11 Rekomendasi Sabun Khusus Pencuci Botol Susu Bayi

Tahukah Mama apa perbedaan 11 produk ini? Manakah produk terbaik?

1 Mei 2020

11 Rekomendasi Sabun Khusus Pencuci Botol Susu Bayi
Pixabay/Annca

Botol susu bayi termasuk salah satu perlengkapan bayi yang harus dibersihkan dengan teliti, kemudian disterilkan sebelum digunakan. Sebab, setelah digunakan, kandungan lemak ASI yang tinggi akan menempel di dinding botol tersebut. 

Namun, sabun pencuci biasa mengandung bahan kimia yang bisa jadi cukup berbahaya bagi bayi lho, Ma. Apalagi jika setelah disabuni, botol tersebut tidak dibersihkan dengan air secara teliti. Bisa jadi residunya tertinggal di dalam botol susu. 

Jadi, kecuali Mama benar-benar yakin bisa membersihkan sisa sabun yang ada di dalam botol saat mencucinya, tidak ada salahnya memilih produk pembersih yang memang khusus ditujukan untuk membersihkan perlengkapan bayi. Apalagi, banyak dari pembersih ini yang bahannya alami serta memiliki sertifikat food grade.

Berikut 11 rekomendasi sabun khusus pencuci botol susu bayi rangkuman Popmama.com, yang bisa jadi pilihan Mama.

1. Baby Huki Liquid Cleanser

1. Baby Huki Liquid Cleanser
Shopee

Larutan pembersih ini diciptakan untuk membersihkan perlengkapan bayi seperti botol, dot, empeng, dan lainnya. Bukan hanya membersihkan perlengkapan bayi, Baby Huki Liquid Cleanser juga aman untuk mencuci buah dan sayur. Pembersih ini diklaim terbuat dari bahan alami yang diformulasi dengan ringan dan lembut di kulit, sehingga selain aman bagi bayi, pembersih ini juga tidak membuat kulit tangan Mama menjadi kering atau teriritasi.

Produk ini dikemas dengan wadah tipe pompa yang tentunya mudah digunakan tanpa harus mengangkat dan menuang botolnya, Baby Huki menyediakan kemasan refill 200 ml dan 450 ml dengan harga yang ekonomis.

Baby Huki merupakan produk perlengkapan bayi yang sudah 30 tahun menemani ibu dan merawat bayi Indonesia. Pengalaman tersebut menghasilkan produk Baby Huki Liquid Cleanser yang aman dan teruji klinis lindungi bayi dari virus dan bakteri jahat.

2. Babymax Baby-Save Bottle and Utensils Cleaner

2. Babymax Baby-Save Bottle and Utensils Cleaner
Tokopedia

Produk yang diproduksi di Surabaya ini, dibuat oleh perusahaan yang fokus pada pembersih botol dan perlengkapan bayi. Produk ini mengklaim bahwa bahan-bahannya berbasis tanaman, sehingga ramah untuk pengguna juga lingkungan. 

Surfaktan seperti deterjen yang digunakan, juga diklaim berbasis tanaman. Selain itu, produk ini juga diklaim bebas enzim (yang walau merupakan bahan pembersih yang baik namun bisa mengiritasi kulit), serta bebas paraben atau pengawet.

Label hypoallergenic juga dilekatkan ke produk ini, dengan klaim tidak akan menyebabkan alergi di kulit. Selain itu dalam lamannya, produk ini juga dinyatakan bebas pewarna dan bebas formalin. Babymax tersedia dalam kemasan 100 ml yang bisa Mama bawa untuk bepergian.

3. Buds Organics Buds Baby Safe Bottle and Utensil Cleaner

3. Buds Organics Buds Baby Safe Bottle and Utensil Cleaner
Shopee.com

Produk pembersih peralatan bayi yang dikeluarkan oleh perusahaan Malaysia ini beraroma jeruk dan ramah lingkungan. Bahan-bahannya diklaim berbasis tanaman dan mudah terurai, dan tak menggunakan bahan kimia yang berbahaya.

Selain membersihkan, produk ini juga dilengkapi dengan kandungan lidah buaya organik, yang akan melembutkan dan melembapkan tangan Mama saat mencuci. 

Karena kandungan bahan yang digunakan inilah, busa yang dihasilkan tidak banyak. Namun, diakui tetap efektif dalam membersihkan botol dan perlengkapan lainnya. Sesuai dengan namanya, sebagaian dari bahannya berasal dari pertanian organik. 

