahui oleh orang mengenai anak kidal.

Apakah anak mama akan menjadi salah satu dari daftar di bawah ini?

1. Kebanyakan anak kidal tumbuh menjadi seorang pemimpin negara

1. Kebanyakan anak kidal tumbuh menjadi seorang pemimpin negara
Pinterest.com/gossip nanopress

Dikutip dari redbookmag.com, 6 dari 12 Presiden AS terakhir adalah seorang kidal. Lebih mencengangkannya lagi, hanya ada 1 dari 10 orang dalam populasi umum yang dinyatakan kidal.

Tidak ada yang tahu pasti alasan seseorang dapat menjadi presiden. Tetapi satu studi dari Stanford menemukan bahwa, anak yang memiliki tangan kiri yang lebih dominan, maka ia akan memiliki pemikiran yang berbeda.

Dengan arti, mereka pandai mendapatkan ide-ide segar dari informasi yang ada. Tidak heran, jika keterampilan itulah yang dapat mengantarkannya menjadi seorang presiden.

2. Kebanyakan dari mereka berpeluang menjadi milioner

2. Kebanyakan dari mereka berpeluang menjadi milioner
Quora.com/Bin Jack

Sebut saja Steve Jobs pendiri Apple, Mark Zuckerberg penemu Facebook, hingga mantan orang terkaya di dunia Bill Gates, mereka semua kidal.

Lalu, apa hubungannya kidal dengan kekayaan seseorang? Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Experimental and Clinical Neuropsychology (JECN), menemukan bahwa kidal memiliki ciri-ciri utama yang terkait kepemimpinan, termasuk kontrol penghambatan dan operasi memori kerja.

Hal tersebutlah yang mungkin dapat membuat mereka lebih cocok untuk berbisnis dan menjadi seorang milioner.

Editors' Picks

3. Seorang kidal memiliki tingkat kreativitas yang tinggi

3. Seorang kidal memiliki tingkat kreativitas tinggi
Unsplash/aaron burden

Mama mungkin pernah mendengar bahwa orang kidal lebih kreatif daripada yang tidak kidal, dan mungkin ada benarnya juga pepatah lama tersebut!

Menurut penelitian JECN, anak kidal memiliki lebih banyak fleksibilitas mental. Seorang kidal lebih cenderung berpikir out-of-the-box dan menjadi kreatif. Sama halnya seperti beberapa selebritis Hollywood seperti Justin Beiber, Lady Gaga, Jon Stewart, dan Jerry Seinfeld.

4. Kidal memiliki resiko rendah terhadap beberapa penyakit

4. Kidal memiliki resiko rendah terhadap beberapa penyakit
Unsplash/vance osterhout

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Aterality: Asimetri Tubuh, Otak dan Kognisi, anak kidal tampaknya memiliki beberapa perlindungan terhadap bisul dan radang sendi.

Mengapa? Ini mungkin tidak ada hubungannya dengan kidal itu sendiri, tetapi lebih tepatnya DNA yang mendasari. Gen yang terdapat pada anak kidal dapat mengurangi risiko beberapa penyakit tersebut.

Pernah menyangka hal ini sebelumnya?

5. Mereka jarang tersesat

5. Mereka jarang tersesat
Unsplash/aaron burden

Keterampilan spasial adalah salah satu kekuatan super yang paling diremehkan. Salah satu contoh kemampuan spasial adalah memiliki kesadaran yang baik tentang lingkungan dan mampu untuk mengingat tempat serta membaca peta.

Berbicara mengenai hal tersebut, menurut studi JECN, anak kidal memiliki kemampuan spasial yang lebih baik daripada anak yang dominan dengan tangan kanan.

6. Anak kidal sembuh dari cedera lebih cepat

6. Anak kidal sembuh dari cedera lebih cepat
Pixabay/saulhm

Tentu saja Mama berharap bahwa anak Mama tidak pernah menderita stroke atau kejadian lain yang menyebabkan kerusakan otak.

Tetapi jika itu terjadi selama hidup mereka, maka mereka dapat pulih lebih baik jika mereka seorang kidal. Hal tersebut pun sudah diteliti oleh Jurnal Nature.

Fungsi kognitif anak kidal tampaknya menyebar di lebih banyak bagian otak, sehingga hal tersebut membuat mereka tidak terpengaruh oleh stroke.

7. Seorang kidal lebih mudah untuk mengendalikan diri

7. Seorang kidal lebih mudah mengendalikan diri
Unsplash/ben hershey

Saat itu ada pengujian di mana anak-anak diberi marshmallow dan kemudian diberitahu bahwa mereka harus menunggu untuk memakannya. Ujian tersebut dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar ia dapat mengendalikan diri.

Nah, setelah ujian tersebut berakhir, disimpulkan bahwa anak kidal memiliki kontrol diri yang lebih baik dari anak yang dominan tangan kanan. Penelitian tersebut juga sudah diuji oleh JECN.

Nah, itulah ketujuh fakta menarik dan patut Mama ketahui mengenai anak kidal. Apakah anak mama juga termasuk anak kidal?

Jika iya, saat ini jangan paksa ia untuk tidak menjadi dirinya sendiri ya, Ma! Nyatanya, anak kidal pun memiliki banyak kelebihan daripada anak dengan dominan tangan kanan.

Baca Juga: 7 Panduan Membesarkan Anak Kidal

Baca Juga: Mama, Ketahuilah Tanda-tanda Anak Kidal

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.