4 Hal Pertama yang Dapat Mama Lakukan dengan Bayi yang Baru Lahir

Lakukan hal ini ketika bertemu dengan bayi untuk pertama kalinya, Ma

22 Desember 2020

4 Hal Pertama Dapat Mama Lakukan Bayi Baru Lahir
Freepik/chevanon

Melahirkan adalah momen yang sangat berharga bagi keluarga. Sesaat setelah melahirkan, Mama mungkin diliputi dengan beragam emosi, terutama sesudah menanti selama sembilan bulan. Emosi yang campur aduk ini mungkin membuat Mama lupa untuk berkata-kata saat melihat si Kecil untuk pertama kalinya.

Melahirkan bayi adalah suatu hal yang berat dan menakjubkan, Ma. Dalam menyiapkan hal-hal pertama untuk dikatakan atau dilakukan dengan bayi, Mama dapat membuat rencana sebelum persalinan.

Beberapa budaya melakukan doa khusus yang diucapkan segera setelah lahir. Yang lain percaya pada sentimen tertentu yang harus dikatakan atau didengar.

Terlepas dari semua itu, kata-kata mama pasti mencerminkan cinta yang Mama miliki untuk bayi yang baru lahir.

Berikut Popmama.com sampaikan beberapa ide mengenai hal pertama yang dapat Mama lakukan dengan bayi baru lahir:

1. Mengucapkan kata-kata pertama

1. Mengucapkan kata-kata pertama
Unsplash/Jonathan Borba

Banyak kata-kata sayang atau ungkapan bahagia yang dapat diucapkan pada bayi untuk pertama kalinya. Berikut beberapa contoh yang dapat Mama ucapkan pada si Kecil:

  • Mama cinta kamu
  • Selamat datang, Nak
  • Mama sudah lama menunggu untuk menggendongmu
  • Kamu akan tumbuh menjadi anak yang hebat
  • Kami akan selalu mencintaimu
  • Mama ingin memelukmu selamanya
  • Halo, ini Mama
  • Selamat datang di keluarga ini, Nak
  • Kami sudah lama menantikanmu
  • Terima kasih, Nak!
  • Mama tidak sabar untuk merawatmu

Editors' Picks

2. Doa

2. Doa
Freepik

Ketika seorang bayi lahir, kebanyakan orangtua sering kali mengatakan apa pun yang ada di hati atau pikiran mereka pada saat itu.

Bagaimanapun, kelahiran bisa menjadi pengalaman yang sangat mengharukan. Sebagian keluarga memiliki doa khusus untuk dibisikkan ke telinga bayi pada saat lahir. Misalnya, keluarga yang beragama Muslim percaya bahwa kata-kata pertama yang didengar bayi haruslah azan. Kata-kata ini biasanya dibisikkan di telinga kanan bayi yang baru lahir.

Sementara itu, keluarga lain mungkin tidak memiliki kebiasaan membacakan doa setelah melahirkan, tetapi  melakukan pemberkatan bayi baru lahir dengan doa syukur.

Tetapi, doa dapat diucapkan dengan spontan sebagai rasa syukur atas bayi yang baru lahir. Jadi, ucapkan apa saja yang ada di hati sesaat Mama melahirkan, ya! Mama pun dapat menyiapkan sebelumnya.

Jika merencanakan apa yang ingin Mama katakan penting, pertimbangkan untuk menuliskannya. Mama dapat meminta bantuan Papa atau keluarga untuk mengingatkan doa ini setelah melahirkan.

3. Tradisi

3. Tradisi
Pixabay/genalouise

Beberapa keluarga memiliki tradisi yang mereka ikuti setelah kelahiran seorang bayi. Misalnya, tradisi mengadakan upacara pemberian nama sekitar hari kedelapan setelah bayi lahir. Ada juga acara aqiqah yang dilakukan oleh keluarga beragama Islam.

Jika keluarga ingin memulai tradisi persalinan sendiri, pikirkan tentang apa yang ingin Mama lakukan. Rencanakan juga mengenai detil tradisi baru ini. Misalnya setiap bayi menggunakan baju pertama yang sama. Mama dapat merencanakannya dengan kreatif dan sesuka hati.

Memulai tradisi atau berdoa bukanlah sesuatu yang dituntut setelah melahirkan. Faktanya, banyak orangtua tidak memiliki rencana apa pun. Jadi jika Mama termasuk salah satunya, jangan berkecil hati. Selain itu, jangan sedih juga jika Mama tidak dapat menemukan kata-kata yang indah untuk diucapkan. Terkadang pernyataan yang paling sederhana adalah yang paling berkesan.

Apa tradisi keluarga Mama setelah melahirkan?

4. Berpelukan dengan si Kecil

4. Berpelukan si Kecil
Pixabay/angel4leon

Berpelukan dengan si Kecil, apalagi dengan skin to skin, terbukti memberikan banyak manfaat bagi Mama dan bayi yang baru lahir. Selain menimbulkan kenyamanan, pelukan ini juga merupakan awal bonding antara Mama dan bayi.

Pelukan skin to skin juga memberikan beberapa manfaat seperti:

  • Meningkatkan perkembangan otak bayi
  • Mengurangi stres
  • Meningkatkan kualitas tidur bayi
  • Menyesuaikan kinerja tubuh
  • Membantu proses menyusui
  • Menjaga pengaturan suhu tubuh bayi

Nah, itu beberapa hal pertama yang dapat Mama lakukan dengan bayi baru lahir. Mana yang mau Mama coba?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.