4. Cradle Baby Bottle & Nipple Cleanser

4. Cradle Baby Bottle & Nipple Cleanser
Shopee

Uniknya, produk pembersih yang satu ini lahir dari tangan para Mama yang ingin memberikan produk yang terbaik bagi bayi-bayi mereka. Akhirnya perusahaan EVEolution yang menaungi merk Cradle ini pun tercipta pada tahun 2005. 

Dalam lamannya, cairan pembersih ini diklaim tidak beracun dan aman untuk bayi, serta telah diuji coba secara sains di tempat produk ini dibuat, yang berbasis di Filipina. Bahan-bahan baku yang dipilih bagi cleanser ini dipilih dengan berhati-hati dan terdiri dari bahan-bahan yang alami dan bahkan diklaim aman jika termakan dan sudah terdaftar di Food and Drugs Administration.

Lembut bagi tangan, produk yang satu ini telah terbukti aman bagi bayi dan tidak beracun, namun amat efektif dalam membersihkan residu susu dan bau yang tidak enak.

5. Cussons Baby Liquid Cleanser

5. Cussons Baby Liquid Cleanser

Walaupun kini memiliki headquarter di Inggris, Cussons sendiri memulai perjalanannya di Sierra Leone, Afrika, 135 tahun yang lalu. Laman Cussons Baby menyatakan bahwa cairan pencuci botol susu ini diformulasikan khusus untuk menghilangkan bau sisa susu ataupun jus, yang tertinggal di botol susu.

Perbedaan dengan pembersih yang lain, cairan yang satu ini diperkaya dengan pembersih alami Lime Extract yang efektif menghilangkan 99% bakteri dan aman untuk makanan, mudah dibilas tanpa meninggalkan residu dan aman bagi bayi. 

Memiliki sertifikasi food grade dengan pH seimbang dan lulus uji tes mikrobiologi, produk ini dapat digunakan untuk mencuci buah-buahan dan sayuran untuk menghilangkan sisa pestisida di permukaan. Cleanser ini tersedia dalam kemasan botol 450 ml, serta refill 300 ml dan 700 ml. 

Editors' Picks

6. Little Tree Dish & Bottle Cleaning Foam

6. Little Tree Dish & Bottle Cleaning Foam
Elevania

Berbasis di Singapura dan merupakan distributor produk-produk perlengkapan anak dan bayi, produk pembersih dari Little Tree menekankan kekuatan pembersih alami dari bahan-bahan tanaman untuk membuat perlengkapan bayi termasuk botol susu, bahkan baju, tampil bersih dan segar setelah dicuci. 

Dengan formula khusus, produk ini mampu menghilangkan minyak, melenyapkan noda, dan diklaim amat mudah dibersihkan untuk meminimalisir penggunaan air. 

Uniknya, bahan yang digunakan untuk menciptakan pembersih ini terdiri dari anggur, jeruk, dan daun teh. Tujuan utama dari produsen pembersih ini adalah membuat lingkungan keluarga bersih dan nyaman dengan produk yang mereka ciptakan.

7. My Baby Bottle, Nipple, and Baby Accessories Cleanser

7. My Baby Bottle, Nipple, and Baby Accessories Cleanser
Shopee

Dengan desain yang unik dan lucu, melalui keterangan dalam lamannya, sabun pembersih perlengkapan bayi yang satu ini mampu membersihkan sisa susu dan lemak yang menempel pada botol susu, dot, dan perlengkapan makan bayi lainnya.

Tersedia dalam kemasan botol 450 ml serta isi ulang 400 ml, pembersih dengan bahan-bahan alami ini membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada peralatan bayi. 

Bahan-bahan pembuat cairan pembersih ini juga diklaim memiliki sertifikasi food grade. Jadi selain lembut di tangan, cleanser ini bisa juga digunakan untuk mencuci sayur dan buah untuk makanan si Kecil. 

8. NUK Baby Bottle Cleanser

8. NUK Baby Bottle Cleanser
JD ID

NUK sendiri awalnya merupakan produk yang memenuhi kebutuhan bayi, yang dikeluarkan atas riset yang dilakukan oleh dua ahli ortodontik Jerman pada tahun 1956.

Laman NUK mengklaim bahwa pembersih ini ditujukan untuk membersihkan botol susu, empeng, dan peralatan bayi lainnya. Uniknya, selain memiliki bahan dasar alami dari sumber terbarukan, pembersih ini juga mengandung enzim spesifik yang secara efektif menghilangkan protein susu serta residu jus. Formulanya yang lembut ini pun aman bagi bayi. 

Produk ini memiliki sertifikat biodegradable, artinya ramah lingkungan, serta bebas pewangi dan pewarna. dengan pH yang netral, produk ini ramah bagi kulit Mama. NUK mengklaim bahwa produk yang satu ini amat mudah dan cepat membersihkan peralatan tanpa meninggalkan residu.

9. Pigeon Liquid Cleanser

9. Pigeon Liquid Cleanser
Tokopedia

Pigeon adalah produk keluaran Jepang yang memulai debutnya sejak 1957. Pigeon menjelaskan bahwa produk ini telah terbukti memiliki efektivitas tinggi dalam membunuh bakteri, hingga 99,99 persen. Tak hanya untuk peralatan bayi seperti botol, dot, empeng, dan juga mainan bayi yang sering dimasukkan ke dalam mulut si Kecil. 

Cleanser ini tersedia dalam kemasan 200 ml, 450 ml, dan 700 ml.

Dalam lamannya, Pigeon mengklaim bahwa cleanser bersertifikasi 100 persen food grade ini terbuat dari turunan karbohidrat yang bahkan dapat dikonsumsi. Lebih jauh lagi, menurut Pigeon, pembersih ini bisa dengan efektif menghilangkan bahan-bahan kimia yang digunakan dalam pertanian, yang menempel di sayur dan buah.

10. Purebaby Liquid Cleanser

10. Purebaby Liquid Cleanser
Lazada

Dalam lamannya, Pure Baby menjelaskan bahwa produk ini diciptakan dan dikembangkan dengan standar pharmaceutical advanced formulation. Produk dalam negeri ini mengaku menggunakan standar Eropa dan Amerika dalam produknya.

Oleh karena itu, cleanser ini diklaim bersertifikasi food grade tanpa SLS (Sodium Lauryl Sulfate) atau yang kita kenal dengan istilah detergen, dan teruji klinis 99,9 % membunuh kuman. 

Produk ini juga bebas paraben (pengawet), pewarna tambahan, pewangi, serta alkohol. Bahan alami yaitu minyak kelapa dan gula jagung serta lemon, digunakan melalui uji antibakteri, dan juga ramah lingkungan. Pembersih ini tersedia dalam kemasan pompa 700 ml serta kemasan isi ulang 700 serta 450 ml.

11. Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser

11. Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser
Bukalapak

Menurut laman Sleekbaby.co.id, produk khusus pembersih botol dan aksesoris bayi ini memiliki formula food grade sehingga lebih aman untuk si Kecil. Selain itu, Sleek Baby juga mengandung formula Stain Removal serta Natural Antibacterial, yang dinilai efektif membutuh bakteri sekaligus menghilangkan bau amis dan melenyapkan noda susu dengan lebih mudah.

Terdapat beragam kemasan yang dapat Mama pilih, mulai dari botol yang dapat menampung cairan 500 ml, 150 ml, serta kemasan isi ulang mulai dari pouch 900 ml, 450 ml, serta 70 ml yang berguna saat bepergian.

Sleek adalah produk karya dalam negeri dari Kino, produsen yang telah berkecimpung lebih dari dua dekade yang mengeluarkan berbagai merk ternama dalam bidang perawatan tubuh, farmasi, bahkan klinik perawatan kulit di Indonesia. Artinya, produk ini tak diragukan lagi kualitasnya. 

Apapun Sabunnya, Lebih Penting Ikuti Cara Mencuci yang Baik

Apapun Sabunnya, Lebih Penting Ikuti Cara Mencuci Baik
youtube.com/nilihcg
cara sterilisasi botol bayi

Mana yang akan Mama pilih sebagai pembersih botol dan perlengkapan si Kecil? Semua produk memiliki kelebihannya masing-masing. Mama bisa mempertimbangkannya sesuai dengan kebutuhan dan dari segi ekonomis.

Beberapa produsen menyarankan agar Mama merendam terlebih dahulu botol-botol tersebut dengan air yang sudah dicampur dengan pembersih ini agar nantinya sisa susu lebih mudah dibersihkan, 

Namun satu hal yang harus Mama ingat, adalah bahwa setelah membersihkan dengan saksama botol susu Si Kecil, jangan lupa mensterilkan botol tersebut dengan air rebusan atau alat pensteril botol. Hal ini amat penting untuk menghilangkan kuman dan bakteria yang ada di air keran yang Mama gunakan untuk membilasnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.